Nama Rumah Adat Sulawesi Barat (Ciri Khas dan Filosofi Lengkap)
sumber : superadventure.co.id

Nama Rumah Adat Sulawesi Barat (Ciri Khas dan Filosofi Lengkap)

Rumah Adat Sulawesi Barat – Hai sobat Vazame, pada kesempatan kali ini marilah kita bahas kembali mengenai rumah adat. Sebagai warga negara Indonesia sudah selayaknya kita mengetahui aneka keragaman budaya beserta adat-istiadatnya.

Salah satunya yakni mengenai kekayaan budaya mengenai rumah adatnya, Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki banyak sekali wilayah dan pada setiap wilayah yang ada memiliki kebudayaan dan adatnya masing-masing.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rumah adat Sulawesi. Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai rumah adat Sulawesi Selatan, maka kali ini kita akan berlanjut dengan membahas mengenai rumah adat Sulawesi Barat.

Sulawesi Barat, selain dikenal dengan rumah adatnya ternyata Sulawesi barat juga kaya akan budaya pakaian adatnya, tarian, makanan khas dan senjata tradisionalnya.

Rumah Boyang Sebagai Rumah Adat Sulawesi Barat

rumah adat sulawesi barat mandar
sumber : celticstown.com

Penduduk Sulawesi Barat dikenal sebagai seorang pelaut ulung yang biasa menggunakan perahu sandeq ketika menjelajahi berbagai wilayah yang ada di Nusantara, bahkan hingga sampai ke Australia dan juga Malaysia.

Selain itu masyarakatnya yang tinggal dan menetap di daerah pegunungan mempunyai kemiripan dengan suku Toraja yang ada di daerah Sulawesi Selatan.

Seperti halnya dengan provinsi yang ada di Indonesia lainnya, Sulawesi Barat juga mempunyai aneka budaya dan adat istiadat salah satunya adalah rumah adatnya yang dikenal dengan sebutan rumah adat Boyang.

Rumah adat Boyang memiliki keunikan arsitektur, ciri khas dan juga mengandung filosofi pada setiap jengkal bangunannya seperti halnya bangunan adat yang ada lainnya.

Struktur dan Arsitektur Mengenai Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

arsitektur rumah adat sulawesi barat
sumber : elizato.com

Seperti halnya dengan berbagai jenis rumah adat yang ada lainnya. Rumah adat Boyang memiliki bentuk panggung dengan beberapa tiang yang menjadi penopangnya yang memiliki ukuran yang besar dan memiliki ketinggian 2 meter.

Tiang yang ada berguna untuk dapat menopang bagian lantai dan juga bagian atapnya. Pemakaian tiang pada rumah Boyang sendiri tidak ditancapkan secara langsung kedalam tanah, namun hanya ditumpangkan pada batu yang memiliki permukaan yang datar. Hal tersebut dilakukan karena bertujuan supaya tiang penyangganya bisa bertahan lama dan tidak cepat lapuk.

Jika dilihat dari strukturnya yang memiliki bentuk rumah panggung, rumah Bayong ini dilengkapi dengan dua buah tangga. Satu bagian tangga tersebut berada di bagian depan dan satunya berada di bagian belakang rumah.

Selain itu tangga-tangga yang ada tersebut mempunyai anak tangga yang selalu berjumlah ganjil. Dan pada sisi kanan dan juga kiri tangganya terdapat pegangan yang mempermudah untuk melewatinya.

Selain itu hampir semua komponen dari rumah Boyang ini terbuat dari bahan alami seperti kayu-kayuan. Pada bagian dinding dan lantainya juga menggunakan material papan, selain itu papan yang digunakan pada bagian dindingnya juga dilengkapi dengan ukiran yang disesuaikan dengan motif khas dari Suku Mandar.

Selain itu pada bagian dindingnya juga telah dilengkapi dengan beberapa jendela yang menjadi ventilasi udara alami.

Bentuk atap dari rumah Boyang mempunyai bentuk seperti halnya prisma yang memanjang pada bagian depan hingga ke bagian belakangnya sehingga menutupi seluruh bagian rumah.

Biasanya material atapnya terbuat dari daun rumbia, selain itu biasanya juga terdapat hiasan dengan berbagai ornamen-ornamen khusus.

Ornamen yang dipakai biasanya berupa tumbaq layar, ukiran burung, ukiran bunga melati ujung bubungan, ukiran ayam dan aneka ukiran dan ornamen lainnya.

Ciri Khas dan Filosofi Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

ciri khas rumah adat sulawesi barat
sumber : gpswisataindonesia.wordpress.com

Keunikan yang ada pada rumah adat Boyang ini menjadikannya memiliki suatu ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dari rumah adat lainnya yang ada.

Nah berikut ini adalah beberapa ciri khas dan juga keunikan dari rumah adat Sulawesi Barat (Bayong):

  • Memiliki bentuk panggung dengan ukuran tiang balok yang besar, hal tersebut guna untuk memudahkan pemiliknya. Rumah ini juga dilengkapi dengan dua buah tangga yang berada pada bagian depan dan bagian belakang rumah.
  • Mempunyai atap yang berbentuk pelana yang memanjang dari bagian depan hingga ke bagian belakang, sehingga menutupi seluruh bagian rumah.
  • Bangunan rumah Bayong biasanya dibangun menghadap pada arah matahari terbit, hal ini menjadi sebuah simbol tentang keselarasan suatu kehidupan.
  • Rumah Boyang biasanya dihiasi dengan berbagai macam ornamen pada setiap jengkal bagian rumahnya. Ornamen tersebut biasanya digunakan sebagai hiasan yang mengandung nilai filosofis dan juga menjadi identitas sosial.

Fungsi Rumah Adat Boyang

contoh rumah adat sulawesi barat
sumber : celticstown.com

Rumah adat Boyang dahulu sering difungsikan sebagai tempat bagi Suku Mandar. Rumah adat Boyang sendiri memiliki beberapa ruangan yang disebut dengan lotang.

Pada bagian lotang utama terdiri dari tiga bagian yakni tangga boyang, bui boyang dan juga samboyang. Sedangkan pada bagian lotang tambahan terdiri dari empat bagian yakni tapang, paceko, lego-lego, dan naong boyang.

Nah berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing lotang lengkap dengan kegunaannya.

Pembagian Ruang pada Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

rumah adat sulawesi barat dan keunikannya
sumber : tanah-mandar.blogspot.com

Lotang Utama

Tangnga Boyang

Bagian ini terletak di bagian tengah bangunan rumah. Ruangan ini berada tepat setelah ruang samboyang. Selain itu ukuran dari bagian ruangan ini memiliki ukuran yang lebih luas apabila dibandingkan dengan bagian samboyang.

Tangnga boyang biasanya dipakai untuk berkumpulnya seluruh keluarga dan melakukan kegiatan dan aktivitas bersama keluarga pada saat malam tiba.

Bui Boyang

Bagian ruangan ini berada di bagian belakang rumah. Pada ruangan ini terdapat beberapa jumlah kamar khusus yang dipakai sebagai tempat untuk istirahat bagi pemilik rumah.

Adapula kamar yang ditujukan bagi anak bujang, gadis, kakek dan nenek dan juga kamar khusus bagi kepala rumah tangga. Kamar yang ada tersebut mempunyai ukuran berbeda-beda dengan ruangan lainnya.

Samboyang

Samboyang adalah suatu ruangan yang terletak pada bagian paling depan. Ukuran dari ruangan ini cukup besar, biasanya samboyang digunakan sebagai ruang untuk menerima tamu.

Samboyang biasanya juga dipakai sebagai ruangan utama bagi perkumpulan pria ketika sedang melakukan kegiatan atau acara adat istiadat.

Lotang Tambahan

Tapang

Tapang ialah suatu ruangan yang berada pada bagian loteng rumah. Biasanya tapang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

Dulu, tapang juga sering dimanfaatkan sebagai kamar bagi calon pengantin karena letaknya yang tersembunyi. Hal tersebut dilakukan guna untuk menyimbolkan bahwasanya seorang calon pengantin harus menjaga kesuciannya.

Paceko

Dalam bahasa Indonesia, paceko memiliki arti yaitu Dapur, ruangan ini merupakan ruangan yang dipakai sebagi tempat untuk memasak dan juga untuk menyimpan aneka macam persedian makanan.

Ruangan paceko ini memiliki luas seperti halnya ruangan yang ada lainnya, didalam paceko biasanya terdapat sebuah rungan yang memiliki pattetemeangang, yang merupakan ruangan kamar mandi.

Lego-Lego

Lego-lego merupakan sebuah ruangan yang berada pada bagian depat rumah adat Sulawesi Barat. Pada bagian depannya kita akan menjumpai suatu ruangan yang mempunyai atap tetapi tidak memiliki dinding.

Lego-lego ini berfungsi sebagai teras rumah dan sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai saat pagi dan juga sore hari.

Naong Boyang

Bagian ruangan ini biasanya juga disebut dengan kolong rumah. Naong boyang berada dibagian bawah lantai rumah dan memiliki alas tanah.

Biasanya ruangan ini dipakai sebagai kandang bagi hewan ternah, tetapi adapula yang dipakai sebagai tempat untuk menenun kain sarung untuk mengisi aktivitas kaum hawa yang ada di rumah tersebut.

Penutupan

Nah bagaimana sobat, apakah sudah mengenal lebih jauh nih mengenai rumah adat Sulawesi Barat atau yang biasa disebut dengan Rumah Adat Boyang?

Setelah diatas sudah dijelaskan mengenai apa itu rumah adat Boyang, mengenai struktur dan arsitektur, ciri khas dan filosofi, fungsi serta bagian-bagian yang terdapat pada rumah adat Boyang. Diharap semoga sobat bisa memahami dan lebih mengenal apa itu rumah adat Boyang.

Mungkin dari saya itu saja, mohon ma’af apabila ada sesuatu yang mungkin ketinggalan untuk dibahas, atau ada sebuah kesalah. Semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat bagi sobat dan saya pribadi, saya ucapkan Terima Kasih.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: