Lembaga Pendidikan

Apa sih yang di maksud dengan lembaga pendidikan? Lembaga pendidikan memiliki pengertian yaitu suatu institusi tempat pendidikan atau tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, misalnya pendidikan didalam keluarga, sekolah dan juga pada masyarakat.

Lembaga pendidikan juga dapat kita definisikan sebagai sebuah organisasi yang dibentuk dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan juga budaya kepada setiap individu agar menjadi individu yang lebih baik dan mampu tumbuh dewasa serta bisa mendapatakan kehidupan yang lebih layak untuk masa depannya.

Lalu, apa tujuan dari lembaga pendidikan? Tujuan utama dari sebuah lembaga pendidikan ialah untuk menjadikan tingkah laku para peserta didiknya agar menjadi lebih baik dengan melalui interaksi pada lingkungan di sekitarnya. Sehingga adanya lembaga pendidikan ini begitu membantu masyarakat dikarenakan mampu meningkatkan kualitas seseorang didalam kehidupannya.

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Lembaga Pendidikan
www.republika.co.id

Supaya menambah wawasan yang lebih luas mengenai pengertian lembaga pendidikan, maka kita dapat membaca beberapa pendapat para ahli berikut ini:

  1. Menurut Prof. Dr. Umar Tirtarahardja & Drs. La Sula

Prof. Dr. Umar Tirtarardja dan Drs. La Sula memiliki pendapat bahwasanya, lembaga pendidikan ialah suatu tempat berlangsungnya pendidikan, yang dikhususkan pada tiga lingkungan utama pendidikan, yakni pendidikan keluarga, disekoah serta di masyarakat.

  1. Menurut Enung K. Rukiyati & Fenti Himawati

Enung K. Rukiyati dan Fenti Himawati memiliki pendapat yakni, pengertian lembaga pendidikan merupakan sebuah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang bersamaan dengan proses pembudayaan.

  1. Menurut Drs. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati

Drs. H. Abu Ahmadi dan juga Dra. Nur Uhbiyati memiliki pendapat lain mengenai pendidikan yakni, pengertian lembaga pendidikan merupakann suatu  badan usaha yang bergerak & memiliki tanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap peserta didik.

  1. Menurut Hasbullah

Dan yang terakhir yakni menurut Hasbullah yang memiliki pendapat bahwa pengertian lembaga pendidikan merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan yang  meliputi pendidikan keluarga, sekolah dan juga masyarakat.

Peran Lembaga Pendidikan Beserta Fungsinya

Peran Lembaga Pendidikan
kumparan.com

Apa fungsi dan peran lembaga pendidikan? Peran lembaga pendidikan disini memiliki peran serta fungsi yang sangat berfungsi bagi masyarakat di suatu negara.

Selain memberikan suatu pendidikan baik itu yang meliputi pembelajaran membaca, menulis hingga berhitung, disini lembaga pendidikan juga mengajarkan peserta didiknya mengenai pentingnya kemandirian, kemampuan untuk terus berprestasi serta mengembangkan dan upgrade diri dan meningkatkan spesifikasi.

Nah berikut ini merupakan fungsi dari lembaga pendidikan:

  1. Sebagai Tempat Untuk Belajar Bersosialisasi

Adanya sebuah lembaga pendidikan memberikan peran yang besar didalam proses sosialisasi peserta didik dengan lingkungan yang ada di masyarakat.

Fungsi sosialisasi ini dilakukan dengan melalui berbagai macam progam dan kurikulum pendidikan, sehingga transmisi dari nilai-nilai budaya bisa menjadi selaras dengan pendidikan lainnya.

  1. Memiliki Fungsi Sebagai Pengendalian Sosial

Selain itu lembaga ini juga memiliki peran penting dalam melakukan kontrol sosial dengan cara menamamkan nilai-nilai dan norma, serta loyalitas tatanan tradisional kepada para peserta didik.

Dengan adanya fungsi kontrol sosial ini, diharapkan para peserta didik dapat memiliki karakter yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan tatanan masyarakat yang harmonis.

  1. Sebagai Pintu Pelestarian Budaya

Budaya Indonesia yang sangat beragam memang sudah sepatutnya untuk dijaga serta dilestatikan. Dengan begitu, dengan adanya lembaga pendidikan ini diharapkan dapat menjadi peranan penting untuk mengenalkan dan mengajarkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada para peserta didiknya.

  1. Sebagai Tempat Untuk Melatih dan Mengembangkan Manusia

Selain itu lembaga ini juga memiliki fungsi sebagai peranan penting didalam seleksi, pelatihan dan juga untuk mengembangkan individu yang memiliki kualitas bagi dunia kerja dan untuk dunia bisnis.

Misalnya ketika peserta didik memasuki proses masuk didalam suatu perguruan tinggi, yang mengharuskan orang yang dapat masuk harus mengikuti ujian dan juga pelatihan. Para peserta didik yang lulus dengan proses seleksi tersebut akan menerima pendidikan dan akan dilatih dan di gembleng supaya menjadi individu yang memiliki kualitas unggulan.

  1. Sebagai Tempat Perubahan Sosial

Adanya lembaga ini dengan segala kegiatan yang dilakukannya dapat mempengaruhi kehidupan sosial secara umum. Hal tersebut terjadi akibat nilai-nilai, keyakinan, norma serta pola pikir yang sudah ditanamakan kepada peserta didikanya.

Sehingga dapat membentuk kepribadianya yang dapat mempengaruhi tingkah lakunya didalam lingkungan masyarakat.

Melalui sebuah pendidikan, maka seseorang akan memiliki kemampuan dalam berfikir secara kritis, mandiri, serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi sebuah tantangan. Dengan begitu diharapkan para peserta didik mampu menjadi generasi perubahan di dalam masyarakat.

Tugas Serta Tujuan Lembaga Pendidikan

Apa tujuan dari lembaga pendidikan?
duta.co

Pada awal mulanya adanya lembaga pendidikan ini memiliki maksud dan tujuan untuk membentuk dan juga mengembangkan potensi para peserta didiknya agar mampu menjadi individu yang mandiri, berilmu, kreatif, memiliki akhlak yang mulia dan juga dapat bertanggung jawab.

Agar tujuan tersebut dapat terwujudkan, maka lembaga ini memiiki beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan, berikut adalah tugasnya:

  1. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar kepada seluruh peserta didik, baik kegiatan tersebut dilakukan disekolah, didalam lingkungan keluarga ataupun dilungkungan masyarakat umum.
  2. Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang masih berlaku dan dapat diterapkan.
  3. Memberikan bimbingan konseling kepada seluruh peserta didiknya.
  4. Serta melakukan pembinaan kerjasama dengan baik antara pihak sekolah dengan orang tua dan juga masyarakat setempat.

Jenis Jenis Beserta Contoh Lembaga Pendidikan

Ciri Ciri Lembaga Pendidikan
lampost.co

Pada umumnya lembaga pendidikan ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni pendidikan formal, non formal serta pendidikan informal.

Nah untuk mengetahui lebih dalam berikut ini adalah masing-masing penjelasan dari macam pendidikan yang ada:

  1. Lembaga Pendidikan Formal

Lembaga formal merupakan jenis lembaga yang memberikan pendidikan secara terstruktur dengan baik serta berjenjang kepada para peserta didiknya.

Pada pelaksanaannya, lembaga formal ini memberikan syarat-syarat khusus kepada para peserta didiknya sesuai dengan ketetapan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Apa saja contoh lembaga pendidikan formal? Salah satu contoh dari lembaga pendidikan adalah lembaga pendidikan sekolah, berikut diantaranya:

  • Taman Kanak-Kanak / TK
  • Madrasah Ibtida’iyah / MI
  • Sekolah Dasar / SD
  • Madrasah Tsanawiyah / MTS
  • Sekolah Menengah Pertama / SMP
  • Sekolah Menengah Atas (Sederajat)
  • Perguruan Tinggi / PT

Ciri-ciri pendidikan formal:

  • Pendidikan formal biasanya berlangsung didalam sebuah ruangan kelas yang dibuat oleh lembaga pendidikan itu sendiri.
  • Adanya Guru yang menjadi pembimbing yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
  • Memiliki administrasi serta manajemen yang jelas.
  • Terdapat batasan usia sesuai dengan jenjang pendidikannya.
  • Memiliki kurikulum yang formal.
  • Memiliki perencanaan, metode, media dan juga evaluasi dalam suatu pembelajaran.
  • Memiliki jangka waktu lamanya studi pembelajaran.
  • Murid atau peserta didik yang sudah selesai mengikuti proses pendidikan (lulus) akan mendapatkan ijazah.
  • Memiliki kesempatan untuk melanjutkan kepada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  1. Lembaga Pendidikan Non Formal

Lembaga non formal biasanya memberikan pendidikan kepada peserta didiknya yang berada diluar jam pendidikan formal. Hal ini memiliki tujuan supaya dapat mengganti ataupun menambah serta pelengkap dari pendidikan formal yang didapat.

Berikut ini adalah contoh dari pendidikan non formal:

  • Tempat kursus dan pelatihan, misalnya kursus bahasa Inggris, Arab ataupun Bahasa Indonesia.
  • Majelis taklim
  • Kelompok belajar yang dibentuk oleh siswa
  • Sanggar tempat belajar
  • Dan lain-lainnya

Ciri-ciri pendidikan non formal:

  • Biasanya pendidikan nonformal berlangsung didalam lingkungan masyarakat.
  • Seperti halnya pendidikan formal, didalam pendidikan non fomral juga diperlukan adanya seorang Guru sebagai pembimbingnya.
  • Tidak memiliki batasan usia.
  • Materi pelajaran yang disampaikan sangat praktis dan disesuaikan dengan kebutuhan pragmatis.
  • Waktu yang diperlukan untuk pembelajaran singkat namun padat dengan materi.
  • Memiliki manajemen yang terukur dan terarah.
  • Pembelajaran yang dilakukan memiliki tujuan agar dapat menjadi bekal untuk para peserta didiknya, yakni dengan keterampilan khusus yang diajarkan kepada peserta didik agar siap terjun didalam dunia kerja ataupun bisnis.
  1. Lembaga Pendidikan Informal

Sedangkan untuk lembaga pendidikan informal merupakan tempat pendidikan yang ada didalam suatu keluarga serta hal tersebut menjadi lingkungan utama dalam melakukan proses pengembangan karakter seseorang.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari pendidikan informal:

  • Pendidikan budi pekerti
  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan etika
  • Pendidikan pembentukan moral
  • Pendidikan menjadi pribadi yang sopan dan santun

Ciri-ciri pendidikan informal:

  • Pendidikan informal biasanya berlangsung terus menerus tanpa adanya batasan waktu dan tempat.
  • Orang tua merupakan salah satu pengajar yang menjadi pengganti seorang Guru.
  • Biasanya pendidikan informal tidak memiliki adanya manajemen yang jelas.

Nah itulah itulah pembahasan mengenai lembaga pendidikan meliputi pengertiannya, fungsi, macam-macamnya serta ciri-ciri lembaga pendidikan itu sendiri.

Semoga artikel dapat bermanfaat, Jangan lupa baca juga artikel bermanfaat lainnya, hanya di Vazame.com, Terima Kasih 🙂

Leave a Comment