Manfaat Domain Untuk Bisnis Dalam Bersaing di Era Industri Serba Internet

Manfaat Domain Untuk Bisnis Dalam Bersaing di Era Industri Serba Internet

Manfaat Domain Untuk Bisnis – Domain adalah suatu nama yang unik yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah server komputer. Dengan tujuan untuk lebih mempermudah dan di ingat ketimbang menggunakan nomor IP (Internet Protokol) address.

Biasanya domain digunakan untuk dijadikan sebagai alamat sebuah website, entah itu untuk website bisnis, company profil, blog pribadi maupun website toko online dan lain-lain. Sehingga ketika seseorang ingin mengunjungi website sebuah perusahaan atau mengunjungi webiste hanya untuk sekedar mencari informasi, mereka tidak harus menuliskan alamat webiste dengan IP Address.

Contoh nama domain yakni adalah gopensil.com, vazame.com dan lain-lain. Sedangkan alamat IP Address contohnya adalah 127.0.0.1 yang merupakan IP Address untuk localhsot.

Pengertian Domain dan Hosting

Manfaat Nama Domain Untuk Bisnis, pengertian domain dan hosting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, domain adalah sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan alamat sebuah website. (Sudah paham kan pasti maksudnya?) kalau sudah kita lanjut ke hosting.

Jika domain di ibaratkan sebuah alamat, maka hosting di ibaratkan sebuah rumah. Alamat tanpa ada rumah pasti kosong, begitupula sebaliknya, rumah tanpa alamat maka nggak akan pernah ditemukan.

Jadi domain dan hosting adalah dua hal yang saling melengkapi. Domain sendiri ada beberapa jenis, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Contoh domain yang gratis adalah :

  • .wordpress.com
  • .blogspot.com
  • .webly.com
  • .wix.com
  • dll

Sedangkan domain berbayar atau biasa disebut dengan TLD (Top Level Domain) domain sendiri ada banyak jenisnya. Berikut adalah contoh domain TLD yang ada di seluruh dunia:

Manfaat Nama Domain Untuk Bisnis, contoh nama domain

  • .com
  • .net
  • .org
  • .id
  • .co
  • .cc
  • .tv
  • .name
  • .wiki
  • dll

Selain beberapa contoh diatas, Jika sobat orang Indonesia, maka sobat juga bisa menggunakan TLD .ID, beberapa contoh TLD .ID adalah :

contoh nama domain .id

  • .id (Pribadi)
  • .ponpes.id (untuk Pondok Pesantren)
  • .my.id (Pribadi)
  • .ac.id (Untuk Akademi / Kampus)
  • .sch.id (untuk Sekolah)
  • .biz.id (untuk Pribadi)
  • .or.id (Organisasi)
  • .web.id (Pribadi)
  • .co.id (untuk Perusahaan / UMKM)

Nah itulah contoh-contoh jenis domain TLD (Top Level Domain) baik yang gratis maupun yang berbayar. Setelah kita mengetahui jenis-jenis domain, mungkin kamu akan berfikir, “apasih manfaat domain?”. Ada banyak sekali manfaat domain yang bisa kita rasakan.

Misalnya saat kita ingin mencari sebuah informasi terpercaya, kita cukup mengetikkan wikipedia.org di search engine Google, atau cukup mengetikkan alamat website terpercaya lainnya. Contoh lain ketika kita ingin mencari tulisan santay yang menghibur. Kita cukup mengetikkan hipwee.co.id, mojok.co dan lainnya.

Manfaat Domain Bagi Blogger

manfaat domain untuk bisnis, manfaat domain bagi blogger

Nama domain juga sangat bermanfaat bagi para penulis blog dan juga para pebisnis, dengan adanya domain seorang blogger dapat menyalurkan tulisannya melalui media internet sehingga tulisannya bisa dinikmati dan menebar manfaat bagi orang lain.

Walaupun banyak juga blogger yang menggunakan domain gratisan seperti .blogspot.co.id atau .wordpress.com, namun banyak juga yang sudah menggunakan domain TLD untuk website atau blog mereka.

Mengapa demikian? karena website atau blog merupakan sebuah alat yang bermanfaat, bukan hanya untuk menulis atau berbagi pengalaman dan pengetahuan saja, namun lebih dari itu, website atau blog juga memiliki manfaat untuk dapat menghasilkan uang dari sana.

Misalnya saya seorang blogger yang menulis di weblog vazame.com ini memiliki traffic diatas 1000 pageviews dalam sehari, maka saya bisa mendapatkan uang setidaknya 50 rb setiap harinya hanya dari menulis hobi atau sekedar menulis konten informasi saja. Bagaimana caranya? yakni dengan memasang iklan Google Adsense di blog atau website saya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca mengenai Google Adsense.

Saya sendiri memiliki beberapa blog atau website yang saya gunakan untuk menghasilkan uang dari Google Adsense, salah satunya adalah blog ini dan satu blog lagi, walau yang satunya sudah jarang update.

Manfaat Domain Bagi Para Pebisnis

manfaat domain untuk bisnis, manfaat domain bagi pebisnis

  • Bersaing di Dunia Internet

Di era yang serba digital ini, kita dituntut untuk bisa mengaplikasikan hal-hal yang biasanya kita kerjakan di dunia nyata juga bisa dikerjakan di dunia internet, salah satunya adalah kegiatan jual beli, saat ini transaksai jual beli sudah banyak di lakukan di Internet.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memulai bisnis atau sudah memiliki sebuah bisnis, wajib untuk bisa melakukan persaingan didunia internet. Agar bisnis yang kamu jalankan tidak ketinggalan jaman dan tetapi di kenal oleh orang.

Ada banyak sekali manfaat domain untuk bisnis,  mungkin berikut ini adalah beberapa hal yang menyangkut betapa pentingnya sebuah nama domain bagi bisnis kamu:

  • Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan adanya alamat domain yang kamu miliki untuk bisnis atau perusahaan kamu, tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan sebuah perusahaan yang kamu miliki terhadap para klien, pelanggan ataupun mitra bisnis kamu.

  • Sebagai Media Untuk Pemasaran yang Efektif

Saat bisnis kita Go Online di internet, tentunya dapat memudahkan seseorang untuk menemukan apapun jenis bisnis yang kamu sediakan, entah berbentuk jasa ataupun berupa produk.

Hal ini dapat menjadi media promosi yang efektif. Selain itu dengan memiliki alamat domain, kamu tidak perlu susah-suah melakukan promosi dengan memasang banner-banner di jalanan yang memakan banyak pengeluaran dan tenaga. Kamu cukup melakukan promosi online dan memaksimalkan website yang ada untuk mengoptimasi bisnis kamu supaya di kenal banyak orang.

  • Menunjukkan Profesionalisme

Dengan memiliki sebuah alamat domain, maka hal ini dapat membuat bisnis yang  kamu memiliki berkesan terlihat lebih professional di mata orang. Hal ini tentunya memiliki dampak yang baik untuk berlangsungnya bisnis yang kamu miliki.

  • Memudahkan Proses Pemesanan

Dengan alamat domain yang dimiliki oleh seorang pebisnis, maka pemiliki pebisnis tersebut dapat memasarkan produknya dengan melalui online. Hal ini tentu akan mempermudah orang-orang yang mungkin jauh dari lokasi bisnis kamu untuk dapat melakukan pemesanan online.

  • Untuk Membangun Personal Branding

Nama bisa menjadi sebuah branding bagi bisnis kamu, maka dari itu sangat dianjurkan sekali bagi kamu yang memiliki bisnis, baik itu online maupun offline untuk segera membangun branding bisnis kamu dengan nama domain, agar kehadiran bisnis kamu di dunia nyata tidak mudah diduplikat orang lain di dunia internet.

Domain yang mungkin harganya berkisar dari 100 – 150 rb harga sewa pertahunnya ternyata sangat penting kehadirannya. Terbukti banyak sekali perusahaan besar di seluruh dunia yang sudah membangun branding mereka dengan memiliki sebuah nama domain yang sudah menjadi branding mereka.

Misalnya adalah Apple yang memiliki alamat domain apple.com, Microsoft Windows dengan alamat domain microsoft.com, Adobe dengan alamat domain adobe.com. Bukan hanya itu, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak sekali dan hampir semua perusahaan baik ditingkatan UKM ataupun Usaha Menengah ke atas yang sudah menggunakan nama domain untuk membangun brand bisnis mereka di dunia internet.

Seperti contoh : bukalapak.com, tokopedia.com, travelloka.com, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nggak hanya para pebisnis yang sudah melejit usahanya yang sudah menggunakan domain, bahkan yang bukan seorang pebisnis pun sudah banyak yang menggunakan domain, hal ini menunjukkan dijaman yang serba digital ini, apapun bisnis yang kamu miliki di dunia nyata maka wajib ada di dunia maya.

Contohnya adalah saya sendiri (hehe), walaupun saya hanya seorang penulis blog gado-gado di weblog ini, saya juga sudah memanfaatkan nama domain untuk usaha jualan kecil-kecilan saya. Berikut ini adalah beberapa nama domain yang saya kelola.

manfaat domain untuk bisnis, nama domain

Dari ke-5 nama domain tersebut, semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Selain untuk jualan, untuk menulis blog ada juga yang saya gunakan untuk menulis blog pribadi. Alhamdulillah dari domain akhwatsyari.com sudah bisa mendapatkan hasil yang cukup untuk sekedar ngopi wkwk.

Walau saat ini belum bisa memaksimalkan secara baik ke 5 domain diatas, karena saat ini saya sedang fokus menulis blog di vazame.com ini.

Nah terbukti kan nama domain itu sangat penting. Jika saya yang hanya penulis blog saja sudah memanfaatkan nama domain untuk usaha kecil-kecilan saya, tentu kamu sebagai pebisnis nggak mau kalah dong dengan saya?…

Yuk bangun bisnis kamu dengan nama domain yang menjadikan bisnis kamu bisa lebih meroket lagi. Tapi gimana sih caranya memiliki domain? atau dimanakah penyedia domain dan hosting terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk membangun bisnis untuk Go Online? nah berikut ini akan saya berikan rekomendasi tempat penyedia domain yang cocok untuk bisnis kamu.

Memilih Penyedia Nama Domain Terbaik

manfaat domain untuk bisnis, penyedia domain terbaik di Indonesia

Sebenarnya saat ini banyak sekali penyedia nama domain yang bisa kamu temui dengan mudah di internet. Saya sendiri biasanya membeli domain di beberapa tempat, salah satunya adalah di Rumah Web dengan harga domain murah nya yang terjangkau, Jagoan Hosting dan Domainesia.

Namun untuk membeli paket layanan Hosting Murah saya lebih suka membelinya di Rumah Web. Selain murah karena di Rumah Web sering ada promo yang diberikan kepada pelanggannya. Kalau kamu nggak percaya bisa kamu lihat sendiri di Promo Rumah Web.

Cara Order Domain di Rumah Web

Sebelum kamu melakukan pembelian nama domain di Rumah Web, pastikan kamu untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

  • Pertama silahkan kunjungi https://clientzone.rumahweb.com/daftar.php untuk mendaftarkan diri kamu di Rumah Web. Kemudian kamu bisa langsung klik menu Register di sebelah pojok kanan atas, atau biar lebih mudah kamu bisa mendaftar langsung menggunakan akun Google kamu.

 

Atau kamu bisa mendaftar secara manual dengan klik menu Register dan melengkapi form pendaftarannya. Jika sudah selesai silahkan kembali ke menu home, atau kunjungi link ini https://order2.rumahweb.com/?domain dan siapkan nama domain yang ingin kamu order.

Pada contoh ini saya menggunakan nama domain akhwatsyari yang sudah pernah saya gunakan sebelumnya. Kamu bisa menggunakan nama usaha kamu. Setelah memasukkan nama domain kemudian klik menu search atau enter.

  • Kemudian kamu perlu memilih ekstensi nama domain yang kamu suka, kamu bisa memilihnya di menu Kategori Domain ada beberapa jenis, Populer, Bisnis, Hobi atau Indonesia. Misalnya kamu ingin memilih ekstensi nama domain kamu dengan ekstensi .id atau .co.id maka pilihlan yang Indonesia. Kemudian centang pada kolom Ekstensi Domain yang Tersedia seperti gambar di bawah ini.

memilih nama domain indonesia

  • Setelah itu klik search kembali dan akan muncul pilihan nama domain yang masih tersedia atau sudah dibeli orang lain. Misalnya dibawah ini nama domain dengan extensi .id masih tersedia, dan nama domain akhwatsyari.com sudah Not Available, hal ini karena extensi .com sudah saya beli.

mendapatkan nama domain

  • Setelah itu lanjut ke step selanjutnya pada menu Pilih Paket Layanan. Disini kamu bisa memilih untuk membeli sepaket dengan hosting atau hanya order nama domain saja. Dengan membeli domain saja tentunya harganya lebih murah ketimbang membeli paket hosting. Akan tetapi jika kamu hanya membeli domain saja, nantinya kamu tetap membutuhkan hosting juga. Saya sarankan untuk sekalian membeli paket hosting murah saja.

Jika kamu memilih menggunakan paket hosting, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Diantaranya adalah Menu Kategori, Paket, Periode Billing dan Lokasi Server.

Pada menu Kategori,  terdapat 4 opsi, yakni Personal (100 MB), Professional (500 MB, 1 GB dan 2 GB), Enterprise (3 GB), Hosting Unlimited dan Tidak Menggunakan Hosting. Kamu bisa memilih salah satunya. Jika kamu memilih kategori Professional dengan pakat 500 MB maka kamu bisa mendapatkan GRATIS DOMAIN

Pada Periode Billing kamu bisa memilih 6 Bulan, 3 Bulan, 1 Bulan dan 12 Bulan, untuk 12 Bulan maka sudah bisa mendapatkan bonus GRATIS DOMAIN setahun. Pada contoh ini kita pilih yang Gratis Domain.

Pada Lokasi Server bisa memilih US, SG atau IIX (Hosting Indonesia). Selanjutnya pada Daily Backup bisa memilih menu Tidak Perlu.

  • Setelah itu pada Rekomendasi Layanan biarkan saja default seperti gambar di bawah ini:

rekomendasi layanan

  • Selanjutnya memilih metode pembayaran pada Informasi Akun dan Billing, ada dua metode yakni pembayaran secara instan dan transfer bank. Kalau saya sendiri menggunakan transfer bank BRI.

informasi akun dan billing

  • Jika sudah, lanjut ke bagian Keranjang Belanja jangan lupa untuk mencentang checkbox kemudian lanjut dengan mengklik menu Checkout.

keranjang belanja

Setelah itu akan muncul instruksi pembayaran yang harus dibayar, jika kamu sudah selesai melakukan tranfers bisa langsung melakukan konfirmasi pembayarannya, atau jika kamu kesulitan bisa langsung menghubungi admin Rumah Web.

Cara Instalasi Website di Cpanel Rumah Web

Nah jika step diatas sudah kamu lakukan, maka kamu perlu melakukan langkah selanjutnya, yakni agar website kamu bisa diakses, maka kamu perlu melakukan instalasi, pada step ini kita akan melakukan proses instalasi melalui Cpanel.

  • Video Cara Instal WordPress

 

  • Tutorial Instal WordPress di Cpanel Rumah Web

  • Untuk melakukan instalasi wordpress di Cpanel Rumah Web, hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah login terlebih dahulu pada client area https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php?  kemudian pilih menu Services dan pilih layanan hosting yang sudah aktiv, seperti pada gambar di bawah ini.

memilih menu servis, layanan domain

  • Setelah itu pilih menu Login to Cpanel

login to cpanel

  • Setelah masuk Cpanel, scroll mouse ke bawah dan pilih WordPress

masuk cpanel, milih wordpress

  • Setelah masuk di WordPress Intalasi, silahkan langsung pilih menu Install Now

instalasi wordpress di cpanel 1

  • Dalam memulai proses instalasi wordpress ada beberapa step yang perlu di lakukan, pada tahapan Softaware Setup (1). Pilih versi wordpress yang ingin di install, misal pada contoh ini saya menggunakan wordpress versi 5.2.2 (2). Pilih Https:// karena lebih aman (3). Pilih domain yang ingin di install wordpress (4). Pada kolom ini, di kosongin aja (hapus teks wp) yang secara default ada di situ.

instalasi wordpress di cpanel 2

  • Kemudian pada bagian Site Setiing masukkan nama website kamu, disini karena yang saya jadikan contoh adalah website jualan busana wanita, jadi saya memberinya nama Akhwat Syari, kemudian berikan deskripsi juga. Pada bagian Enable Multisite bisa sobat kosongi saja nggak usah di centang.

instalasi wordpress di cpanel 3

  • Lanjut ke langkah berikutnya pada bagian Admin Account isikan Admin Username dengan username sesuai keinginan sobat. Jangan lupa isikan password nya juga. Kemudian pada nomer 3 bisa dibiarkan default atau bisa diganti dengan alamat email yang sudah ada.
  • Pada bagian Choose Language bisa di biarkan default atau diganti menjadi bahasa Indonesia.
  • Pada bagian Select Plugin, Advanced Option & Select Theme bisa di biarkan default saja.

instalasi wordpress di cpanel 4

  • Jika semua diatas sudah di isi semua, bisa langsung klik menu Install dan pada bagian email instalation bisa di kosongin saja.

instalasi wordpress di cpanel 5

  • Melakukan proses instalasi, tunggulah beberapa detik sampai proses intalasi selesai, jika sudah selesai, maka kamu bisa langsung masuk pada admin wordpress website kamu.

proses instalasi

  • Selamat, proses instalasi sudah selesai, langkah selanjutnya kamu tinggal mengedit tampilan website kamu sesuai dengan keingian kamu.

manfaat domain untuk bisnis, domain adalah, proses instalasi selesai

  • Berikut ini adalah contoh tampilan website akhwat syari saya setelah pertama kali di Install dan setelah saya edit tampilannya.

Sebelum

manfaat domain untuk bisnis, domain adalah, akhwat syari sebelum

Sesudah

manfaat domain untuk bisnis, manfaat domain, Akhwat Syari

Nah itulah tata cara instalasi website wordpress melalui Cpanel di Hosting Rumah Web. Semoga bermanfaat artikel tentang “manfaat domain untuk bisnis” dilengkapi dengan cara instalasinya. Jika mungkin kamu kebingungan bisa langsung komentar pada kolom dibawah ini.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: