√ Pengertian Branding Menurut Para Ahli, Unsur, Jenis Beserta Fungsinya

√ Pengertian Branding Menurut Para Ahli, Unsur, Jenis Beserta Fungsinya

Pengertian Branding – Hai sobat vazame, jumpa lagi dengan mimin, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai apa itu yang dimaksud dengan branding.

Kata branding sendiri adalah berasal dari kata brand, yang jika kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah merk.

Dalam pemakaiannya, kata branding ini mempunyai sebuah makna yang berbeda, misalnya diatas disebutkan bahwa kata branding memiliki arti yakni merk, namun pengertian branding sendiri adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan maksud yaitu untuk membangun dan membesarkan sebuah brand ataupun merek.

Hal tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan yaki agar membuat merek perusahaan tersebut bisa menjadi lebih dikenal oleh orang dengan mudah.

Branding Menurut Para Ahli

Ada beberapa pemahaman tentang branding yang diutarakan oleh mereka para ahli baik mereka yang ahli dalam bidang ekonomi ataupun pemasaran. Berikut adalah pengertian branding menurut mereka (para ahli dibidangnya):

Branding Menurut Kotler (2009)

Menurut Kotler branding merupakan pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan ataupun kombinasi dari semuanya yang dibuat dengan maksud untuk mengidentifikasikan sebuah barang maupun jasa maupun kelompok penjual, hal tersebut memiliki tujuan untuk membedakan dengan barang dan juga jasa pesaingnya.

Branding Menurut Landa (2006)

Menurut Landa, branding merupakan bukan hanya sekedar merek ataupun nama dagang dari sebuah produk ataupun jasa yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Akan tetapi semuanya yang berkaitan dengan hal yang kasat mata dari suatu merek. Mulai dari nama dagang, logo, citra, visual, karakter, kesan, kredibilitas,persepsi ataupun anggapan yang ada pada benak konsumen suatu perusahaan.

Menurut Wikipedia

Sedangkan menurut Wikipedia, branding ialah sebuah proses penciptaan maupun peninggalan tanda jejak tertentu dibenak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang dapat memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Unsur-Unsur Branding

Nah setelah memahami apa yang dimaksud dengan branding, tentunya kita juga harus mengetahui juga unsur-unsur yang terdapat didalam sebuah branding tersebut. Unsur paling penting dalam kegiatan branding itu sendiri adalah nama dagang atau merek sendiri.

Selain itu brand sendiri juga harus didukung dengan lambang atau logo yang memiliki identitias visual yang mampu menjadi pendukung komunikasi pemasaran sebuah merek, agar merek tersebut dapat mudah dikenal dan di ingat oleh konsumen. Nah berikut ini adalah unsur-unsur branding yang ada, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama Merek
  • Logo (tipe logo, monogram, bendera dll), jika kamu bingung untuk bikin logo branding, kamu bisa juga memanfaat jasa pembuatan logo.
  • Tampilan visual misalnya desain produk, kemasan, seragam, dll.
  • Juru bicara (co founder, mascot, tokoh perusahaan).
  • Suara (lagu tematik, icon bunyi atau nada).
  • Kata-kata misalnya, slogan, tagline ataupun lainnya.

Jenis-Jenis Branding

Branding sendiri dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Produk Branding, adalah jenis branding yang memiliki tujuan untuk mendorong konsumen supaya lebih memilih dan menggunakan produk yang dibranding.
  • Personal Branding, branding ini memiliki tujuan yakni sebagai alat pemasaran yang dipakai untuk mengangkat nama seseorang, misalnya dia adalah seorang politisi, musisi, selebriti ataupun yang lainnya. Sehingga orang tersebut dikenal baik dimata masyarakat.
  • Corporate Branding, merupakan jenis branding yan bertujuan untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di pasar. Hal ini meliputi semua aspek perusahaan tersebut, termasuk produk ataupun jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan perusahaan tersebut terhadap masyarakat.
  • Geographic Branding, adalah jenis branding yang memiliki tujuan untuk menunjukkan gambaran dari sebuah produk maupun sebuah jasa ketika nama lokasi tersebut disebut oleh seseorang.
  • Cultural Branding, adalah jenis branding yang memiliki tujuan yakni untuk mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu.

Fungsi dan Tujuan Branding dalam Bisnis

Ada beberapa fungsi dan tujuan adanya sebuah branding dalam suatu bisnis, dalam hal ini ada 4 fungsi dari branding itu sendiri, berikut diantaranya:

  • Sebagai pembeda produk yang telah memiliki brand dengan yang belum memiliki brand, biasanya produk yang sudah memilik branding akan lebih mudah dipercaya oleh para konsumen atau calon pembeli atau pengguna jasa.
  • Sebagai alat untuk berpromosi dan meningkatkan daya tarik, karena biasanya produk ataupun jasa yang memiliki branding lebih menarik perhatian konsumen.
  • Untuk membangun citra, keyakinan, kualitas, dan prestise. Sehingga membuat produk atau jasa dapat lebih mudah di ingat oleh orang lain.
  • Sebagai pengendali pasar, karena brand yang kuat akan mampu mengendalikan pasar hal tersebut dikarenakan dengan branding maka masyarakat akan lebih mudah mengenal dan mempercayainya.

Sedangkan untuk tujuan branding sendiri ada tiga jenis, berikut diantaranya:

  • Untuk membentuk persepsi masyarakat.
  • Untuk menciptakan rasa percaya masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Untuk membangun rasa cinta masyarakat terhadap brand itu sendiri.

Penutup

Nah itulah sekilas mengenai pengertian branding, unsur, jenis-jenis dan juga fungsi branding. Semoga bermanfaat, kalau ada yang kurang dipahami silahkan koment dibawah ya sobt 🙂

Jangan lewatkan juga artikel tentang gambar kartun wanita berhijab yang ada di blog ini.

vaza me

Namaku adalah...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: