11+ Jenis Jenis Karya Tulis Ilmiah yang Perlu Kamu Ketahui (Terlengkap)
sumber : https://id.pinterest.com/pin/693202567619083085/

11+ Jenis Jenis Karya Tulis Ilmiah yang Perlu Kamu Ketahui (Terlengkap)

Jenis Jenis Karya Ilmiah – Karya tulis ilmiah merupakan sebuah tulisan ataupun laporan tertulis yang menjelaskan suatu hasil penelitian maupun suatu kajian suatu masalah oleh seseorang.

Karya tulis ilmiah juga biasa disebut dengan academic writing, karena biasanya karya tulis ilmiah ini dikerjakan oleh kalangan mahasiswa, perguruan tinggi dan dosen.

Nah berikut ini adalah 11 jenis karya ilmiah lengkap dengan pengertiannya.

Macam Macam Karya Ilmiah

macam macam karya ilmiah
sumber : https://id.pinterest.com/pin/627830004277438802/

 

Secara umum, karya tulis ilmiah dibagi menjadi beberapa bagian. Nah berikut ini adalah beberapa jenis jenis karya ilmiah yang perlu diketahui.

1. Laporan

Laporan adalah suatu bentuk karangan yang didalamnya berisi sebuah rekaman atau catatan kegiatan mengenai suatu hal yang sedang dikerjakan, digarap, diteliti maupun sesuatu yang sedang diamati.

Serta mengandung saran-saran untuk dikerjakan. Biasanya jenis karya ilmiah ini, disampaikan dengan cara yang se-objektif mungkin.

2. Makalah

Makalah merupakan karya ilmiah yang biasanya ditulis oleh seorang siswa ataupun seorang mahasiswa. Biasanya karya yang disajikan dalam makalah sehubungan dengan tugas dalam studi bidang tertentu.

Makalah bisa berupa hasil dari pembahasan buku ataupun hasil dari suatu hal yang sedang diamati. Makalah biasanya berisi suatu usulan, prasaran, maupun suatu pendapat yang memiliki keterkaitan dengan topik yang sedang dibahas.

3. Skripsi

Skripsi merupakan suatu karya tulis yang diajukan guna mendapat gelar sarjana.

Biasanya skripsi ditulis berdasarkan studi pustaka maupun suatu penelitian, penyelidikan yang dikerjakan sebagai syarat akademis yang perlu ditempuh dan untuk dipertanggung jawabkan oleh penyusunnya saat dalam sidang ujian.

4. Tesis

Tesis merupakan karya ilmiah yang memiliki tingkat pembahasan yang lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Biasanya pernyataan yang ada didalam suatu teori didalam tesis harus didukung dengan argumen yang kuat jika dibandingkan dengan karya ilmiah berupa skripsi.

Biasanya tesis ditulis dengan dibimbing oleh seorang dosen senior yang akan bertanggung jawab dalam bidang studi tertentu.

5. Disertasi

Disertasi merupakan jenis karya ilmiah yang diajukan guna untuk mendapatkan gelar doktor.

Gelar doktor adalah gelar paling tinggi yang diberikan oleh universitas. Selain itu penulisan disertasi ini biasanya akan dibimbing oleh promotor maupun dosen yang sudah memiliki pangkat professor.

Pembahasan dalam disertasi berisi masalah yang lebih kompleks tentunya pembahasannya lebih mendalam jika dibandingkan dnegan persoalan yang ada dalam karya tulis ilmiah dalam tesis.

6. Resensi

Resensi merupakan jenis karya tulis ilmiah yang berisi mengenai hasil suatu penimbangan, pengulasan ataupun penilaian isi dari sebuah buku.

Biasanya resensi juga sering disebut dengan book review. Tujuan dari menulis resensi adalah untuk memberikan suatu pertimbangan dan penilaian yang objektif terhadap suatu buku.

Sehingga hal tersebut dapat membuat masyarakat menjadi tahu apakah buku yang sedang diulas tersebut baik atau tidak untuk dibaca dan dipahami.

7. Kritik

Kritik berasal dari bahasa Yunani yakni kritikos yang berarti hakim. Kritik adalah sebagai bentuk karangan yang berisikan suatu penilaian baik buruknya suatu karya.

Kritik tidak hanya mencari suatu kesalah maupun cacat pada sebuah karya. Namun juga menampilkan suatu kelebihan dan keunggulan karya itu sesuai dengan apa yang ada.

8. Esai

Esai merupakan karya berjenis kritikan namun lebih bersifat subjektif. Maksudnya ialah apa saja yang dikemukakan dalam tulisan esai merupakan pendapat pribadi dari penulisnya.

9. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah ini bisa ditulis dengan cara khusus, atau juga dapat ditulis dengan berdasarkan hasil penelitian misalnya skripsi ataupun tesis dalam bentuk yang praktis.

Biasanya artikel ilmiah dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Artikel ilmiah memiliki ciri khas dalam penyajiannya yang tidak panjang lebar namun tidak mengurangi isi dan nilai keilmiahannya.

Bagi seorang ilmuan, jika artikel ilmiah miliknya berhasil diterbitkan pada jurnal internasional, maka hal tersebut menandakan bahwa keilmuannya sudah “diaku”.

10. Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah ini memiliki sifat tulisan yang bersifat umum. Disebut dengan ilmiah populer karena artikel ilmia ini ditulis dengan tujuan untuk menjangkau para pembaca.

Oleh karena itu aturan dalam penulisan artikel ilmiah populer ini tidak terlalu keta. Biasanya artikel ilmiah populer ini diterbitkan pada surat kabar maupun majalah.

11. Kertas Kerja

Kertas kerja ialah suatu karya tulis ilmiah yang memiliki sifat yang lebih mendalam jika dibandingkan dengan makalah. Biasanya kertas kerja menyajikan sebuah data ketika dilapangan yang memiliki sifat yang objektif.

Pada prinsipnya, kertas kerja sama halnya dengan makalah. Kertas kerja dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar ataupun pada suatu lokakarya yang dihadiri oleh para karyawan.


Nah itulah 11 jenis karya tulis ilmiah yang bisa saya bagikan. Jika dirasa ada suatu kesalahan penulisan, bisa langsung melapor ke saya, atau dengan berkomentar dibawah ini. Kamu juga bisa membaca mengenai bagian bagian surat resmi yang sudah pernah saya posting di blog ini.

Terima kasih semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk sering mampir di blog saya ya sobat, sekalian baca-baca artikel terbaru dari tulisan saya.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup