√ 23+ Macam Warna Hijau (Psikologi, Filosofi dan Makna Warna Hijau)
sumber : https://id.pinterest.com/pin/246220304612441713/

√ 23+ Macam Warna Hijau (Psikologi, Filosofi dan Makna Warna Hijau)

Macam Macam Warna Hijau – Warna sendiri sebenarnya sangat beragam. Begitupula dengan warna hijau, perpaduan dari warna hijau dengan warna lain yang ada akan menghasilkan lebih banyak lagi aneka macam warna lainnya yang indah.

Warna adalah suatu unsur yang ada didunia ini. Kita dapat melihat segala jenis benda pasti mempunyai warna yang berbeda. Ada banyak sekali macam macam warna yang ada, mulai dari warna merah, hitam, biru, putih, cokelat, ungu dan juga hijau.

Tiap warna yang ada kesemuanya memiliki arti dan maknanya masing-masing, selain itu juga warna biasanya dijadikan sebagai simbol atau suatu lambang. Misalnya warna ungu yang biasanya dianggap sebagai warna janda.

Selain itu warna juga merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam suatu kesenian. Pemilihan dan juga penggunaan warna juga sangat penting dalam sebuah seni, termasuk dalam mengkombinasikan warna tertentu untuk menghasilkan warna lainnya.

Beberapa warna yang sering sekali menjadi warna favorit adalah warna merah biru dan juga warna hijau yang sedang kita bahas ini.

Tabel Macam Macam Warna Hijau

WarnaNamaKode RGB
Green Yellow#ADFF2F
Chartreuse#7FFF00
Lawn Green#7CFC00
Lime#00FF00
Lime Green#32CD32
Pale Green#98FB98
Light Green#90EE90
Medium Spring Green#00FA9A
Spring Green#00FF7F
Medium Sea Green#3CB371
Sea Green#2E8B57
Forest Green#228B22
Green#008000
Dark Green#006400
Yellow Green#9ACD32
Olive Drab#6B8E23
Olive#808000
Dark Olive Green#556B2F
Medium Aquamarine#66CDAA
Dark Sea Green#8FBC8F
Light Sea Green#20B2AA
Dark Cyan#008B8B
Teal#008080

 

Macam Macam Warna Hijau dan Penjelasannya

warna hijau dan penjelasannya
sumber : https://id.pinterest.com/pin/234327986831693820/

Warna Hijau (Green)

Warna hijau ini terbentuk dari penggabungan antara warna biru dengan warna kuning. Sehingga menghasilkan warna hijau. Dalam menciptakan warna hijau yang pas tidaklah mudah untuk dilakukan.

Hal ini dikarenakan oleh, selain harus memastikan kesamaan perbandingannya, kita juga harus dapat mempertimbangkan tingkat warna biru dan kuning yang akan dicampurkan untuk menghasilkan warna hijau yang pas.

Hijau Kebiruan (Aquamarine)

Jenis warna hijau ini identik dengan warna hijau kebiruan. Tidak heran apabila orang Indonesia sering menyebut warna ini sebagai warna hijau kebiruan.

Hijau Pudar (Celadon)

Warna hijau pudar terbentuk dari perpaduan warna hijau dan warna putih. Sehingga perpaduan tersebut menghasilkan warna yang pudar. Dalam istilah asing, warna hijau pudar biasanya sering disebut dengan istilah celadon.

Hijau Muda Kekuningan (Chartreuse)

Warna hijau ini terbentuk dari perpaduan antara warna biru dan warna kuning dengan warna hijau. Karena warna kuning cenderung lebih banyak, maka warna ini sering disebut dengan warna hijau kekuningan.

Hijau Zamrud (Emerald)

Biasanya warna hijau zamrud ini dapat kita temui pada bebatuan mulia khas yang ada dipadang pasir. Warna hijau zamrud ini terbentuk karena dihasilkan dari perpaduan antara warna hijau dengan sedikit warna hitam sehingga warna hijau zamrud berkesan gelap.

Hijau Hutan (Forest Green)

Merupakan jenis warna hijau yang memiliki warna sedikit gelap. Warna hijau ini dihasilkan dari perpaduan antara warna hijau dan juga warna hitam. Dengan kapasitas warna hitam yang lebih banyak, maka tingkat warna hitam pada jenis warna ini cenderung lebih gelap dibandingkan dengan hijau zamrud.

Hijau Lumut (Jade)

Warna hijau ini terbentuk dari perpaduan warna antara warna biru dan warna kuning dengan perbandingan warna biru yang cenderung lebih banyak.

Warna Hijau Rimba (Jungle Green)

Warna hijau ini merupakan warna yang sering sekali kita temukan di lingkungan sekitar kita. Warna hijau rimba ini berbeda dengan warna hijau hutan. Warna hijau rumba cenderung memiliki warna yang lebih gelap.

Warna Hijau Limau (Lime)

Jenis warna ini dapat kita jumpai pada buah jeruk limau yang masih mentah. Warna hijau limau cenderung memiliki warna yang lebih cerah, hal ini dikarenakan warna kuning cenderung lebih banyak jika dibandingkan warna biru dalam perpaduan warnanya.

Warna Kuning Kehijauan Pucat (Mustard)

Warna ini cenderung memiliki gradasi warna kuning yang lebih banyak. Biasanya kita akan cenderung menyebutnya dengan warna kuning kehijauan. Namun tidak ada salahnya jika warna ini kita masukkan kedalam kategori macam macam warna hijau.

Psikologi, Filosofi dan Makna Warna Hijau

macam macam warna hijau
sumber : https://id.pinterest.com/pin/246220304612441713/

 

Apabila kita berbicara mengenai warna hijau, maka akan banyak sekali hal yang dapat kita bahas dari warna ini. Warna hijau merupakan warna yang dapat menyejukkan dan juga mempunyai keistimewaan tersendiri.

Misalnya warna hijau pada daun yang dapat memberikan rasa sejuk ketika melihatnya. Hal ini merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh warna hijau.

Warna hijau merupakan warna sekunder yang tersusun dari perpaduan antara warna kuning dan warna biru dan juga magenta sebagai perpaduan warna pelengkapnya.

Psikologi Warna Hijau

Jika dilihat dari sisi psikologinya, warna hijau merupakan sebuah warna yang menggambarkan diri seseorang dengan adanya suatu keinginan yang sangat kuat, ketabahan dalam menjalani persoalan kehidupannya dan mempunyai kepribadian yang keras, serta warna hijau melambangkan keberkuasaan.

Salah satu ahli psikologi yang berasal dari negera Belanda mengatakan bahwasanya warna hijau mempunyai suatu pengaruh yang besar bagi manusia. Yakni meliputi kejiwaan, semangat dan juga vitalitas, kebahagiaan, dan kenyamanan diri.

Sehingga pada akhirnya berpengaruh terhadap bagaimana seorang menyikapi suatu kehidupan.

Sedangkan menurut pakar psikologi, warna hijau merupakan warna yang dapat membangkitkan kebahagiaan, rasa gembira dan juga gairah hidup.

Karena itulah corak hijau biasanya sering dipakai dan diaplikasikan pada kamar rumah sakit, ruangan operasi hingga pakaian bagi para ahli bedah pun menggunakan warna yang satu ini.

Warna hijau merupakan warna yang dapat memberikan sifat yang menyegarkan, serta dapat membangkitkan energi dari dalam diri, memberikan aura rasa ketenangan, menyeimbangkan emosi dan dapat meningkatkan rasa bangga terhadap diri pribadi.

Warna hijau juga dapat memanjakan mata untuk meredam rasa stress pada diri seseorang, serta warna hijau ini juga dapat memberikan rasa aman dan merasa terlindungi.

Orang yang suka dengan corak warna hijau ini, biasanya merupakan tipe orang yang mempunyai sifat yang romantis, mencintai suatu keindahan dan menyukai suasana alam.

Namun dalam keaddan tertentu orang yang menyukai warna hijau bisa berubah menjadi seorang yang memiliki watak yang keras, yang terkadang dapat muncul kata-kata kasar dari dirinya.

Tetapi jangan terlalu menganggap orang yang suka dengan warna hijau adalah orang yang jahat loh ya. Dalam hal percintaan orang yang suka akan warna hijau sangat mendambakan hidup dengan pasangannya yang bisa menjaga kata-katanya serta penuh dengan sikap toleransi.

Orang yang suka dengan warna hijau, adalah orang yang pencemburu sehingga wajar apabila kebanyakan dari orang ini sangat hati-hati dalam memilih pasangan untuk menjadi pendamping hidupnya.

Filosofi Warna Hijau

Apabila dilihat dari sisi filosofisnya, warna hijau banyak digambarkan sebagai lambang ketabahan dalam menjalani suatu ujian hidup, penderitaan, keinginan yang sangat kuat dan juga warna hijau juga menggambarkan suatu kekerasan hati.

Secara ilmiah, warna hijau adalah warna yang menjadi simbol kesuburan dan juga simbol suatu harmoni dalam kehidupan.

Makna Warna Hijau

Warna hijau mempunyai banyak sekali makna dan arti, misalnya sebagai simbol alam, sebagai warna yang melambangkan kesejukan, dan juga sebagai simbol kesehatan.

Makna dan Arti Warna Hijau dalam Islam

Didalam agama Islam, warna hijau mempunyai makna yakni kesucian. Warna hijau banyak disebutkan didalam Al Qur’an. Salah satunya adalah menceritakan suatu gambaran mengenai penghuni surga kelak akan diberikan kenikmatan, kesenangan dan juga ketenangan jiwa, seperti halnya yang telah disebutkan dalam surat Ar-Rahman dan QS Al-Kahfi 31.

Makna dan Arti Warna Hijau dalam Ilmu Kesehatan

Hijau merupaka corak warna yang dapat memberikan rasa tenang dan santay. Tentunya warna ini sangat cocok untuk dipandang oleh orang yang sedang mengaalami stress dan tegang, pun bagi orang yang sedang mengalami keadaan tidak stabil emosinya yang hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan dirinya.

Macam Macam Contoh Gambar Benda yang Memiliki Warna Hijau

Berikut ini adalah contoh macam macam warna hijau yang sering kita jumpai, baik pada suatu bangunan seperti pada cat tembok.

Atau pada kain dan juga pada style fashion yang lagi ngetrend saat ini, misalnya pada style warna hijau pada fashion hijab.

Warna Hijau pada Cat Tembok

tembok warna hijau
sumber : https://id.pinterest.com/pin/135248795043008148/
tembok kamar berwarna hijau
sumber : https://id.pinterest.com/pin/381257924680789136/
gambar tembok cat warna hijau
sumber : https://id.pinterest.com/pin/320318592222553494/

 

Warna Hijau pada Kain

kain motif warna hijau
sumber : https://id.pinterest.com/pin/242068548694904693/
kain warna hijau shiffon
sumber : id.aliexpress.com

 

Warna Hijau pada Jilbab

hijab warna hijau
sumber : hijabina.com
jilbab
sumber : http://hijabfaza.com
gambar hijab
sumber : dream.co.id

 

Warna hijau memang sangat cocok untuk diaplikasikan pada aneka benda, misalnya seperti pada cat tembok, pada kain, dan juga pada fashion hijab. Walaupun fashion hijab sendiri saat ini juga banyak yang menggunakan warna pink.

Selain warna hijau yang ada pada kain ataupun pada model jilbab, warna hijau juga sering digunakan pada benda-benda lainnya.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: