32+ Gambar Flora dan Fauna Dilengkapi Pengertian & Penjelasannya

32+ Gambar Flora dan Fauna Dilengkapi Pengertian & Penjelasannya

Gambar Flora dan Fauna – Membahas mengenai flora dan fauna yang ada di Indonesia hal tersebut seperti halnya menghitung jumlah semut yang sangat banyak sekali karena keanekaragaman flora dan fauna di Indonesa sangat beraneka ragam.

Salah satu faktor yang mendukung banyaknya flora dan fauna dapat hidup dan berkembang dengan baik di Indonesia adalah, letak geografisnya yang sangat mendukung terhadap perkembangbiakan flora dan fauna tersebut.

Iklim tropis di Indonesia menjadi salah satu faktor yang mendukung perkembangbiakan flora dan fauna tersebut. Serta jenis tanahnya yang subur menjadikan aneka jenis tanaman-tanaman mampu berkembang dengan baik dan beragam.

Berbagai macam tumbuhan yang merupakan salah satu faktor pendukung berlangsungnya perkembangan para fauna. Sehingga hal tersebut menjadikan Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak sekali flora dan fauna.

Pengertian Flora dan Fauna

Secara sederhana flora memiliki arti tanaman sedangkan fauna adalah hewan. Sedangkan secara umum pengertian flora yaitu segala jenis tumbuhan dan tanaman yang ada di muka bumi.

Sedangkan fauna adalah segala jenis hewan yang hidup di muka bumi. Flora dan fauna sendiri jenisnya ada banyak sekali dan begitu beragam, sampai-sampai tidak lagi dapat dihitung jumlahnya. Beraneka ragam tumbuhan dan hewan tersebut mempunyai tempat tinggal yang juga beragam, ada yang di air juga adapula yang di darat.

Flora (tumbuhan) endemik ialah sekelompok jenis tumbuhan yang hidup di suatu daerah tertentu. Misalnya ada flora Jawa, Sumatera, Kalimantan dan lainnya. Biasanya flora endemik yang ada pada suatu daerah biasanya memiliki ciri khas tertentu yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya. Kamu juga bisa membaca tentang flora lebih lengkap pada blog ini decyra.com.

Hal tersebut dikarenakan pada setiap daerah mempunyai tingkat kesuburan dan juga perbedaan iklim cuaca serta jenis tanahnya sudah pasti berbeda dengan di daerah lainnya. Contohnya adalah flora endemik di Jawa yakni bunga melati, flora endimik di Papua adalah buah merah dan di daerah Sumatera adalah bunga raflesia arnoldi atau biasa di kenal dengan sebutan bunga bangkai.

Hal ini tidak hanya terjadi pada flora saja namun pada fauna atau hewan pun juga mempunyai kelompok yang berbeda pula di setiap daerahnya. Misalnya fauna endemik asli dari Papua ialah burung cenderawasih, fauna asli dari Jawa adalah badak bercula dan dari Sumatera adalah harimau sumatera.

Untuk memudahkan pemahaman kamu mengenai Flora dan Fauna, berikut ini adalah kumpulan gambar Flora dan Fauna, baik yang ada di Indonesia ataupun yang secara umum atau global.

Gambar Flora di Indonesia

  • Raflesia Arnoldi

gambar flora dan fauna, bunga raflesia arnold
Gambar flora dan fauna (bunga raflesia arnold)

Serupa dengan jenis Raflesia lainnya, bunga Raflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit obligat. Ia tumbuh didalam batang liana dari genus Tetrastigma. Raflesia arnoldi ini tidak mempunyai daun sehingga ia tidak dapat melakukan fotosintesis sendiri, sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan ini diambil dari pohon inangnya.

Raflesia arnoldi juga tidak memiliki batang dan juga akar, bagian dari tanaman ini yang nampak hanyalah bagian bunganya saja, yang mempu berkembang dalam kurun waktu tertentu.

Raflesia arnoldi memiliki masa pertumbuhan dengan memakan waktu hingga 9 bulan, namun masa mekarnya hanya bertahan 5 hingga 7 hari saja, setelah itu bunga ini akan layu dan mati.

  • Bunga Bangkai

gambar flora dan fauna, bunga bangkai
Gambar flora dan fauna (bunga bangkai)

Bunga bangkai memiliki nama latin yakni Amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani kuno “Amorphos” yang memiliki arti yakni “Cacat, tanpa bentuk” & “phallos” yang artinya “penis”.

Bunga bangkai adalah tumbuhan yang tumbuh di dataran rendah yang tumbuh pada daerah beriklim tropis dan suptropis, yakni mulai dari kawasan Afrika Barat sampai ke Pulauan Pasifik salah satunya adalah di Indonesia. Sebagian besar, bunga ini adalah termasuk dalam spesies endemik.

Bunga bangkai adalah tumbuhan bunga majemuk terbesar dan juga tertinggi di dunia, bunga ini juga termasuk tanaman dari suku talas-talasan dengan bentuk ukuran umbinya yang bervariasi pada masing-masing jenisnya.

Bunga bangkai memiliki dua fase dalam hidupnya, yakni fase vegetatif  dan fase generatif.

  • Bunga Kenanga

gambar flora dan fauna, bunga kenanga
Gambar flora dan fauna (bunga kenanga)

Tanaman ini memiliki bahasa latin yakni Cananga odorata, merupakan tumbuhan yang ditetapkan menjadi flora identitas Sumatera Utara. Tanaman ini tumbuh dan berkembang di daerah Thailand hingg Australia bagian utara.

Di Indonesia sendiri, tanaman kenanga ini tersebar hampir diseluruh bagian di Nusantara ini. Tumbuhan kenanga mampu tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1200 mdpl.

  • Anggrek Bulan

anggrek bulan
Gambar flora dan fauna (anggrek bulan)

Anggrek bulan atau juga disebut dengan puspa pesona ini merupakan salah satu jenis bunga nasional Indonesia. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda.

Tanaman anggrek bulan ini tersebar luas dari Malaysia, Indonesia hingga Australia. Anggrek bulan hidup secara epifit yakni dengan menempel pada batang maupun cabang pohon yang ada di hutan dan dapat tumbuh subur hingga ketinggian 600 mdpl.

  • Anggrek Tebu

gambar flora dan fauna, bunga anggrek tebu
Gambar flora dan fauna (bunga anggrek tebu)

Anggrek tebu juga biasa disebut dengan anggrek raksasa, anggrek harimau, anggrek tebu ataupun ratu anggrek. Anggrek ini merupakan jenis anggrek terbesar didunia.

  • Napenthes Sumatrana Salah

gambar flora dan fauna, nepenthes sumatera salah
Gambar flora dan fauna (nepenthes sumatera salah)

Atau biasa disebut dengan kantong semar, adalah jenis tumbuhan yang unik dan termasuk dalam kategori tanaman langka yang ada di Indonesia, dari 129 spesies tanaman kantong semar di dunia terdapat 64 jenis diantaranya berkembang biak di Indonesia. Bahkan sejumlah besar dari tanaman tersebut adalah tumbuhan endemik yang hanya dapat ditemui di Indonesia saja.

  • Bunga Rhododendron Javanicum

gambar flora dan fauna, Bunga rhododendron javanicum
Gambar flora dan fauna (Bunga Rhododendron Javanicum)

Sedikit yang mengetahui bahwasanya bunga ini terdapat di Indonesia, hal ini dikarenakan jenis bunga ini lebih banyak dikenal di negara Jepang, China dan juga Amerika.

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini tumbuh alami bahkan merupakan tumbuhan endemik di beberapa daerah. Biasanya tumbuhan ini dapat kita jumpai di daerah puncak atau tempat yang dingin, karena bunga cantik ini membutuhkan cuaca dingin untuk dapat tumbuh dan berkembang.

  • Bunga Melati

 bunga melati
Gambar flora dan fauna (Bunga Melati)

Tumbuhan melati adalah jenis tanaman perdu, memiliki jenis batang tegak dan merayap, tanaman ini juga mampu hidup bertahun-tahun. Memiliki daun berwarna hijau dan berbentuk bulat.

Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang berukuran kecil dan pada umumnya memiliki warna bunga putih, serta memiliki aroma yang harum dengan mahkota bunga selapis maupun menumpuk.

  • Sembung (Blumea balsamifera)

gambar flora dan fauna, bunga sembung
Gambar flora dan fauna (Sembung (Blumea balsamifera))

Tumbuhan sembung ini adalah tanaman perdu yang tumbuh tegak dengan pohon bisa mencapai ketinggian 4 meter. Memiliki batang yang berambut tipis. Daun sembung berselang-seling dan juga memiliki bentuk bulat telur hingga lonjong, tepi daunnya bergerigi dengan panjang daun memiliki ukuran panjang 8 sampai 40 cm dan memiliki lebar yakni 2 hingga 20 cm.

Tanaman sembung tumbuh pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 2.200 mdpl. Selain itu tumbuhan ini mampu tumbuh baik pada tempat yang terbuka ataupun pada tempat yang tertutupi oleh tumbuhan lainnya.

Tanaman ini tersebar di India dan berbagai negara lain yang ada di Asia Tenggara terutama wilayah Malaysia termasuk juga Indonesia.

  • Pohon Sonokeling

 pohon sonokeling
Gambar flora dan fauna (Pohon Sonokeling)

Sonokeling adalah tumbuhan yang menghasilkan kayu keras. Bentuk pohonnya memilki ukuran sedang hingga besar dengan tinggi mampu mencapai 20 hingga 40 meter. Batangnnya dapat memiliki diameter hingga 1,5 meter. Pada kulit bagian luarnya berwarna abu-abu kecoklatan.

Pohon sonokeling memiliki bunga dengan ukuran yang kecil dengan panjang sekitar 1 cm. Tumbuhan ini adalah tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh dan berkembang di bagian Jawa bagian tengah dan bagian Timur.

  • Pohon Damar

gambar flora dan fauna, pohon damar
Gambar flora dan fauna (Pohon Damar)

Pohon damar juga biasa disebut dengan Damar Raja. Adalah salah satu pohon asli Indonesia dan merupakan penghasil utama getah damar. Dibeberapa daerah pohon damar memiliki sebutan kalane, kessi, oeneela. Dalam bahasa Inggris tanaman ini biasa disebut dengan amboina pitch tree.

Pohon damar ini memiliki nama latin yakni Agathis Dammara (Lamb) Rich. & A. Rich yang memiliki beberapa nama. Pohon damar memiliki ukuran yang cukup besar dan tingginya mampu mencapai 65 meter.

  • Jeruk Purut

jeruk purut
Gambar flora dan fauna (Jeruk Purut)

Jeruk purut merupakan tanaman rempah asli Indonesia. Walaupun bukan jenis endemik, namun tanaman yang mempunyai kulit buah yang khas ini terkenal sekali dikawasan Asia Tenggara salah satunya adalah di Indonesia.

Tumbuhan ini seccara alami tersebar di daerah Indocina dan Malesenia. Meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Filiphina, India, Nepal hingga Bangladesh. Tumbuhan ini banyak di budidayakan pada daerah pekarangan. Jeruk purut sendiri memiliki aneka manfaat salah satunya adalah sebagai bahan rempah dan sebagai bumbu masakan.

  • Pohon Kapur

pohon kapur
Gambar flora dan fauna (Pohon Kapur)

Didaerah Kalimantan pohon kapur ini memiliki sebutan sebagai Ampadu, Amplang, Kapur, Kayatan, Keladan, Melampit, Mengkayat, Mohoi, Muri dan Sintok, Selain disebut sebagai Kapur atau Barus tanaman pohon kabur ini juga dinamai Haburuan atau Kaberun.

Pohon kapur memiliki ukuran pohon yang besar dan tinggi. Batangnya memiliki diameter yang dapat mencapai hingga 70 cm hingga 150 cm dengan pohon mampu mencapai hingga ketinggian 60 meter.

Kulit pohonnya memiliki warna cokelat dan coklat kemerahan pada bagian dalamnya, jika pohonnya dipotong maka akan mengeluarkan aroma kapur.

  • Durian

durian
Gambar flora dan fauna (Durian)

Durian merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Nama tersebut diambil dari ciri khas kulitnya yang keras dan juga berlekuk-lekuk tajam sehingga serupa dengan duri.

Durian merupakan buah kontroversial, walau pada umumnya banyak orang yang suka akan buah ini, namun sebagian yang lainnya malah muak dengan buah durian ini akibat aroma yang ditimbulkannya.

  • Mahkota Dewa

mahkota dewa
Gambar flora dan fauna (Mahkota Dewa)

Mahkota dewa adalah tanaman yang ada di Indonesia dengan berjuta manfaat. Tanaman asli Indonesia ini tumbuh di daerah Papua dan dipercayai dapat membantu mengobati aneka jenis penyakit. Mulai dari kanker, diabetes, hepatitis hingga asam urat dapat diobati dengan menggunakan ramuan tumbuhan mahkota dewa ini.

Mahkota dewa memiliki nama latin Phaleria macrocarpa. Selain dinamai dengan sebutan mahkota dewa dibeberapa daerah tanaman ini memiliki nama yang berbeda. Diantaranya adalah makuto rojo, makuto ratu, makuta dea, simalakama dan dalam bahasa Inggris kerap disebut dengan Crown of God.

  • Daun dan Bunga Cendana

daun bunga cendana
Gambar flora dan fauna (Daun dan Bunga Cendana)

Pohon cendana memiliki batang dengan ukuran yang kecil hingga sedang dengan panjang diameter mencapai 40 cm dan ketinggiannya mampu mencapai  hingga 20 meter. Batangnya bulat dan agak berlekuk-lekuk, tajuk pohonnya ramping dan melebar, memiliki tekstur kulit yang kasar dan berwarna cokelat tua, biasanya batang yang sudah tua mengeluarkan aroma harum.

Cendana biasanya tumbuh pada tanah yang panas dan kering, tetutama pada tanah yang memiliki banyak kandungan kapur dan pada ketinggian hingga mencapai 1200 mdpl. Tumbuhan ini bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Yakni pada awal masa pertumbuhannya pohon cendana akan membutuhkan pohon inang untuk dapat mendukung proses pertumbuhannya.

Gambar Fauna di Indonesia

  • Badak Sumatera

badak sumatera
Gambar flora dan fauna (Badak Sumatera)

Badak Sumatera adalah salah satu jenis spesies badak yang dimiliki oleh Indonesia selain badak jawa. Badak Sumatera adalah spesies badak terkecil yang ada didunia. Badak Sumatera semakin langka keberadaannya dan terancam kepunahan. Diperkirakan jumlah populasi dari badak ini tidak mencapi 200 ekor. Sehingga menjadikannya sebagai badak yang masuk dalam daftar status konservasi.

  • Harimau Sumatera

harimau sumatera
Gambar flora dan fauna (Harimau Sumatera)

Harimau Sumatera dalam bahasa latin disebut dengan Panthera tigris sumatrae. Adalah spesies harimau dari lima subspesies harimau yang ada didunia yang masih bertahan hidup.

Harimau Sumatera adalah salah satu spesies harimau yang termasuk dalam satwa langka dan termasuk sub spesies harimau yang masih dimiliki oleh Indonesia setelah jenis harimau Jawa dan harimau Bali.

  • Babirusa Sulawesi

babi rusa
Gambar flora dan fauna (Babirusa Sulawesi)

Babirusa adalah hewan endemik Sulawesi, dalam bahasa latin hewan ini disebut dengan Babyrousa Babirussa. Hewan ini hanya dapat dijumpai di daeerah Sulawesi dan pulau yang berada di sekitarnya saja.

Sebagai salah satu hewan endemik babirusa tidak dapat ditemukan pada tempat lainnya, dan perlu di ketahui bahwa satwa endemik ini adalah termasuk hewan yang sudah langka.

  • Tapir Asia

tapir asia
Gambar flora dan fauna (Tapir Asia)

Di Indonesia hewan ini biasa disebut dengan tapi, adalah hewan dengan satu dari empat spesies tapi yang ada di seluruh dunia. Tapir Asia memiliki ukuran tubuh yang paling besar dibandingkan dengan ukuran tapir lainnya. Satwa ini adalah jenis satwa yang di lindungi di Indonesia.

Tapir Asia memiliki tinggi hingga 90 sampai 170 cm dengan panjang mencapai 180 hingga 240 cm dan beratnya mencapai 250 hingga 320 kg. Sedankan untuk tapir betina biasanya memiiki ukuran yang lebih besar dari pada ukuran pejantannya.

Tapir Asia adalah termasuk binatang herbivora atau hewan yang memakan rumput, daun, pucuk daun dan aneka buah-buahan yang berasal dari tumbuhan yang rendah, tapir mampu bertahan hidup hingga 30 tahun.

  • Beruang Madu

beruang madu
Gambar flora dan fauna (Beruang Madu)

Beruang madu dalam bahasa latinnya disebut dengan helarctos malayanus adalah spesies jenis beruang terkecil dari delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Beruang madu yang suka dengan sarang lebah sebagai makanan kesukaannya adalah binatang khas provinsi Bengkulu. Binatang ini juga menjadi maskot kota Balikpapan.

Burung madu memiliki ciri-ciri pajang tubuh sekitar 1,4 meter, tinggi punggungnya sekitar 70 cm. Pada beruang dewasa berat tubuhnya bisa mencapai 50 hingga 65 kg.

  • Anoa Dataran Rendah

anoa dataran rendah
Gambar flora dan fauna (Anoa Dataran Rendah)

Anoa dataran rendah adalah jenis hewan herbivora yang memakan tanaman air seperti pakis, rumput, tunas tanaman, buah yang sudah jatuh, sampai umbi-umbian.

Hewan ini tercatat juga meminum air laut yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan mineral pada tubuhnya. Anoa ini adalah hewan endemik pulau Sulawesi. Jumlah populasinya sendiri tidak di ketahui dengan pasti akan tetapi diperkirakan kurang dari 2500 ekor yang hidup berpisah pada berbagai daerah di bagian pulau Sulawesi dan Buton.

  • Kucing Merah

kucing merah
Gambar flora dan fauna (Kucing Merah)

Kucing merah memiliki nama latin yakni pardofelis badia adalah jenis spesies kucing kecil endemik pulau Kalimantan. Kucing merah ini adalah saudara dekat dengan kucing emas yang banyak dijumpai di daerah Sumatera dan dibeberapa negara Asia bagian tenggara. Kucing ini diperkirakan sudah ada sejak 4 juta tahun lalu ketika pulau Kalimantan masih bersatu dengan daratan Asia.

  • Seekor Ajag Dewasa

ajag dewasa
Gambar flora dan fauna (Seekor Ajag Dewasa)

Ajag adalah sejenis anjing hutan yang hidup di dataran Asia, ada yang menganggap bahwasanya ajag adalah hewan yang sama dengan serigala. Hal tersebut dikarenakan kemiripannya dengan serigala. Akan tetapi meskipun mirip dengan anjing, keduanya adalah spesies yang berbeda pada tingkat genus.

Binatang asli Indonesia ini kini telah terancam kepunahannya. Biasanya ajag biasa hidup berkelompok yang pada keleompok tersebut terdiri dari 5 hingga 12 ekor bahkan bisa mencapai 30 ekor. Akan tetapi pada situasi tertentu anjing hutan ini dapat hidup soliter atau menyendiri.

  • Komodo

komodo
Gambar flora dan fauna (Komodo)

Komodo merupakan reptil terbesar yang ada di dunia, komodo sendiri dapat kita jumpai dipulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

Dalam bahasa latin komodo disebut dengan Varanus komodoensis. Oleh masyarakat setempat biasanya disebut dengan Ora. Beberapa nama lain dari komodo ini adalah biawak komodo, komodo dragon, komodo island monitor, dan komodo monitor.

  • Penyu Tempayan

penyu tempayan
Gambar flora dan fauna (Penyu Tempayan)

Penyu tempayan adalah salah satu dari tujuh jenis spesies penyu yang ada di dunia. Penyu tempayan ini juga termasuk dari enam jenis penyu yang ditemukan bertahan hidup di perairan Indonesia.

Penyu tampayan juga termasuk hewan langka dan termasuk hewan yang di lindungi di Indonesia. Selain disebut dengan penyu tampayan di Indonesia hewan ini juga dikenal dengan penyu bromo.

  • Buaya Muara

buaya muara
Gambar flora dan fauna (Buaya Muara)

Buaya muara adalah jenis buaya terbesa,r paling panjang dan merupakan jenis buaya paling ganas dibandingkan dengan jenis buaya yang lainnya. Daerah persebaran buaya muara adalah paling luas dibanding dengan yang lain, karena merupakan jenis buaya terbesar, buaya ini mampu tumbuh hingga panjangnya mencapai 12 meter.

Disebut dengan buaya muara dikarenakan buaya ini hidup di daerah sungai dan laut dekat muarah. Selain memiliki sebutan sebagai buaya muara, spesies ini juga dikenal dengan buaya bekatak.

  • Burung Maleo

burung maleo
Gambar flora dan fauna (Burung Maleo)

Burung maleo merupakan jenis burung yang memiliki ukuran yang sedang, panjangnya sekitar 55 cm. Burung maleo ini merupakan burung endemik Sulawesi. Selain langka, ternyata burung ini juga unik karena mereka anti poligami.

Burung maleo memiliki bulu yang berwarna hitam, pada bagian kulit disekitar mata memiliki warna yang kuning, kakinya berwarna abu-abu. Pada bagian atas kepalanya terdapat sebuah tanduk atau jambul keras yang berwarna hitam.

  • Burung Mabruk Victoria

burung mabruk victoria
Gambar flora dan fauna (Burung Mabruk Victoria)

Burung mabruk adalah hewan endemik pulau Papua, burung ini terdiri dari tiga jenis yakni mabruk ubiaat, mabruk victoria dan mabruk selatan. Ketiga jenis burung dara mahkota ini memiliki ciri khas yaknni jambulnya yang tersusun menyerupai kipas di bagian atas kepalanya. Dan dari bentuk jambulnya tersebutlah ketiga jenis mabruk ini dapat dibedakan.

  • Burung Merak Hijau

burung merak hijau
Gambar flora dan fauna (Burung Merak Hijau)

Merak hijau merupakan salah satu dari tiga spesies merak yang ada di dunia. Satwa ini memiliki bentuk dan warna bulunya yang indah. Terutama merak hijau jantan yang memiliki ekor panjang yang mampu mengembang menyerupai kipas.

Burung jantan akan memamerkan bulu ekoranya di depan burung betina pada saat musim berkembang biak. Untuk urusan makan, burung merak hijau suka dengan berbagai jenis biji-bijian, pucuk rerumputan dan juga dedaunan, serta serangga dan berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba dan cacing pun menjadi santapan burung merak hijau ini.

  • Katak Pohon Mutiara

 katak pohon mutiara
Gambar flora dan fauna (Katak Pohon Mutiara)

Katak pohon mutiara merupakan salah satu amfibi yang sudah langka di Indonesia. Katak pohon mutiara atau pearly tree frog ini merupakan salah satu jenis katak endemik pulau Jawa.

Katak ini tampak cantik dan juga terlihat indah dilihat dari bintik-bintik warna putih yang ada pada daerah sekujur tubuhnya.

Katak pohon mutiara ini hidup pada habitat hujan tropis primer didataran rendah dengan ketinggan yakni 700 hingga 1200 mdpl.

  • Ular Sanca Bodo

gambar flora dan fauna, ular sanca bodo
Gambar flora dan fauna (Ular Sanca Bodo)

Ular sanca bodo merupakan salah satu jenis ular yang banyak di pelihara oleh para pecinta binatang. Namun tidak banyak yang tahu jika ular sanca ini merupakan salah satu jenis ular langka yang dilindungi oleh undang-undang di Indonesia.

Ular ini mampu memiliki panjang hingga 9 meter walaupun rata-rata hanya mencapai hingga 5 meter saja. Berat tubuh dari ular sanca bodo ni bisa mencapai hingga 160 kg.

Penutupan

Nah itulah kumpulan gambar flora dan fauna yang merupakan flora dan fauna asli Indonesia. Dengan keberadaannya yang semakin langka, sudah sepatutnya kita ikut serta dalam menjaga berbagai tumbuhan dan tanaman yang hidup di bumi pertiwi ini supaya anak cucu kita nanti juga dapat menyaksikan dan mengetahi secara langsung aneka flora dan fauna yang dimiliki oleh negara tercinta ini Indonesia.

Setelah mengetahui gambar flora dan fauna ini jangan lewatkan pula mengenai gambar kota bunga Cianjur little venice yang ada di blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terima Kasih.


Referensi: https://alamendah.org/2015/02/22/gambar-flora-dan-fauna-indonesia/


Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: