Senjata Tradisional Sumatera Barat (Nama, Gambar & Keterangannya)

Senjata Tradisional Sumatera Barat (Nama, Gambar & Keterangannya)

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Masyarakat Minangkabau dikenal dengan masyarakat yang dapat menjaga kelestarian budayanya dari nenek moyangnya hingga turun kepada penerusnya saat ini.

Jika kita perhatikan, biasanya orang Minang yang merantau jauh dari daerahnya, mereka akan tetap memakai simbol adatnya. Hal tersebut dilakukannya sebagai wujud rasa cinta mereka terhadap budaya dan adat istiadat nenek moyangnya.

Hal ini memberitahu kita, bahwasanya suku asli Sumatera Barat ini sangat mencintai adat istiadatnya yang diturunkan kepadanya dari para leluhur mereka.

Senjata Tradisional Sumatera Barat, Penjelasan Beserta Gambarnya:

Nah berikut ini adalah 5 jenis senjata tradisional Sumatera Barat yang akan saya rangkum untuk menambah pemahaman sobat mengenai senjata tradisional Sumatera Barat.

1. Senjata Tradisional Kerambit

senjata tradisional kerambit

Yang pertama adalah senjata tradisional kerambit. Kerambit adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang paling populer dikarenakan senjata tradisional jenis ini memiliki serangan yang mematikan.

Kerambit merupakan sejenis pisau yang memiliki bentuk lengkung pada bagian siku pada bilahnya. Dengan ujungnya yang runcing dan tajam membuat senjata ini dapat melukai lawan dengan mengakibatkan efek yang sangat fatal.

Walaupun lawan hanya terkena bagian kulit luarnya saja, dan hanya terlihat hanya seperti tersayat. Akan tetapi efek dari sayatan senjata ini dapat mengakibatkan luka yang dalam sehingga dapat mengakibatkan urat dan bagian otot menjadi terputus apabila terkena senjata kerambit ini.

2. Senjata Tradisional Piarit

senjata tradisional piarik

Selain kerambit, pengaruh budaya Hindu yang masuk ke dalam Indonesia sebelum masuknya Islam masuk ke Indonesia juga memberikan beberapa peninggalan senjata lainnya seperti senjata tradisional piarik.

Piarik merupakan senjata tradisional Sumatera Barat yang berupa tombak dengan 3 ujung mata tombaknya yang tajam.
Senjata tradisional jenis ini, selain ada di Sumatera Barat ternyata juga sering digunakan di daerah Sumatera Selatan, namun memiliki sebutan yang berbeda. Di Sumatera Selatan senjata ini memiliki sebutan Trisula.

Senjata jenis ini biasanya digunakan untuk melakukan pemburuan oleh masyarakat penduduk Sumatera Barat. Biasanya senjata ini digunakan untuk memburu hewan yang memiliki ukuran yang besar. Zaman dahulu, senjata memang digunakan sebagai alat untuk memburu hewan untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.

Hingga saat inipun, keberadaan dari senjata piarit ini masih ada dan terjaga dengan baik. Selain itu senjata ini juga tetap dilestarikan oleh masyarakat Minangkabau. Hal inilah yang membuat senjata piarit ini menjadi salah satu warisan budaya Bangsa Indonesia.

3. Senjata Tradisional Karih (Keris)

senjata tradisional karih

Karih merupakan senjata tradisional masyarakat Sumatera Barat. Karih adalah sebutan dari Bahasa Minang, yang artinya adalah Keris. Seperti pada masyarakat sub budaya Melayu yang lainnya, senjata keris ini juga ditemukan dalam kebudayaan masyarakat Minangkabau.

Walaupun begitu, karih atau keris Minang ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan senjata keris yang ada pada umumnya, yakni jumlah lekukannya sedikit, bahkan bisa dikatakan hampir lurus, sudut lekukannya yang lebar dan hulunya yang berukir melengkung ke bagian bawah.

Pada masa silam, senjata tradisional ini biasa digunakan oleh para Bangsawan dan juga Penghulu bagi kerajaan. Akan tetapi saat ini senjata tradisional tersebut hanya dimanfaatkan sebagai perlengkapan pakaian adat bagi pengantin pria Minang yang menikah.

Walaupun begitu, hal tersebut juga termasuk salah satu usaha dalam melestarikan senjata ini agar tetap dikenal sebagai salah satu budaya Indonesia. Fungsi lain dari senjata tradisional ini adalah juga digunakan sebagai senjata dalam pertunjukan silat khas Minangkabau.

4. Senjata Tradisional Ruduih

senjata tradisional ruduih

Ruduih merupakan senjata tradisional yang memiliki bentuk seperti halnya pedang yang memiliki satu sisi bilah yang tajam. Sisi tajam pada senjata ruduih ini cenderung cembung ke bagian dalam.

Bentuknya yang demikian mampu membuat serangan yang mematikan terhadap lawannya. Tidak heran jika senjata ruduih ini dipakai oleh para prajurit kerajaan saat terjadi perang Manggopoh berkecamuk pada tahun 1908 lalu.

Senjata jenis ini dibuat dengan sederhana seperti sebuah golok pada biasanya. Senjata riduih ini sering dikenal dengan senjata perang, walaupun memiliki fungsi lain dalam kegiatan sehari-harinya oleh warga Minang.

Senjata ruduih ini hingga kini masih tetap dilestarikan dan keberadaannya masi tersimpan rapi pada sebuah museum.

5. Senjata Tradisional Kalewang

senjata tradisional kalewang

Kalewang merupakan senjata yang memiliki bentuk semacam golok yang saat ini pada umumnya sering digunakan pada saat bertani. Pada masa dahulu, senjata tradisional ini dipakai sebagai senjata utama yang digunakan bagi pasukan kerajaan ketika perang Padri sedang bergejolak pada awal abad 19.

Senjata ini memiliki bentuk yang unik dan memiliki banyak sekali kegunaan, sehingga membuat senjata jenis ini hingga kini masih sering dipakai untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari.


Nah itulah artikel mengenai senjata tradisional Sumatera Barat yang dapat saya share kepada sobat semua, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca pula artikel mengenai rumah adat Bangka Belitung yang juga ada pada blog ini.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: