10 Jenis Hewan Yang Bisa Terbang (Menarik Untuk di Baca)
sumber : https://id.pinterest.com/pin/400961173073914197/

10 Jenis Hewan Yang Bisa Terbang (Menarik Untuk di Baca)

Hewan Yang Bisa Terbang – Ada banyak sekali didunia ini mengenai jenis-jenis hewan yang mampu terbang. Entah itu dengan menggunakan sayapnya atau menggunakan anggota tubuh lainnya yang dapat membantunya untuk dapat terbang.

Kehadiran sepasang sayap yang terdapat pada hewan-hewan berikut ini menjadikannya mereka dapat menyibak angkasa dan dapat berterbangan dan melayang dengan bebas diangkasa. Sehingga membuatnya mampu bermanuver diangkasa.

1. Burung Elang

burung elang, merupakan burung yang bisa terbang
sumber : https://id.pinterest.com/pin/334110866091806934/

 

Burung elang merupakan salah satu jenis hewan berdarah panas. Burung elang mempunyai saya dan tubuh yang diselebungi oleh bulunya. Selain itu burung elang adalah burung yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Telur yang dihasilkan oleh betina burung elang mempunyai cangkang yang keras, sehingga mampu menjaga anaknya hingga mampu terbang.

Burung elang merupakan hewan pemangsa. Makanan yang menjadi menu utamanya adalah hewan mamalia yang memiliki ukuran kecil, misalnya adalah tupai, tikus, ikan, kadal dan juga ayam.

Burung elang memiliki sistem pernapasan yang sangat baik, ia mampu membekali kapasitas oksigen yang banyak saat diperlukannya untuk terbang. Burung elang juga memiliki jantung yang sama seperti milik manusia.

Di Indonesia, ada beberapa jenis elang, diantaranya adalah : Elang hitam, Elang brontok, Elang jawa, Elang ular bido, Elang ular jari pendek, Elang emas, Rajawali tutul, Rajawali kuskus, Elang paria, Elang tikus, Elang flores, Elang sulawesi, dan berbagai jenis lainnya.

2. Kunang-Kunang

kunang kunang
sumber : https://id.pinterest.com/pin/548172585869780449/

 

Kunang-kunang merupakan salah satu jenis hewan yang juga bisa terbang. Kunang-kunang merupakan jenis serangga yang mampu mengeluarkan cahaya yang akan terlihat saat malam hari.

Kunang-kunang merupakan jenis hewan yang termasuk dalam golongan Lampyridae. Merupakan keluarga dalam ordo kumbang Coleoptera. Terdapat 2000 lebih spesies kunang-kunang yang bisa kita temukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh pelosok dunia.

Biasanya kunang-kunang dapat kita temua sedang beterbangan di daerah rawa maupun hutan yang disana masih terdapat persediaan makanan bagi larvanya.

3. Lebah

lebah
sumber : https://id.pinterest.com/pin/703687510505836353/

 

Lebah ialah kelompok serangga yang biasa dikenal dengan kehidupannya yang selalu berkelompok. Walaupun tidak semua jenis lebah memiliki sifat demikian.

Semua jenis lebah termasuk dalam famili Apidae, merupakan serangga yang memiliki sayap berselaput. Terdapat sekitar 20.000 spesies lebah yang dapat ditemukan di seluruh dunia, kecuali antartika.

Lebah memiliki tiga pasang kaki dan juga dua pasang sayap. Biasanya koloni lebah akan membuat sarang diatas perbukitan, pohon hingga di atap perumahan.

Dalam membangun sarangnya, lebah memanfaatkan perekat getah pohon atau biasa disebut dengan propolis dan juga malam yang diproduksi dari kelenjar-kelenjar dari lebah betina yang masih muda. Biasanya lebah memakan nektar bunga dan sebuk sari.

4. Kelelawar

kelelawar
sumber : https://id.pinterest.com/pin/322640760777291018/

 

Kelelawar ialah satu-satunya jenis mamalia yang mampu terbang. Kelelawar merupakan jenis mamalia yang berasal dari Ordo Chiroptera dengan bagian kaki depannya yang dapat berkembang menjadi sayap yang digunakannya untuk terbang.

Kelelawar sendiri terbagi menjadi beberapa famili, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Codot, merupakan jenis kelelawar pemakan buah.
  2. Kelelawar eko trubus
  3. Kelelawar muka cekung
  4. Kelelawar Ladam
  5. Barong
  6. Kelelawar biasa, dan
  7. Kelelawar bibir keriput.

5. Capung

capung
sumber : https://id.pinterest.com/pin/341781059196557650/

 

Capung merupakan salah satu jenis hewan yang bisa terbang lainnya. Capung merupakan kelompok serangga yang termasuk dalam bangsa Odonata.

Biasanya serangga jenis ini dapat kita temui didaerah uang dekat dengan sumber air. Karena air merupakan tempat yang mereka gunakan untuk berkembang biak (bertelur).

Ada beberapa jenis dan sebutan yang berbeda-beda terhadap serangga ini. Beberapa sebutan yang ditujukan pada serangga jenis ini adalah Kinjeng, Coblang, Kasasiur, Capung dll.

Pada umumnya capung memilki bentuk yang cukup besar dan juga hinggap dengan sayapnnya yang terbuka dan terbentang kebagian sampingnya. Akan tetapi ada juga jenis capung yang memiliki ukuran yang kecil, capung tersebut biasanya disebut dengan capung jarum.

6. Nyamuk

nyamuk
sumber : https://id.pinterest.com/pin/489766528200774248/

 

Nyamuk merupakan hewan yang memiliki dua sayap yang memiliki sisik, bentuk tubuh yang langsing dan juga memiliki 6 kaki yang panjang.

Nyamuk terbang dengan mengepakkan bagian sayapnya yang memiliki bentuk tipis dan juga kecil. Nyamuk meruapakan jenis hewan serangga yang termasuk dalam golongan ordo Diptera.

7. Belalang

belalang
sumber : https://id.pinterest.com/pin/751960469002631461/

 

Belalang ialah jenis serangga herbivora dari subordo Orthopetera. Belalang ini mempunyai antena yang memiliki ukuran yang lebih pendek dibandingkan ukuran tubuhnya.

Biasanya belalang dapat mengeluarkan suara yang dihasilkan dari menggosokkan femur dibagian belakangnya dengan sayap depan. Selain itu sumber suara yang dihasilkan juga dihasilkan dari kepakan sayapnya ketika sedang terbang.

8. Kumbang

kumbang
sumber : https://id.pinterest.com/pin/722405596457017228/

 

Kumbang merupakan salah satu kelompok serangga yang membentuk ordo Coleoptera.

Penyebaran serangga jenis ini begitu luas sekali, kumbang hampir dapat ditemukan di semua habitat kecuali didaerah lautan dan kutub. Kumbang sendiri merupakan jenis hewan yang mempu berinteraksi dengan ekosistemnya dalam berbagai hal.

Spesies dalam ordo Coleoptera pada umumnya memiliki suatu keunikan yakni adanya eksoskeleton dan saya depan yang memiliki tekstur yang keras. Hal tersebut menjadi pembeda hewan kumbang dengan jenis spesies lainnya.

9. Kupu-Kupu

kupu kupu
sumber : https://id.pinterest.com/pin/474707616965101266/

 

Kupu-kupu meruapakan salah satu jenis hewan yang bisa terbang lainya. Kupu-kupu adalah jenis serangga yang termasuk dalam kategori ordo Lepidoptera atau disebut dengan serangga bersayap sisik.

Pada umumnya kupu-kupu aktif diwaktu siang hari, akan tetapi ada jenis kupu-kupu yang aktif dimalam hari atau biasa disebut dengan ngengat (kupu-kupu malam).

Kupu-kupu biasanya hinggap dengan menegakkan bagian sayapnya. Sedangkan ngengat (kupu-kupu malam) hingga dengan membentangkan bagian sayapnya.

Selain bisa terbang, kupu-kupu juga memiliki aneka jenis dan warnanya yang sangat indah untuk dipandang. Kupu-kupu dan ngengat ada banyak sekali jenisnya, tercatat terdapat lebih dari 600 jenis spesies kupu-kupu dan ngengat yang terdapat di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

10. Tupai Terbang

tupai terbang
sumber : https://id.pinterest.com/pin/34551122114900386/

 

Tupai terbang biasanya akan mengembangkan jaringan kulit tipisnya yang membentang dari bagian kaki depan dan kaki belakang.

Kemampuan yang dimilikinya ini membuantnya berbeda dengan jenis tupai lainnya yang tidak mampu untuk terbang. Tupai terbang merupakan hewan pengerat yang termasuk kedalam ordo Scandentia.

Nah itulah beberapa jenis hewan yang mampu terbang, yang bisa saya tulis disini. Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis hewan yang mampu terbang, entah mereka terbang menggunakan sepasang sayapnya atau menggunakan organ tubuh lainnya, yang mampu membuatnya terbang.

Jangan lupa untuk membaca ini juga ya sobat “Ikan yang baik untuk Ibu hamil.” Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup