√ 8+ Jenis Ikan yang Baik Untuk Ibu Hamil & Untuk Perkembangan Janin
sumber : https://id.pinterest.com/pin/807129564441040238/

√ 8+ Jenis Ikan yang Baik Untuk Ibu Hamil & Untuk Perkembangan Janin

Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil – Selama menjalani masa kehamilan, para Ibu hamil tentunya butuh akan asupan nutrisi yang berguna bagi proses tumbuh kembangnya janin didalam kandungannya.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan Ibu yang sedang hamil disarankan sekali untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang sehat dan kaya akan kandungan gizi. Salah satu makanan yang sehat dan mengandung gizi yang baik bagi kebutuhan Ibu hami adalah Ikan.

Mengapa Ibu yang Sedang Mengandung Harus Mengkonsumsi Ikan?

jenis ikan yang baik untuk Ibu yang sedang mengandung
sumber : https://id.pinterest.com/pin/308285536989207588/

 

Ikan merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Selain itu ikan juga termasuk salah satu jenis lauk makanan yang sangat direkomendasikan untuk di konsumsi bagi Ibu-Ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Mengapa harus mengkonsumsi ikan?

Ikan adalah salah satu lauk makanan yang memiliki aneka macam kandungan gizi yang sangat baik bagi Ibu yang sedang hamil. Jadi, apabila seorang Ibu yang sedang masa kehamilannya rajin dan rutin mengkonsumsi ikan, maka hal tersebut dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi calon buah hati yang sedang dikandungnya.

Akan tetapi sang Ibu juga harus tetap waspada saat memilih jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis ikan yang didalamnya mengandung zat berbahaya, sehingga hal ini juga akan berdampak kurang baik bagi janin yang sedang dalam kandungan sang Ibu.

Namun Bunda tenang saja, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa jenis ikan yang baik untuk di konsumsi bagi Ibu yang sedang dalam masa mengandung calon buah hati.

Pada dasarnya semua jenis ikan yang ada baik untuk dikonsumsi bagi Ibu yang sedang hamil. Karena ikan adalah salah satu jenis makanan yang menyehatkan dan memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit, namun kaya dengan kandungan protein.

Ikan juga merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi Ibu yang sedang dalam masa kehamilan, salah satunya adalah kandungan asam lemak omega 3 nya. Jenis lemak ini memiliki peran yang sangat bagus dalam perkembangan sel-sel saraf dan perkembangan mata sang buah hati didalam kandungan.

Bahkan beberapa jenis ikan juga mempunyai kandungan vitamin dan juga minera yang sangat kompleks, sehingga sangat bagus bagi kesehatan tubuh Ibunda yang sedang masa kehamilan, supaya tetap fit dan sehat. Hal inilah yang kemudian membuat para pakar kesehatan menyarankan Ibu-Ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi beberapa jenis ikan yang baik bagi perkembangan kandungannya.

Nah berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang baik bagi Ibu yang sedang hamil:

1. Ikan Salmon

ikan salmon
sumber : motherandbaby.co.id

 

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling baik untuk dikonsumsi bagi Ibunda yang sedang dalam proses kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan ikan salmon yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi dibandingkan dengan ikan lainnya.

Asam lemak omega 3 yang dikandung oleh ikan salmon memiliki fungsi yaitu sebagai perkembangan otak dan syaraf, selain itu kandungan yang ada pada ikan salmon juga dapat mencegah calon buah hati bunda lahir secara prematur, dapat mencegah alergi dan juga menyehatkan jantung si janin dan sang Bunda yang sedang hami.

Selain itu, kandungan zat yang kurang baik pada ikan salmon juga terbilang sangat rendah, sehingga ikan salmon ini sangat baik sekali untuk dikonsumsi bagi Ibunda yang sedang dalam kehamilan.

2. Ikan Tuna

ikan tuna untuk ibu hamil
sumber : bolastylo.bolasport.com

 

Ikan tuna, juga merupakan salah satu jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi bagi Bunda yang sedang hamil. Ikan tuna juga merupakan ikan yang dialamnya memiliki kandungan asam lemak omega 3, selain itu, ikan tuna juga mengandung DHA, EPA dan juga omega 6.

Kandungan DHA yang ada pada ikan tuna memiliki fungsi sebagai pencegah keguguran pada janin yang sedang dikandung oleh sang Ibunda. Sedangkan kandungan EPA-nya berfungsi sebagai pembantu pembentukan sel darah dan juga dapat menyehatkan jantung sang janin.

Selain itu, ikan tuna juga memiliki kandungan protein, Vitamin A dan D, Zat Besi, Magnesium, Kalsium dan lainnya yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin didalam perut sang Bunda.

Akan tetapi, meskipun ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang baik bagi perkembangan Ibu yang sedang hamil, pengkonsumsiannya juga harus sesuai dengan kadar sesuai kebutuhan saja. Hal ini dikarenakan ikan tuna adalah jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri yang lebih banyak dari pada jenis ikan lainnya.

3. Ikan Sarden

ikan sarden untuk ibu hamil
sumber : cookpad.com

 

Selanjutnya, jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi bagi Ibu yang sedang mengandung atau hamil adalah jenis ikan sardern. Ikan sarden merupakan jenis ikan yang juga memiliki kandungan DHA dan juga EPA, merupakan kandungan yang dapat membantu pertumbuhan calon buah hati yang sedang didalam kandungan sang Bunda.

Ikan sarden juga memiliki kandungan yodium yang dapat mencegah penyakit tiroid. Selain itu ikan sarden juga berguna dalam proses pertumbuhan tulang dan juga untuk peningkatan daya tahan tubuh sang Bunda yang sedang mengandung, hal tersebut karena kandungan Vitamin D yang ada pada ikan sarden.

4. Ikan Kembung

ikan kembung bagi ibu hamil
sumber : haibunda.com

 

Ikan kembang adalah salah satu jenis ikan yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Ibu yang sedang hamil. Ikan kembung, memiliki kandungan omega 3 yang tiga kali jauh lebih besar dibandingkan kandungan omega 3 pada ikan salmon.

Pada 100 gram ikan kembung, setidaknya terdapat sekitar 2,2 gram kandungan omega 3 yang ada didalamnya.

Ikan kembung juga termasuk jenis ikan yang memiliki kekayaan kandungan vitamin dan juga mineral. Akan tetapi, walaupun ikan kembung baik untuk dikonsumsi bagi Ibu yang sedang mengandung, tetap saja sang Ibu harus tetap membatasi jumlah konsumsi ikan kembung ini ya. Hal ini disebabkan karena kandungan merkuri pada jenis ikan ini cukup tinggi.

5. Ikan Mas

ikan mas bagi ibu hamil
sumber : mediaindonesia.com

 

Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi Ibu yang sedang mengandung selanjutnya adalah ikan mas. Ikan mas ini adalah salah satu jenis ikan yang mudah didapatkan.

Ternyata, ikan mas juga merupakan ikan yang baik sekali untuk dikonsumsi oleh Ibu yang sedang hamil loh. Hal ini dikarenakan selain dapat menyehatkan, ikan mas juga jenis ikan yang tidak dapat terkontaminasi oleh zat merkuri. Sehingga Ibu yang sedang mengandung, tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi jenis ikan mas ini.

6. Ikan Teri

ikan teri untuk ibu hamil
sumber : kumparan.com

 

Ikan teri merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kasium ini sangat bermanfaat bagi Ibu yang sedang mengandung dalam membantu proses pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi yang sedang dikandungnya.

Ikan teri juga termasuk salah satu jenis ikan yang mengandung zat besi dan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Selain itu ikan teri juga kaya akan kandungan Vitamin A nya yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mata terhadap Ibu yang sedang mengandung.

Ikan teri juga memiliki kandungan B1 yang dalam hal ini, kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menambah energi bagi Ibu yang sedang mengandung.

7. Ikan Nila

sumber : agrowindo.com

 

Nah ikan nila merupakan jenis ikan yang direkomendasikan bagi Ibu yang sedang mengandung yang mengalami masalah terhadap kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada ikan nila terbilang sangat rendah, sehingga mengkonsumsi ikan nila tidak akan menambah kadar kolestrol pada Ibu yang sedang mengandung.

Ikan nila juga termasuk jenis ikan yang memiliki banyak kandungan protein, vitamin B12, potassium, fosfor dan niacin.

Kandungan fosfor yang terdapat pada ikan nila memiliki manfaat sebagai proses pembantu pembentukan tulang dan gigi pada calon buah hati yang sedang dikandung. Sedankangkan kandungan niacin pada ikan nila memiliki manfaat sebagai pengubah karbohidrat menjadi gula, yang kemudian akan dibakar menjadi energi. Sehingga hal ini dapat membantu menambah energi bagi Ibu yang sedang hamil, karena pada dasarnya Ibu yang sedang hamil memang mudah mengalami kelelahan.

8. Ikan Lele

manfaat ikan lele untuk ibu hamil
sumber : beritainfo.web.id

 

Ikan lele merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Selain itu ikan lele juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

Dua zat tersebut dapat menjadi penyokong pertumbuhan dan juga perkembangan pada janin yang sedang dikandung oleh sang Bunda.

Selain itu, daging ikan lele juga memiliki kandungan fosfor dan kalium. Kandungan fosfor pada daging lele adalah mineral yang penting yhang dibutuhkan bagi proses pembentukan tulang pada janin. Sedangkan kandungan kalium pada ikan lele berguna untuk membantu menjaga kesehatan pada organ jantung dan pembuluh darah supaya tetap terjaga kesehatannya.

Nah itulah beberapa jenis ikan yang sangat baik bagi Ibu yang sedang hamil atau mengandung sang buah hati. Selain baik bagi perkembangan calon buah hati Bunda, Ikan ini juga akan membantu sang Bunda yang sedang hamil agar tetap memiliki asupan energi yang cukup selama mengandung.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat..

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: