Kain Balotelli : (Pengertian, Karakteristik, Keunggulan & Kekurangannya)

Kain Balotelli : (Pengertian, Karakteristik, Keunggulan & Kekurangannya)

Bahan Balotelli merupakan salah satu dari jenis jenis kain yang banyak dimanfaatkan dalam pembuatan baju gamis dan busana muslimah.

Mengapa para produsen baju gamis atau busana memilih jenis kain ini sebagai bahan utama pembuatannya adalah karena bahan balotelli memiliki beberapa kelebihan. Walaupun beberapa diantaranya juga banyak yang memanfaatkan kain wolfis.

Nah untuk menjawab itu semua, yuk kita pahami terlebih dahulu, apasih yang dimaksud dengan bahan balotelli itu?, dan mengapa memilih balotelli sebagai komposisi baju gamis? apakah perbedaannya dengan kain wolfis yang juga memiliki kualitas yang bagus?

Mari kita sama-sama memahaminya ya ๐Ÿ™‚

Pengertian Kain Balotelli

Kain balotelli merupakan jenis kain yang memiliki ciri khas yakni mempunyai tekstur yang berbentuk menyerupai kotak kecil yang membentuk sebuah garis. Jika Anda memperhatikan pola pada garis yang ada tersebut dari kejauhan, maka akan tampak berbentuk seperti kotak kembali. Selain itu bentuk kotak yang ada pada kain tersebut juga tersusun secara rapi dan juga teratur.

Apabila dilihat dari jenis bahan pembuatannya, bahan balotelli merupakan jenis bahan tekstil yang dikategorikan dalam jenis kain katun. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan diantara kain katun dan balotelli sehingga banyak yang hanya menyebutnya kain balotelli tanpa menambah istilah katun didalamnya.

Karakteristik Kain Balotelli

Kain balotelli hingga kini telah menjadi salah satu jenis bahan pakaian yang begitu populer dikalangan orang. Terutama para kaum muslimah yang lebih banyak memilih jenis pakaian atau gamis yang berasal dari bahan balotelli.

Salah satu ciri-ciri dari bahan balotelli ialah bahannya yang tidak dapat didapati pada jenis kain lainnya, hal ini karena memang jenis bahan ini sangat istimewa, keunggulan dan kelebihan yang melekat pada kain ini membuatnya banyak dicintai oleh banyak kalangan orang.

Beberapa hal yang membedakan bahan balotelli dengan bahan jenis lainnya adalah jika kain ini diterawang maka akan terlihat memiliki tekstur garis pada bagian seratnya.

Jadi jika Anda ingin mengetahui dan memastikan kain yang Anda pilih adalah benar kain balotelli  atau kain jenis lainnya, maka Anda perlu meraba dan merasakan tekstur pada kainnya. Bahan balotelli jika diraba maka akan terasa sedikit kasar hal ini dikarenakan garis-garis yang terdapat pada teksturnya.

Selain beberapa hal tersebut, yang membuat jenis kain ini banyak digemari oleh banyak orang adalah karena kainnya tidak menerawang, sehingga semakin membuat wanita muslimah yang menyukai baju gamis yang terbuat dari jenis kain ini. Jenis kain ini juga tidak melekat pada tubuh pemakainya dan tidak menampilkan bentuk lekuk tubuhnya.

Sehingga membuat bahan balotelli ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama untuk pembuatan baju gamis, atau busana muslimah syari lainnya.

Bahan balotelli juga memiliki jenis warna yang beraneka ragam. Mulai dari yang berwarna polos, warna cerah dan juga adapula yang memiliki corak warna bermotif layaknya batik. Nah oleh karena itupula bahan balotelli ini banyak dianggap sebagai jenis kain untuk bahan pakaian terbaik.

Selain beberapa ciri khas atau karakteristik tersebut, kain balotelli juga memiliki banyak keunggulan, penasaran kan apa saja keunggulan dari bahan balotelli ini? Mari lanjutkan membaca sampai habis ya J

Keunggulan Bahan Balotelli

Selain karakteristik yang dimiliki oleh jenis kain ini yang sudah disebutkan sebelumnya diatas, membuat jenis kain ini banyak disukai oleh banyak orang. Karakter yang dimilikinya sangat cocok untuk dijadikan pakain gamis, jilbab, celana, jubah atau jenis  pakaian muslimah syari yang lainnya.

Nah berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jenis kain balotelli ini:

  • Memiliki Serat Kain yang Lebih Rapat

Jenis serat kain pada bahan balotelli memiliki serat yang lebih padat dan rapat, dengan begitu ketika Anda mengenakan baju atau gamis yang berbahan balotelli, maka tidak akan menerawang. Walaupun demikian, bahan balotelli memiliki bahan yang jatuh ke bawah saat dipakai sehingga mampu memberikan daya tarik yang anggun bagi yang memakai.

  • Sifat Kainnya Tidak Menerawang

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwasanya jenis bahan ini memilki kain yang tebal, sehingga bahannya tidak menerawang, jadi Anda para wanita muslimah tidak usah khawatir mengenakan gamis dari bahan balotelli, karena bahan dari kain ini sangat baik dan recomended bagi Anda wanita muslimah yang memang harus mengenakan pakaian yang tertutup dan tidak menerawang.

  • Memiliki Bahan Kain yang Tebal Namun Tetap Ringan Ketika di Kenakan

Jenis seratnya yang padat, membuat bahan balotelli ini memiliki tekstur yang tebal, walaupun begitu, dengan ketebalan yang dimiliki oleh kain ini tidak membuat kain ini terasa berat saat Anda kenakan. Berbeda dengan kebanyakan kain jenis lainnya, yang memiliki ketebalan yang tinggi, namun disamping itu juga memiliki sifat kain yang berat ketika sedang dikenakan.

  • Banyak Pilihan Macam Warna

Salah satu keunggulan lainnya yang ada pada jenis kain ini adalah, banyaknya variasi warna yang ada. Dengan begitu Anda dapat memilih jenis warna yang cocok untuk pakaian yang Anda sukai. Bahan balotelli sendiri memiliki aneka motif yang banyak disukai orang.

Dengan begitu banyaknya kelebihan dan keunggulan yang dimiliki kain ini, membuat kain balotelli ini makin banyak dicari dan menjadi salah satu jenis kain yang paling banyak disukai oleh produsen busana atau fashion yang sedang ngetrend.

  • Jenis Bahannya yang Tidak Mudah Kusut

Bahan yang dimiliki oleh kain ini juga tidak mudah kusut, meskipun Anda menggunakannya hingga seharian penuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas, kain yang Anda gunakan ini akan tetap terjaga kerapiannya dan tetap tertata dengan anggun.

  • Memiliki Harga yang Terjangkau

Nah, dengan banyak kelebihan yang dimilikinya, salah satu kelebihan yang menarik lagi dari kain ini adalah harganya yang murah. Dengan harga yang ditawarkan kepada konsumennya yang begitu terjangkau namun dengan kualitas unggulan membuat bahan balotelli banyak diminati oleh banyak orang, salah satunya adalah oleh produsen baju gamis.

Kita ketahui, saat ini model baju gamis, sudah mulai banyak bermunculan dimana-mana, membuat bahan balotelli ini semakin banyak dibutuhkan.

  • Nyaman dan Adem Saat di Kenakan

Kesan yang adem pada kain ini membuat Anda yang memakainya merasa nyaman dan sejuk. Apalagi untuk jenis kain yang memiliki tinggat grade yang paling tinggi. Dijamin Anda akan betah berlama-lama mengenakan baju berbahan balotelli ini.

Nah itu adalah kelebihan dan keunggulan yang ada pada bahan balotelli, namun dibalik keunggulan yang dimiliki oleh jenis kain ini. Anda juga perlu tahu sisi lainnya. Kain balotelli tentu sama dengan jenis kain lainnya, disisi lain memiliki kelebihan namun disatu sisi lainnya juga memiliki kekurangan.

Nah Anda pasti ingin tahu, apasih kekurangan yang dimiliki oleh jenis kain balotelli ini, untuk mengetahuinya, silahkan lanjut baca ya J

Kekurangan yang Ada Pada Kain Balotelli

Dengan banyaknya kelebihan yang dimilikinya, ternyata bahan balotelli ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang ada pada bahan kain ini ialah sifatnya yang sedikit kaku dan tidak jatuh di badan ketika dikenakan, seperti bahan kain wolfis, akan tetapi kekurang tersebut justru menjadi salah satu keuntungan bagi muslimah yang menggunakan baju gamis dari bahan balotelli ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kekurangan yang ada pada jenis bahan balotelli:

  • Bahannya Kaku

Dengan bahannya yang bersifat tebal dan seratnya yang tinggi, membuat kain jenis ini memiliki kekurangan yakni terasa kaku saat digunakan. Namun kekurangan yang dimilikinya masih wajar, karena terbukti bahwasanya banyak juga orang yang memilih baju yang menggunakan kain ini.

  • Panas

Macam macam grade yang dimiliki oleh kain ini tentunya setiap grade juga memiliki tingkat kualitas yang berbeda pula. Sehingga kualitas grade yang paling rendah pada kain tersebut, membuat tingkat kenyamanannya saat digunakan juga berbeda-beda. Jika Anda menggunakan bahan ini dengan memilih kualitas yang paling rendah, tentunya akan terasa begitu panas, saat Anda mengenakannya.

  • Memiliki Tekstur Kain yang Kasar

Dengan karakteristik motifnya yang berbentuk bergaris dan kotak-kotak, menjadi salah satu karakter bahwasanya jenis kain ini memiliki tekstur kain yang kasar. Jenis kain yang kasar tentu akan terasa kurang nyaman saat Anda kenakan.

Namun dengan beberapa kekurangan yang ada pada kain ini, tidak banyak berpengaruh pada orang yang menggunakannya, karena dibalik kekurangan yang ada pada jenis kain ini, kelebihan yang dimilikinya juga sangat banyak. Sehingga membuat kain ini tetap digemari oleh banyak orang yang menggunakannya.

  • Bahannya Tidak Jatuh

Sebenarnya jenis bahan balotelly merupakan jenis kain yang memiliki sifat jatuh pada tubuh yang menggunakannya. Akan tetapi sifat jatuhnya tidak sebaik bahan kain wolfis. Nah hal ini menjadi kelebihan lain karena bahan yang tidak jatuh pada jenis kain ini, membuatnya banyak digunakan untuk produksi baju, gaun atau pakaian wanita muslimah, seperti gamis, celana dan rok.

Jenis Jenis Bahan Balotelli

Selain variasi warnanya yang banyak, bahan balotelli juga memiliki beberapa jenis tingkatan, hal inilah yang membedakan mana kualitas yang bagus untuk jenis kain ini.

Lebih lengkapnya mengenai jenis bahan balotelli, berikut adalah pembahasan lengkapnya:

  • Balotelli Original

Bahan balotelli biasa atau original ini memiliki tingkat ketebalan kain yang baik, walaupun hampir semua jenis kain jenis ini memiliki tingkat ketebalan yang baik, bahkan sama. Hanya saja beberapa hal yang menjadi perbedaannya adalah bahan balotelli original ini memiliki sifat yang agak kaku, tidak jatuh di badan dan memiliki tekstur kain yang agak kasar.

  • Balotelli Grade A

Jenis grade A adalah jenis balotelli yang lebih baik jika kita bandingkan dengan balotelli original. Saat Anda menyentuhnya maka Anda akan mengetahui perbedaan kualitasnya. Balotelli grade A memiliki tekstur yang lebih halus saat diraba adan kainnya jatuh ketika Anda kenakan.

Kainnya juga lebih lemas tidak sekaku jenis balotelli original. Jika Anda ingin memiliki baju yang nyaman digunakan, sebaiknya pilihlah jenis balotelli grade A agar Anda tidak merasa kecewa setelah membelinya.

Mungkin jika dilihat oleh mata, sekilas yang original dengan grade A memiliki bentuk dan penampilan yang sama, akan tetapi Anda akan mengetahui perbedaannya ketika Anda telah mengenakannya.

  • Balotelli Ar Raihan Grade A+

Kualitas dari bahan ini berada diurutan teratas dari bahan balotelli yang lain. Namun keberadaan jenis kain ini masih jarang dijumpai. Mungkin karena harganya yang agak mahal membuatnya jarang dijumpai dipasaran.

Disebut dengan grade A+ karena jenis kain ini memiliki kualitas yang lebih baik dari jenis kain yang sebelumnya.

Perbedaan Bahan Balotelli dengan Bahan Wolfis

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang bingung, apasih perbedaan dari kedua jenis kain ini? Untuk mengetahuinya berikut ini adalah beberapa perbedaan yang ada pada keduanya:

Bahan balotelli adalah jenis kain yang memiliki tekstur yang berbentuk garis-garis. Ketika Anda mengenakan pakaian berbahan balotelli maka Anda akan mengetahui bahwa kain ini memiliki karakter kain yang ringan, tidak menerawang dan juga nyaman.

Kain jenis ini juga tidak akan menampilkan bentuk lekuk tubuh Anda, bagi Anda wanita muslimah tentu jenis kain ini sangat rekomended untuk baju gamis Anda.

Sedangkan kain wolfis memiliki ciri khas yakni permukaan kainnya terasa halus dan kainnya tidak mudah kusut. Bahannya juga ringan sekali saat dikenakan, kainnya juga tidak transparan. Kain wolfis juga memiliki banyak variasi dan macam warna seperti halnya balotelli.

Namun untuk harga, jenis balotelli memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari pada kain wolfis. Walaupun selisih harganya juga tidak terlalu jauh. Namun kain wolfis sendiri memiliki jenis warna dan tingkat ketebalan yang lebih banyak.

Penggunaan Kain Balotelli

Penggunakan kain ini ada banyak sekali, Anda dapat menjumpai busana muslimah syari seperti gamis, hijab dan rok wanita juga menggunakan bahan jenis ini. Kainnya yang tebal dan tidak transparan menjadikan bahan ini sebagai salah satu bahan untuk pembuatan baju gamis syari.

Penutupan

Nah sekian artikel mengenai kain balotelli yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Artikel ini saya tulis dari beberapa sumber, berikut ini adalah sumber referensi yang saya ambil:

https://gamisjilbabsyari.com/inilah-bahan-balotelli-karakteristik-dan-penggunaannya
https://www.mizutex.com/perbedaan-bahan-kain-balotelli-yang-belum-diketahui-banyak-orang/
https://olympics30.com/kain-balotelli/

Sumber Referensi

vaza me

Namaku adalah...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: