√ 15+ Macam Macam Serat Tumbuhan (Pengertian, Jenis-Jenis & Contoh)

√ 15+ Macam Macam Serat Tumbuhan (Pengertian, Jenis-Jenis & Contoh)

Macam Macam Serat Tumbuhan – Serat dalam Bahasa Inggris berarti fiber, merupakan semacam bahan yang menyerupai potongan-potongan komponen yang membentuk suatu jaringan yang memanjang dan utuh. Contoh serat yang mudah kita jumpai adalah serat yang ada pada kain.

Dalam ilmu biologi material serat ini begitu penting. Serat banyak sekali dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai hal, mulai dari membuat tali, membuat kain, maupun untuk membuat kertas.

Serat sendiri digolongkan menjadi dua jenis yakni serat alami dan serat sintetis atau juga bisa disebut dengan serat yang dibuat oleh manusia. Serat sintetis sendiri memiliki kelebihan yakni bisa diproduksi dalam jumlah yang besar akan tetapi dengan dana yang murah. Meskipun begitu, serat alami tetaplah jenis serta yang memiliki kelebihan lebih nyaman dipakai dibandingkan serat sintetis buatan manusia.

Jenis-Jenis Serat Alami

Serat alami merupakan jenis serat yang dihasilkan dari produksi tumbuh-tumbuhan, hewan dan juga dapat dihasilkan dari proses geologis. Jenis serat alami dalam jangka waktu tertentu akan mengalami pelapukan. Pada umumnya serat alami dapat digolongkan dalam beberapa jenis, berikut diantaranya:

  • Serat tumbuhan atau serat pangan. Adalah serat alami tumbuhan yang tersusun dari selulosa, hemiselulosa. Selain itu serat tumbuhan ini terkadang juga memiliki kandungan lignin. Beberapa contoh bahan yang di hasilkan dari serat alami tumbuhan ini adalah kain katun dan kain rami. Biasanya serat alami tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kertas, dan bahan tekstil, selain itu serat tumbuhan ini juga memiliki peran yang penting bagi nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia.
  • Serat kayu, merupakan jenis serat yang dihasilkan dari batang tumbuhan berkayu.
  • Serat Hewan, ialah jenis serat yang pada umumnya terdiri atas protein tertentu. Contoh serat yang dihasilkan dari hewan dan banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah serat ulat sutra dan juga serat dari bulu domba (wol).
  • Serat mineral, adalah jenis serat yang pada umumnya terbuat dari asbestos. Serat jenis ini merupakan satu-satunya serat mineral yang secara alami terdapat dalam bentuk serat panjang.

15 Contoh Serat Alami dari Tumbuhan

Serat Kapas atau Kapuk

Kapuk merupakan serat yang dihasilkan dari biji tanaman kapas. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya kapuk mempunyai suatu fungsi yang memiliki manfaat untuk keberlangsungan kehidupan manusia pada saat ini.

Misalnya bantal yang kita pakai untuk alas kepala saat sedang tidur, didalamnya mengandung serat kapuk atau kapas yang membuat bantal tersebut menjadi empuk. Bukan hanya itu, serat kapas ini juga banyak digunakan untuk pembuatan bahan dasar pembuatan kain lainnya.

Serat Indigo

Adalah jenis serat alami tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pewarna alami berwarna ungu.

Serat Getah Karet

Serat yang dihasilkan dari getah karet pada umumnya banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan sandang yang bahannya terbuat dari karet. Misalnya bahan yang paling banyak digunakan dari serat ini ialah untuk pembuatan sepatu kulit boot ataupun untuk pembuatan benda-benda yang berbahan karet lainnya.

Serat Flax

Serat flax merupakan jenis serat yang pemanfaatannya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kain linen.

Serat Rayon

Merupakan bahan sintesis yang terbuat dari serat kayu.

Serat Pina (Serat Daun Nanas)

Serat pina adalah jenis serat yang terbuat dari daun nanas yang banyak dipakai untuk bahan pembuatan baju tradisional Filipina yang memiliki sebutan yakni Barong Tagalog.

Serat Azlon

Serat azlon merupakan jenis serat yang dihasilkan dari serat kacang kedelai.

Serat Hemp

Serat hemp ialah serat yang dihasilkan dari tanaman ganja. Serat jenis ini bisanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan bahan pakaian.

Serat Kelapa

Serat yang berasal dari tumbuhan kelapa adalah jenis serat yang memiliki banyak sekali manfaat. Misalnya adalah keset yang dihasilkan dari serat sabuk, karung goni, tali tambang, bahan aksesoris lainnya seperti tas dan juga dompet.

Serat Batok Kelapa

Merupakan jenis serat yang banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan alat-alat dapur, misalnya centong dan lain-lainnya.

Serat dari Tumbuhan Eceng Gondok

Adalah jenis serat alami tumbuhan yang mempunyai manfaat sebagai bahan baku pembuatan tas anyaman maupun jenis kerajinan seni tekstil yang lainnya.

Serat dari Tumbuhan Pandan

Daun pandan selain memiliki manfaat sebagai bahan tambahan dalam menu masakan. Ternyata serat daun pandan juga memiliki manfaat sebagai bahan baku untuk pembuatan anyaman seperti tas dan tikar atau lainnya.

Serat dari Tumbuhan Bambu

Contoh serat yang dihasilkan dari tanaman bambu ialah keranjang buah, dinding rumah, alat-alat musik dan banyak lagi yang lainnya.

Serat dari Tumbuhan Mendong

Serat pada daun mendong banyak dimanfaatkan dalam bahan pembuatan tikar, tas anyaman, dan berbagai kerajinan yang lainnya.

Serat dari Tumbuhan Jati

Yang terakhir adalah serat yang dihasilkan dari tumbuhan jati, biasanya serat dari pohon jati banyak digunakan dalam bangunan rumah yang kokoh.

Penutupan

Nah mungkin itulah pembahasan singkat mengenai Macam Macam Serat Tumbuhan yang dapat saya bagikan untuk sobat semua. Jangan lewatkan juga artikel lainnya mengenai tumbuhan dan tanaman yang ada di blog Vazame ini ya..Semoga bermanfaat.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: