√ 10+ Serat Hewan Dan Manfaatnya (Pengertian, Contoh dan Gambar)

√ 10+ Serat Hewan Dan Manfaatnya (Pengertian, Contoh dan Gambar)

Serat Hewan Dan Manfaatnya – Hai sobat Vazame, jumpa lagi diblog ini, kali ini saya akan mencoba membahas mengenai serat hewan dan manfaatnya. Setelah sebelumnya sudah dibahas mengenai macam macam serat tumbuhan yang dilengkapi dengan pengertian dan contohnya secara lengkap, kali ini kita lanjutkan pada pembahasan serat hewan dan manfaatnya.

Serat yang digunakan untuk bahan kerajinan bisa berasal dari bahan sintesis maupun dari bahan alami. Serat yang alami adalah serat yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Serat hewan sendiri pengertiannya adalah serat yang dihasilkan atau serat yang memanfaatkan sesuatu yang ada pada hewan tersebut, misalnya adalah bulu dan kulit yang ada pada hewan tersebut.

Nah karena kali kita membahas mengenai serat hewan, maka dibawah ini adalah 10 contoh serat hewan lengkap dengan fungsinya:

Serat Bulu Domba

Serat bulu domba biasanya banyak digunakan untuk pembuatan bahan kain wool. Bulu yang dipakai juga berasal dari domba khusus dan memiliki bulu yang tebal misalnya seperti domba Merino.

Setelah musim dingin berakir, biasanya bulu domba yang lebat akan dicukur untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pembuatan bahan kain wool ini. Bulu domba tersebut ditenun hingga menjadi benang dan kain wool.

Australia dan Selandia baru merupakan negara yang menghasilkan kain wool utama di seluruh dunia.

Serat Kulit Sapi

Serat yang berasal dari kulit sapi biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan bahan pakaian, misalnya untuk bahan pembuatan sepatu ataupun jaket.

Selain untuk hal tersebut serat kulit sapi juga dapat dipakai untuk membuat kerajinan alat musik dan juga kerajinan tas. Kulit sapi asli memiliki sifat lentur dan awet. Pada umumnya, kulit sapi dihasilkan dari hasil pemotongan sapi untuk daging, yang kulitnya jarang sekali dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Serat Kulit Buaya

Serat kulit buaya biasanya banyak digunakan untuk bahan baku pembuatan tas, dompet maupun sepatu. Kulit buaya biasanya dihasilkan dari penangkaran buaya yang membesarkan buaya dengan tujuan untuk diambil kulitnya.

Di Indonesia, spesies buaya yang banyak dimanfaatkan kulitnya adalah jenis buaya muara. Sementara diluar sana (Amerika) jenis buaya yang dimanfaatkan kulitnya adalah jenis buaya aligator.

Kepompong Ulat Sutera

Kepompong ulat sutera ialah ngengat dari spesies bombux mori mempunyai ulat yang dapat menghasilkan serat kepompong sutera ketika akan melakukan metamorfosis menjadi ngengat dewasa.

Serat jenis ini sudah digunakan sebagai bahan pembuatan kain sutera sejak ribuan tahun yang lalu hingga saat ini kita masih dapat menjumpainya.

Kain sutera pertama kali dibudidayakan di negeri China, biasanya kain yang bahan bakunya terbuat dari kain sutera ini memiliki harga yang sangat mahal.

Bulu Kambing Kashmir

Serat yang dihasilkan dari bulu kambing kashmir adalah serat yang biasnaya digunakan dalam pembuatan  selendang cashmere. Bulu kambing kashmir mempunyai kualitas yang sangat halus dibandingkan dengan bulu kambing lainnya.

Jaring Laba-Laba

Serat yang dihasilkan dari jaring laba-laba adalah serat yang banyak dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan rompi atau baju anti peluru. Selain itu jaring laba-laba juga dapat dibuat menjadi sutera.

Jaring laba-laba memiliki keunggulan sebagai serat yang memiliki kelenturan dan kekuatan. Hal inilah yang menjadikannya banyak dimanfaatkan dalam pembuatan rompi anti peluru. Harga dari rompi ini pun sangat mahal, tentunya ini sesuai dengan fungsinya untuk melindungi pemakainya dari tembakan, bukan hanya itu, harganya yang mahal juga dipengaruhi kelangkaannya.

Serat Bulu Beruang

Serat yang berasal dari bulu beruang banyak dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan baju dan juga jaket untuk musim dingin.

Biasanya penduduk yang tinggal di negara yang memiliki cuaca iklim yang dingin akan menggunakan bulu hewan seperti beruang sebagai bahan untuk membuat baju dan jaket agar dapat menahan udara saat terjadi siklus pergantian musim dingin.

Serat Bulu Alpaca

Bulu Alpaca biasanya digunakan untuk bahan pembuatan kain dari Amerika Selatan. Alpaca merupakan jenis hewan kerabat unta yang berkembang dan hidup di Peru dan Bolivia di Amerika Selatan.

Bulu hewan alpaca banyak dimanfaatkan oleh penduduk suku asli Quechua dan Aymara untuk bahan pembuatan selimut dan baju hangat untuk menanhan udara dingin di daerah pegunungan Andes.

Bulu Berang-Berang

Serat dari bulu berang-berang biasnaya banyak digunakan untuk bahan pembuatan topi dan baju hangat. Berang-berang adalah hewan yang mempunyai bulu yang sangat tebal seperti halnya beruang, sehingga bulunya sangat cocok digunakan untuk bahan pembuatan baju yang hangat ketika musim dingin tiba.

Selain untuk bahan pembuatan baju dimusim dingin, bulu berang-berang juga dimanfaatkan untuk membuat topi.

Rambut Kuda Untuk Bahan Kuas

Serat yang dihasilkan dari rambut kuda biasanya banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kuas yang digunakan oleh para pelukis.

Akan tetapi saat ini banyak kuas yang menggunakan bahan imitasi. Selain sebagai bahan untuk membuat kuas, serat rambut kuda juga banyak dipakai sebagai bahan untuk senar pada beberapa jenis alat musik tradisional.

Penutupan

Nah itulah macam-macam serat hewan dan manfaatnya yang dapat saya bagikan kepada sobat vazame, semoga artikel tentang serat hewan dan manfaatnya ini bisa membantu tugas sobat 🙂

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: