Awal Mula Mengenal Teknologi Informasi

Awal Mula Mengenal Teknologi Informasi

Awal Mula Mengenal Teknologi Informasi – Kini teknologi informasi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia pada setiap sendi kehidupan.

Hampir semua lingkup kehidupan manusia telah banyak di kuasai oleh hadirnya teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan zaman saat ini.

Namun perlu di ketahui juga, selain memberikan banyak sekali manfaat ada pula sisi kelam dari hadirnya teknologi iniformasi ini. Tinggal gimana aja kita mau memanfaatkannya.

Digunakan untuk kebaikan atau malah di buat ladang untuk berbuat maksiat.

Berikut ini adalah beberapa cerita dalam kehidupan saya saat belajar memakai dan memanfaatkan hadirnya teknologi informasi.

Awal Mula Mengenal Teknologi Informasi (Internet)

Awal mula saya mengetahui apa itu internet yang merupakan bagian dari teknologi informasi ialah ketika saya kelas 3 SMP dulu.

Waktu itu guru pelajaran KKPI memberikan kami tugas untuk membuat email kepada setiap siswa kelas tiga. Diantara puluhan siswa yang ada di kelas saya waktu itu hanya beberapa yang memahami cara membuat email

Sebagian diantaranya banyak yang nggak tau, bahkan saya sendiri bukan hanya nggak tau cara membuat email, namun gerakin mouse komputer saja saya nggak tau. Jangankan gerakin mouse, megang aja belum pernah.

Nah dari sinilah awal mula saya mulai mengenal apa itu Internet, cuman mengenal saja sih, belum sampe berkolaborsi.

Pertama kali saya berkolaborasi atau bersentuhan dan berinteraksi secara langsung dengan teknologi informasi ialah ketika sudah masuk jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Dan dari sanalah awal mula saya mulai belajar lebih dalam mengenai teknologi informasi.

Awal Mula Bersentuhan Langsung dengan Teknologi Informasi

kompasiana.com

Tepatnya awal mula saya berinteraksi langsung dengan teknologi informasi ialah ketika masuk di dunia pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Waktu itu jurusan sekolah saya adalah Multimedia. Sebuah jurusan yang berfokus pada pembelajaran yang meliputi Animasi, Fotografi, Editing Video, Mengelola Halaman Web dan lain sebagainya.

Tentunya hal tersebut sedikit membantu saya dalam mengenal teknologi informasi. Walau sebagian besarnya adalah karena suka maen ke warnet hehe.

Waktu pertama kali saya mengenal teknologi informasi, kala itu saya masih belum bisa sama sekali dalam mengoperasi sebuah komputer. Bahkan ngidupin dan matikan komputer saja saya belum tahu caranya.

Namun dalam beberapa hari akhirnya saya tahu bagaimana cara menghidupkan komputer, yah baru tahu cara ngidupin komputer saja namun belum bisa matikan komputernya.

Bagi beberapa orang mungkin hal ini cukup keterlaluan, masak ngidupin dan matikan komputer saja nggak tau. Terlihat kampungan memang waktu itu, karena memang saya orang kampung.

Beberapa hari sudah menempuh pendidikan di kelas 1 SMK saya masih belum begitu paham juga tentang komputer hingga butuh waktu beberapa bulan kemudian sampai saya bisa lumayan mahir dalam dunia komputer.

Belajar Editing Design Grafis

iac.or.id

Nah setelah berbulan-bulan di SMK dan pelajaran mengenai dasar-dasar dari materi di kejuruan saya mulai diajarkan, perlahan saya mulai memahami dasar-dasar pengoperasian komputer.

Bahkan saya sudah mulai ketagihan dalam mengoperasikan komputer, dan dari sanalah muncul rasa ingin tahu untuk mendalami lebih dalam tentang pengoperasian komputer.

Namun sebelum memahami lebih dalam tentunya ada proses yang dilalui. Pertama kali rasa ingin tahu saya adalah tentang dunia editing gambar.

Karena pada waktu itu yang pertama kali diajarkan tentang desain grafis oleh guru saya, jadi banyak sekali tugas yang diberikan kepada saya juga teman-teman untuk teknik editing gambar.

Dari situ saya mulai mencari tips dan trik editing gambar yang keren. Saya mulai bertanya kepada Guru saya, bahkan sering. Namun karena terbatasnya waktu Guru di jam pelajaran membuat apa yang saya tanyakan terbatas dengan jawaban yang diberikan.

Tentunya saya nggak langsung menyerah, setiap pulang sekolah saya selalu mampir ke warnet terdekat dari sekolahan.

Diwarnet saya langsung mencari dan mendownload modul-modul gratis mengenai editing gambar menggunakan Photoshop dan juga CorelDraw.

Saya nggak langsung belajar di warnet, melainkan modul yang saya sudah download saya print untuk dibuat belajar di rumah. Karena setiap saya kewarnet cuman berbekal uang seadanya. Dirumah pun saya nggak langsung praktek karena dirumah saya nggak punya PC (Personal Computer).

Barulah ketika di sekolah saya praktekkan tips dan trik yang saya dapat dari mendownload modul-modul saat diwarnet.

Berkat dari itu Alhamdulillah saya mulai bisa menguasi tips dan trik dasar di photoshop. Dan tetap saja saya kalah dengan teman saya yang memang kesehariannya sukanya editing photo terus-terusan. Dari situ saya mulai males mempelajari tips dan trik mengenai editing.

Setelah males dengan dunia editing, mulailah saya bergeser kedunia hacking. Eeehh terdengar sedikit ngeri sih tapi nggak ngeri-ngeri amat. Karena saya nggak sampe mahir mempelajari ilmu hitam ini hehe.

Belajar Memahami Dunia Hacking

squareup.com

Sebenernya saya mulai belajar tips dan trik hacking ini bukan hanya karena males mempelajari editing photo. Melainkan karena saya agak dendam dengan teman saya hehe.

Yah wajarlah, waktu itu saya adalah anak yang mudah sekali baper, di rasanin dikit sudah merasa di musuhin, merasa di hina gituh.

Karena waktu itu, anggaplah saya adalah satu-satunya anak kampung di SMK saya, dan merupakan anak paling rendahan lah dibanding lainnya.

Nah dari situlah saya mulai berfikir “Bagaimana caranya orang seperti saya ini bisa melakukan hal yang teman-teman saya nggak bisa melakukannya”.

Nah dari situ saya mulai menyimpang dari pelajaran yang diberikan oleh Guru-guru saya. Saat mereka mengajarkan teknik-teknik yang ada di kejuruan saya malah belajar dunia hacking hehe.

Saat teman-teman saya mulai serius belajar tentang materi kejuruan saya malah mengabaikan pelajaran yang diberikan di sekolah, dan lebih suka utak-atik tips dan trik hacking.

Walau dalam beberapa pelajaran saya masih lebih unggul dalam pelajaran komputer di banding teman-teman sih. Bukan karena saya lebih pinter dari teman-teman, melainkan kebanyakan dari mereka sekolah cuman untuk mendapat uang saku dan mencari pacar saja.

Dan berbeda dengan saya yang sekolah nggak pernah minta uang saku, ataupun cuman mencari pacar saja. Jangankan mencari pacar, di ajak pacaran saja saya nggak ngereken hehe nggak sombong loh ya emang begitu kok hehe.

Rasanya disini saya mulai sombong ya ?

Meretas Facebook

ittechnote.com

Setelah lumayan lama belajar tentang hacking, mulailah saya coba-coba tips dan trik yang pernah saya pelajari dari modul-modul yang saya download.

Salah satunya adalah saya mulai gabung di grup-grup facebook tentang dunia hacking. Didalam grup tersebut banyak sekali orang yang sudah mahir dalam dunia hacking. Dan dari sanalah saya mulai belajar meretas sebuah akun sosial media.

Salah satunya adalah meretas akun facebook. Tips meretas facebook yang saya dapatkan waktu itu sangat mudah sekali dilakukan, hanya dengan menggunakan teknik Forgot Password, dalam beberapa menit kemudian akun tujuan yang ingin saya retas sudah berada ditangan saya.

Waah udah merasa hebat nih saya, didalam batin sih. Namun didunia nyata tetap saja penampilan saya seperti sebelumnya, yaps terlihat kampungan dan memang anak kampungan sih.

Namun beberapa hari kemudian salah satu teman saya ada yang tahu aksi saya dalam meretas akun facebook, dari sana akhirnya saya mulai dikenal oleh teman-teman SMK saya.

Dan dalam beberapa kemudian banyak yang meminta bantuan kepada saya untuk meretaskan akun facebook mereka.

Dengan aneka ragam alasan dalam menggoda saya, salah satunya meminta mereset pasword akunnya karena lupa passwor, ada pula yang ingin tahu chatingan pacarnya di facebook.

Dasar ada ada saja orang-orang ini alesannya. Emang itu pacar istrinya apa pake di mata-matain segala wkwk. Karena semakin hari semakin banyak yang mengenal saya melalui ilmu hitam saya, jadi ketika ada yang meminta bantuan lagi saya mengaku hanya kebetulan saja dalam meretas facebook tersebut.

Bukan karena hanya itu, namun lebih karena saya hanyalah bocah peretas kalengan yang tau teknik peretasan dari modul bukan dari analysa sendiri. Dari situ saya mulai berhenti belajar meretas facebook dan beralih ke hal lain.

Meretas WiFi Sekolah

networkworld.com

Ini salah satu hal dari dampak buruk teknologi informasi yang saya pelajari ketika SMK dulu. Meretas Wifi sekolah adalah termasuk hal yang merugikan pula.

Ilmu hitam ini juga saya dapet dari melihat dan membaca modul-modul teknik hacking. Jadi bukan murni hasil analysa saya sendiri.

Karena awalnya saya sudah dikenal oleh teman-teman tukang hack akun orang eh sekarang malah disuruh bantuin ngeretas keamanan sandi Wifi disekolah.

Padahal sebenernya saya nggak tau caranya meretas wifi, cuman kadang kebetulan paket beberapa teknik kemudian wifi tiba-tiba nyambung sendiri. Sungguh sebuah kebetulan, namun teman saya begitu berlebihan menganggapnya.

Dikira saya sudah mahir, bahkan Guru saya waktu itu ketika Wifi Yayasan tidak ada yang bisa mengakses. Dia malah bilang “Cuman reza yang bisa meretas wifi Yayasan“. Itu sangat keterlaluan bagi saya. Karena sebenernya saya nggak tau sama sekali cara meretas Wifi.

Dikarenakan beberapa hal yang saya lakukan tersebut, akhirnya saya menyadari bahwa apa yang saya pelajari tersebut nggak ada gunanaya. Malah merugikan orang lain, dan memberi kesempatan untuk berbuat keburukan untuk diri saya sendiri.

Akhirnya saya berhenti belajar mengenai hal yang berbau hacking dan lebih ke dunia Coding yang Insyaa Allah hingga kini masih bermanfaat.

Belajar Bahasa Pemrograman

onlinecollegeplan.azureedge.net

Awal mula saya mengenal bahasa pemrogaman adalah ketika masuk di Kelas dua, disana ada pelajaran tentang Mengelola Isi Halaman Web. Walau yang diajarkan cuman gitu-gitu aja.

Namun berkat itu saya jadi kepo dan mencari tahu lebih dalam tentang dunia pemrogaman. Hingga akhirnya saya menjadi lebih mahir dalam pelajaran tersebut. Ah mulai sombong lagi nih  :v

Tugas Membuat Halaman Web Sederhana

avemarialaw.edu

Awal mula dari pelajaran ini adalah pelajaran tentang bahasa markup menggunakan HTML dan CSS. Iya cuman dua itu saja, dan beberapa hari kemudian Guru memberikan tugas kepada semua siswa untuk membuat halaman web sederhana dengan kode yang sudah dipahami.

Kebetulah sebelum itu saya sudah mulai belajar lebih dulu tentang HTML jadi sudah tidak menjadi masalah bagi saya.

Saat itu ada tugas untuk membuat halaman web, jadi dari semua siswa di kelas saya, cuman saya yang sudah selesan membaut duluan.

Beberapa teman sudah mengerti kalau saya sudah bisa, dan beberapa teman lainnya lebih memilih menyerah saja dalam tugas tersebut.

Namun ada salah satu teman yang nggak terimaan dengan tugas yang saya buat. Mungkin menurutnya hasil desain web saya lumayan bagus dan akan mendapat nilai baik.

Karena mungkin dia nggak ingin kalah dengan saya, eh dia malah minta kode yang sudah saya buat, eehh dalam batin saya sih agak nggak ikhlas ngasih script yang sudah saya tulis susah payah.

Beberapa teman lainnya paham kalau saya menulis itu kesusahan sehingga protes kepada teman saya yang meminta script kode saya tersebut dan melaporkan kepada Guru pembimbing hehe.

Ya cuman itu saja sih…

Membuat Script Virus

freepik.com

Setelah agak bosan dengan bahasa pemrogaman web akhirnya saya mulai pindah haluan ke mempelajari tentang pembuatan script virus.

Dan kembali ke awal lagi, teknik ini pun bisa saya buat karena membaca modul, bukan karena saya sudah bisa pemrogaman Visual Basic, C++ atau bahasa lainnya yang mendukung pembuatan script virus.

Disini saya mulai membuat virus komputer, dan korban pertama dari virus saya adalah PC Lab di sekolah hehe.

Karena saya nggak punya laptop maupun PC sendiri, jadi percobaan saya tujukan kepada Lap Komputer, untung virus saya nggak berbahaya seperti hal nya RAMNIT. Sebuah virus yang paling banyak mengganggu kegiatan di Labkom kala itu.

Di Ikutkan Lomba Olimpiade BITS di Universitas Jember (UNEJ)

Ikut lomba ini juga merupakan salah satu jembatan bagi saya dalam mengenal teknologi informasi lebih dalam. Karena dengan mengikuti lomba ini saya bisa mengupgrade ilmu lebih dalam untuk lebih memahami dan mengenal teknologi informasi.

Lomba ini merupakan sebuah ajang kompetisi ilmu pengetahuan teknologi informasi yang dapat menguji kemampuan pelajar dalam bidang logika, aritmatika, algoritmatika dan juga pemrograman. Saya yang cuman programmer kalengan mana paham hal tersebut.

Sebenernya yang mengikutkan saya tentang lomba ini adalah Guru saya namanya Pak Misbah. Beliau merupakan salah satu Guru saya yang juga suka sekali dengan teknologi informasi.

Beliau juga banyak cerita mengenai dunia hacking yang pernah beliau geluti juga saat masa-masa kuliahnya.

Karena beliau dengan saya begitu saling mengenal dan beliau melihat kemampuan saya di dalam dunia programming, jadi suatu hari ketika ada Olimpiade BITS di sebuah Universitas, beliau mendaftarkan saya sebagai peserta.

Awalnya saya nggak yakin mau mengikuti lomba ini, nggak PD juga soalnya. Selain saya nggak paham sama sekali dengan bahasa pemrograman yang dilombakan, peserta yang mengikuti lomba ini juga dari seluruh Provinsi Jawa Timur.

Etdah, mana bisa saya menghadapi ratusan programmer di Jawa Timur yang pasti mereka sudah pandai dibandingin saya programmer jadi-jadian yang kemampuannya muncul kalau lagi terdesak saja.

Tapi walaupun nggak yakin, saya tetep berusaha karena sudah diberi kepercayaan oleh guru saya. Walau saya tahu cuman akan jadi peserta saja.

Belajar Pemrograman Website dan Android Developper di Kampus Kemandirian Surabaya

lynda.com

Nah setelah kegiatan saya berlalu di SMK, Alhamdulillah saya bisa melanjutkan pembelajaran saya di sebuah Yayasan Yatim Mandiri di Surabaya.

Kampus Kemandirian namanya.

Kampus kemandirian adalah sebuah kampus yang dikhususkan untuk kami anak-anak yatim yang ingin meneruskan proses pembelajaran secara gratis, tapi syaratnya harus yatim.

Kebetulan saya belajar disini mengambil jurusan TKJ (Teknisi Komputer dan Jaringan. Selain belajar mengenai server dan jaringan, disini juga lebih banyak di ajarkan ke dunia pemrograman website.

Karena wali kelas disini juga seorang programmer, namanya Pak Arif, maka pelajaran yang di ajari oleh Pak Arif lebih banyak ke dunia coding.

Beliau merupakan seorang programmer yang juga memiliki jasa layanan pembuatan website native yang dikerjakan oleh seorang diri. Selain itu beliau juga memiliki website yang menjual jasa jual beli domain dan hosting sendiri, yang servernya ada di rumahnya sendiri.

Selain mengajarkan kami membuat website native, beliau juga mengajarkan kami membuat aplikasi android, wueehh udah kayak developper kan? :v

Wah keren kan, emang keren Pak Arif ini orangnya, walau temen-temen sekelas saya lebih mengenal beliau sebagai dosen paling killer wkwk.

Dari beliaulah saya belajar tentang teknologi informasi dan programming, yang Alhamdulillah hingga kini masih kepakai.

Walaupun ketika saya membuat website saat ini selalu pakai CMS WordPress sih dibandingkan ngoding sendiri. Namun dari pelajaran pemrograman tersebut saya bisa mengatasi masalah yang sering terjadi jika ada error pada program.

Dan dengan teknik pemrograman yang didapat dari beliau saya juga suka sekali ngoprek template blogger dan menjadikannya versi redesign untuk di buat menjadi lebih menarik sesuai selera tampilan blog seperti yang saya inginkan.

Walau kadang malah tampilannya semakin berantakan sih hehe… yasudah itu saja.

Penutupan

Nah itulah sobat, tentang cerita pengalaman saya dalam dunia teknologi informasi, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi dan terakhir terima kasih telah membaca pengalaman cerita saya :v

 

 

vaza me

Namaku adalah...

This Post Has 2 Comments

  1. Mantap pengalamnnya kang

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: