Pengertian Bola Voli Lengkap Dengan Teknik dan Sejarahnya

Pengertian Bola Voli – Bola voli atau dalam bahasa Inggris biasa ditulis Volleyball, adalah salah satu cabang permainan yang di mainkan oleh dua grup lawan permainan. Dalam setiap masing-masing grup terdapat 6 orang pemain.

Selain permainan bola voli pada umumnya ada juga jenis permainan bola voli yang dimainkan di pantai. Biasanya permainan bola voli dipantai ini hanya untuk kesenangan dan hiburan saja dari para pemainnya. Berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya.

Selain itu permainan bola voli dipantai biasanya hanya terdapat 2 orang dalam setiap teamnya, nggak sampai berjumlah 6 orang. Selain itu biasanya dalam permainan bola voli pantai jumlah pemain dalam setiap team, nggak harus 6 atau 2, biasanya bebas menentukan jumlah pemainnya.

Berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya yang harus ada 6 orang didalamnya, hal tersebut memang karena sudah ada ketentuannya dalam dunia olahraga.

Olahraga voli sendiri dinaungi oleh  FIVB “Federation Internationale de Volleyball” yang merupakan induk dari organisasi nasional, sedangkan di Indonesia sendiri olahraga bola voli sendiri di naungi oleh PBVSI “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia”.

Sejarah Munculnya Permainan Bola Voli

pengertian bola voli, sejarah munculnya permainan bola voli
reviewjournal.com

Pada awalmula kemunculannya, permainan bola voli memiliki nama Mintonette, yang pertama kali ditemukan oleh Instruktur Pendidikan Jasmani bernama William G. Morgan di YMCA tanggal 9 Februari 1895.

Selain menjadi penemu olahraga tersebut, Morgan juga mendedikasikan hidupnya untuk menjadi instruktur dalam pendidikan jasmani. Morgan menciptakan olahraga bola voli yang saat itu bernama olahraga Mintonette tepatnya empat tahun setelah permainan bola basket di ciptakan.

Olahraga mintonette ini merupakan olahraga yang di temukan dengan mengombinasikan beberapa jenis permainan menjadi satu yang kemudian menghasilkan jenis olahraga baru yakni mintonette.

Keempat permainan yang menjadi dasar penciptaan permainan mintonette ini adalah permainan bola basket, baseball, tenis dan bola tangan atau biasa disebut dengan handball.

Perubahan Nama Mintonette ke VolleyBall (Bola Voli)

Perubahan nama dari mintonette menjadi olahraga bola voli terjadi di tahun 1896. Di awal tahun 1896 tersebut Dr Luther Halsey Gulick yang merupakan direktur dari Professional Physical Education Training School yang juga menjabat sebagai Executibe Directur of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang pencipta olahraga mintonette untuk memperkenalkan permainan yang ia ciptakan.

Dalam konferensi tersebut, Morgan menyiapkan dua tim yang beranggotakan masing-masing tim yang berjumlah 5 orang pemain.

Permainan yang dibawakan oleh Morgan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan dimana saja, baik itu di dalam luar ruangan ataupun didalam sebuah ruangan khusus. Menurut Morgan, permainan bola voli ini juga nggak terbatas hanya bisa dimainkan oleh 6 orang saja, namun juga bisa lebih banyak lagi.

Tepatnya tidak ada batasan pemain dalam permainan bola voli tersebut, namun pada umumnya olahraga bola voli di Indonesia biasa dimainkan oleh 6 orang pemain.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

pengertian bola voli, teknik dasar permainan bola voli.jpg
sport24.az

Di Indonesia sendiri permainan bola voli tidak kalah serunya dengan permainan sepak bola. Banyak sekali sekolah-sekolah yang juga menerapkan permainan bola voli ini dalam kurikulum olahraganya.

Bahkan dulu ketika SMK saya juga mengikuti olahraga voli ini dalam ajang pertandingan melawan beberapa sekolah di Jember. Bahkan hingga kini pun di Pesantren Sintesa, pesantren modern yang saya tempati ini, juga menyediakan jenis olahraga voli untuk diikuti.

Nah dalam permainan bola voli, tentunya nggak hanya asal main saja, ada beberapa teknik dasar permainan bola voli yang juga harus di pahami dan dipelajari. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli.

Teknik Servis

teknik servis bola voli
images.laola1.tv

Teknik servis pada saat ini nggak hanya berfungsi sebagai awal dari sebuah permainan saja didalam bola voli, namun juga sebagai teknik serangan awal untuk tim yang sedang melakukan servis.

Ada beberapa jenis servis yang pelu kamu ketahui, salah satunya adalah servis tangan bawah dan servis tangan atas. Dalam servis tangan atas ini masih dibedakan lagi menjadi tennis servis, floating dan cekis.

Nah berikut ini adalah beberapa teknik servis :

Teknik Servis Tangan Bawah

pengertian bola voli, teknik servis bola bagian bawah
currentapk.com
  • Lahkah awalnya adalah pemain berdiri pada petak servis dengan posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  • Bola voli dipegang dengan tangan kiri.
  • Kemudian bola dilambungkan sesuai keinginan, dan tangan kanan ditarik ke bagian belakang.
  • Ketika bola voli sedang melambung, tangan kanan diayunkan lurus kedepan menuju bola voli untuk di pukul.
  • Bagian telapak tangan menghadap ke bola voli untuk memberikan pantulan yang sempurna.

Teknik Servis Bola Voli Bagian Atas

pengertian bola voli, teknik servis bola voli bagian atas
perpustakaan.id

Pada teknik servis tangan bagian atas, terdapat beberapa jenis servis yang dapat dilakukan, berikut ini adalah beberapa teknik servise tangan bagian atas.

Tennis Servis
  • Sikap badan diawali dengan posisi kaki bagian kiri berada didepan kaki kanan, kedua lutut agak direndahkan.
  • Tangan bagian kiri dan bagian kanan bebarengan dalam memegang bola voli, tangan bagian kiri menyangga bola voli dan tangan kanan diatas bola.
  • Kemudian bola dilempar keatas menggunakan tangan bagian kiri, dengan tinggi kira-kira setengah meter diatas kepala pemain yang sedang melakukan teknik servis.
  • Kemudian tangan bagian kanan ditarik kebagian belakang atas kepala pemain, menghadap kedepan (Ke hadapan bola voli).
  • Kemudian lakukanlah pergerakan layaknya mensmash bola voli.
  • Lecutan tangan dibutuhkan ketika mengai bola.
Floating Servis
  • Posisi kaki pada teknik floating servis kurang lebih sama dengan teknik Tennis Servis.
  • Tangan bagian kiri pada floating servis memegang bola dan tangan bagian kanan berada di samping dengan tinggi sejajar dengan pelipis.
  • Dan tangan bagian kiri bola dilambungkan sedikit menyamping ke arah kanan dan tidak terlalu tinggi.
  • Kemudian saat bola di lambungkan ke atas dengan tinggi kepala, tangan kanan kemudian memukul bola voli tepat pada bagian tengahnya.
  • Teknik memukul bola voli dengan teknik floating ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
    • Dengan menggunakan tumit tangan
    • Dengan tangan saat ibu jari dilipat pada bagian dalam dan menempel di bagian telapak tangan
    • Memukul bola voli dengan menggunakan tangan menggenggam
Teknis Cekis
  • Sikap awal dengan mengambil sikap berdiri menyamping, pada tubuh bagian kiri berada lebih dekat terhadap jaring.
  • Bola dipegang dengan tangan kiri dan tangan bagian kanan.
  • Ketika bola dilambungkan, posisi badan diliukkan sedikit ke bagian belakang dan lutut ditekuk.
  • Kedua tangan diarahkan pada bagian samping bawah kanan dalam keadaan sedang memegang bola voli.
  • Kemudian bola voli dilambungkan kebagian atas kepala dengan kedua belah tangan.
  • Saat bola telah dilepas, kemudian tangan kanan di tarik kebagian samping kanan bawah, kemudian meliukkan badan ke bagian kanan atas.
  • Berat tumpuan badan berada di bagian kaki kanan dan telapak tangan menghadap kebagian atas.
  • Ketika bola berada di jangakaun tangan, dengan cepat-cepat bersamaan dengan lengan, kemudian meliukkan badan pada bagian samping kiri.
  • Perkenaan bola pada bagian bawah belakang bola dan pukulan bola dibantu dengan meliukkan badan dan juga lecutan tangan.

Macam Macam Servis Bola Voli

Macam-macam Cara Melakukan Servis Bola Voli
kabarsport.com

Dalam permainan bola voli, selain memiliki beberapa teknik dasar dalam melakukan servis, dalam servis tersebut juga di bagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah macam-macam servis di dalam permainan bola voli.

  • Servis atas, ialah jenis servis bola voli dengan awalan melambungkan bola sesuai keperluan kemudian melakukan sebuah lompatan untuk melakukan teknik pemukulan terhadap bola dengan mengayunkan tangan dari bagian atas.
  • Servis bawah, adalah jenis servise dalam permainan bola voli dengan mengawali bola berada di tangan yang tidak digunakan untuk memukul bola. Kemudian tangan satunya yang akan melakukan pukulan terhadap bola diayunkan dari bagian bawah keatas menuju bola.
  • Yang terakhir adalah servis mengapung, adalah salah satu jenis servis dengan awalan pemukulan yang hampir sama dengan dua teknik sebelumnya. Teknik ini dilakukan dengan melambungkan bola ke bagian atas namun tidak terlalu tinggi, dan tangan yang akan melakukan tembakan terhadap bola bersiap pada bagian bola dengan ayunan yang pendek.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknis servis ialah, sikap badan dan pandangan yang harus diperhatikan, melambungkan bola keatas sesuai dengan kebutuhan dan kapankah waktu yang tepat yang harus dilakukan saat hendak melakukan pemukulan terhadap bola yang akan di servis.

Teknik Passing

pengertian bola voli, macam macam teknik passing bola voli
baabun.com

Setelah memahami dan mengetahui teknik servis dalam permainan bola voli, selanjutnya adalah kita akan memahami teknik-teknik passing yang ada di dalam permainan bola voli.

Berikut ini adalah beberapa teknik pasing yang biasa di pakai didalam permainan bola voli.

Passing Bawah

pengertian bola voli, teknik passing bawah dalam permainan bola voli
Google Image

Passing bawah adalah teknik passing yang teknik pengambilan tangan kebawah, berikut ini adalah langkah-langkah melakukan teknik passing bawah.

  • Badan bersikap jongkok dan pada bagian lutut agak di tekuk.
  • Tangan satu dengan lainnya saling merapat.
  • Gerakan tangan menyesuaikan dengan kekuatan dan kecepatan bola voli yang datang.

Passing Atas

pengertian bola voli, teknik passing atas dalam permainan bola voli
lina.olahragapedia.com

Passing ke atas ialah pengambilan tangan ke atas, berikut ini adalah sikap badan saat melakukan teknik passing atas.

  • Badan bersikap jongkok, kemudian keadaan lutut ditekukkan.
  • Sikap badan sedikit condong ke muka, kemudian siku ditekukkaan dengan keadaan jari-jari terbuka membentuk lengkungan bola untuk menangkap bola voli.
  • Bagian ibu jari dan jari lainnya saling berdekatan untuk membentuk segitiga.
  • Sentuhan pada setiap jari-jari juga gerakannya meluruskan bagian tangan.
  • Gunakanlah gerakan kaki sehingga dapat menambah kekuatan.

Teknik Smash

teknik smash dalam permainan bola voli
maudisini.com

Teknik smash ialah jenis serangan tembakan yang keras saat bola voli terdapat di bagian atas jaring untuk memasukkannya kedalam area lawan. Dalam teknik smash ini kamu perlu melakukan awalan, tolakan, tembakan (pukulan) dan juga pendaratan.

Teknik smash didalam sebuah permainan bola voli bisa diartikan sebagai cara memainkan bola voli dengan cara yang efektif sesuai yang ada didalam peraturan permainan bola voli yang berlaku, yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Smash merupakan sejenis tembakan atau pukulan yang sangat kuat ketika tangan pemain melakukan kontak dengan bola voli dengan penuh pada bagian atas, sehingga bola menuju kedalam area lawan dengan kecepatan yang tinggi.

Hal tersebut biasa digunakan karena biasanya pukulan keras pada smash tersebut biasanya sangat mematikan lawan, karena bola yang di smash atau di pukul kedalam area lawan akan sulit untuk diterima atau dilewati.

Teknik smash ini ialah sejenis bentuk serangan yang paling sering dipakai untuk menyerang lawan. Hal ini bertujuan untuk medapatkan nilai atau point dalam permainan bola voli.

Teknik Blocking

teknik blocking dalam permainan bola voli
Google Image

Blocking dalam permainan bola voli ialah sebuah teknik yang digunakan untuk membendung atau menangkis sebuah serangan lawan yang berupa smash dari lawan supaya lawan tidak mendapatkan point.

Teknik locking ini dilakukan di bagian dekat dengan jaring untuk berusaha menahan bola yang dikirim dari bagian lawan.

Teknik Blocking Yang Benar

Teknik blocking sendiri ada dua macam, berikut ini adalah macam teknik dalam melakukan usaha blocking bola dari daerah lawan.

  • Blok tunggal, ialah jenis usaha bloking yang biasanya dilakukan oleh seorang pemain saja, sedangkan,
  • Blok ganda biasanya teknik mebloking bola dari arah lawan yang dilakukan oleh dua orang pemain bahkan bisa lebih. Dalam usaha blok ganda setiap pemain yang akan melakukan bloking harus pandai bekerjasama dengan pemain lainnya agar tidak terkecoh oleh lawan.

Lapangan Bola Voli Lengkap Dengan Ukuran dan Contoh Gambarnya

lapangan bola voli

Dalam permianan bola voli, tentunya kita membutuhkan sebuah lapangan ketika ingin memainkannya, selain itu lapangan yang dipakai untuk bermain bola voli juga merupakan lapangan khusus.

Tepatnya ya khusus untuk bermain bola voli, nggak mungkin lapangan tenis meja digunakan untuk bermain voli kan? hehe..

Lapangan bola voli sendiri memiliki standar, baik itu meliputi ukuran standai nasional, Internasional, ukuran lapangan bola voli untuk putra maupun putri, bahkan ukuran lapangan bola voli untuk ukuran mini.

Untuk ukuran standar nasional di Indonesia, tolak ukurnya biasanya mengikuti aturan dari PBSVI “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia”. Untuk kategori standar Internasional biasanya mengacu pada FIVB “Federation Internationale de VolleyBall”.

Ukuran Lapangan Bola Voli

gambar lapangan bola voli
berolahraga.net

Dalam permainan bola voli dibutuhkan sebuah lapangan untuk melakukan permainan bola voli tersebut, sebagai mana permainan sepak bola yang juga membutuhkan sebuah lapangan untuk bisa memainkannya dengan leluasa.

Dalam bola voli sendiri, ada jenis dan ukuran yang telah ditetapkan, secara umum lapangan bola voli memiliki ukuran 18 m x 9 meter, ukuran ini juga menjadi ukuran standar yang dipakai dalam standar lapangan bola voli.

Jadi nggak ada bedanya ukuran antara standar Nasional maupun ukuran lapangan bola voli dalam standar Internasional.

Berikut ini adalah penjelasan dari ukuran lapangan bola voli secara detailnya.

  • Ukuran panjang lapangan bola voli ialah 18 meter
  • Untuk ukuran lebarnya sendiri, bola voli memikiki lebar yakni 9 meter
  • Panjang garis serangnya ialah 3 meter
  • Jadi luas keseluruhan lapangan bola voli ialah 162 meter persegi
  • Area servis pada lapangan bola voli sendiri memiliki lebar 3 meter

Ukuran Net (Jaring) Pada Permainan Bola Voli

ukuran net bola voli
Google Image

Nggak hanya terbatas pada ukuran lapangan saja, tapi kamu juga harus memahami ukuran net dalam permainan bola voli.

Net atau jaring sendiri adalah sebuah pembatas antara 2  tim yang saling berlawanan, net tersebut berada di bagian tengah lapangan bola voli. Net sangat penting dan merupakan hal utama dalam permaianan bola voli, bayangkan olahraga voli tanpa ada net? ya gitulah..

Dalam permainan bola voli, net dan lapangan adalah sumber utama dari ciri khas permainan bola voli. Nah maka dari itu mari kita pahami bareng-bareng tentang ukuran net dalam permainan bola voli.

Berikut diantaranya.

  • Untuk permainan bola voli putra, tinggi net-nya yaitu 2,43 m.
  • Pada permainan bola voli putri, tinggi net-nya ialah 2,24 m.
  • Panjang net pada bola voli yaitu memiliki panjang 9 m.
  • Sedangkan lebarnya ialah 1 m.
  • Tinggi tiang net ialah 2,55 m.
  • jarak antara tiang net dengan garis tepi pada permainan bola voli adalah 0,5 hingga 1 m.

Ukuran dan Diameter Bola Voli

ukuran bola voli
alihamdan.id

Berikut ini adalah standar untuk ukuran bola voli yang biasa digunakan dalam permainan bola voli baik resmi ataupun tidak resmi.

  • Ukuran keliling pada bola voli 65 hingga 67 cm.
  • Berat bola voli berkisar dari 260 hingga 280 gram.
  • Tekanan bola voli berkisar antara 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.
  • Diameternya sendiri ialah berkisar 18 hingga 20 cm.

Nah itulah ukuran juga diameter standar pada bola voli.

Penutupan

Nah itulah beberapa pengertian singkat mengenai pengertian bola voli yang bisa saya berikan, semoga ada manfaat yang bisa diambil.

Bagaimana, apa kamu sudah bisa paham dan mendapatkan pengertian lebih dari apa yang saya tulisakan mengenai pengertian bola voli ini?

Semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu apa yang sedang sobat cari. Dan terima kasih karena telah rela berkunjung ke web saya untuk mencari info, jika info ini bisa bermanfaat, mohon bantuan untuk share ya, Terima kasih.

Leave a Comment