Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru – Berikut ini adalah contoh dalam membuat surat lamaran kerja Guru, baik sebagai Guru TK, SD, SMP, SMK atau SMA sederajat hingga Guru Honorer.

Sebelum melamar kerja menjadi guru, hal pertama yang harus disiapkan dan perlu diperhatikan adalah membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Dalam membuat surat lamaran kerja guru, tentu Anda perlu membuatnya dengan tata cara yang baik dan benar.

Anda tidak perlu bingung dalam membuat surat lamaran kerja untuk guru, karena disini saya akan membagikan beberapa contoh surat lamaran kerja untuk guru. Baik itu Guru TK, SD, SMP, SMA / SMK dan Guru Honorer.

1 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru TK (Taman Kanak-Kanak)

surat lamaran kerja guru tk,

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK Disini

[Download PDF] atau [Download Word]

Pendidikan Taman Kanak Kanak (TK) adalah pendidikan awal bagi siswa. Ketika akan melamar kerja di sebuah sekolah TK tentunya Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan karena Anda akan berurusan langsung dengan para murid yang masih kecil yang masih nakal-nakalnya dan sulit di bilangin.

Namun tentu saja pekerjaan menjadi Guru TK ini termasuk pekerjaan yang juga mengasikkan. Terutama bagi Anda yang suka dengan anak-anak kecil, hal ini akan membuat Anda semakin nyaman dalam bekerja di tempat kerja seperti ini.

Terutama bagi seorang perempuan, bekerja menjadi seorang Guru adalah salah satu pekerjaan yang sangat mulia. Selain bisa berkumpul bareng anak-anak yang lucu dan menggemaskan. Anda juga telah ikut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa sejak dini.

2 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Paud

surat lamaran kerja guru paud

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Guru PAUD Disini

[Download PDF] atau [Download Word]

Dengan semakin berkembangnya sekolah PAUD yang memiliki kepanjangan Pendidikan Usia Dini yang semakin banyak berdiri pesat akhir-akhir ini. Tentunya menjadi peluang yang besar bagi Anda yang ingin menjadi guru.

Terutama guru PAUD yang kemungkinan besar masih jarang di minati oleh banyak orang. Ini menjadi peluang bagi Anda untuk besar kemungkinan bisa diterima di dalam sekolah tersebut untuk mengajar menjadi seorang guru.

Sebelum bekerja didalam suatu sekolah, tentu Anda harus membuat sebuah surat lamaran pekerjaan untuk menawarkan jasa Anda untuk ikut berkonstribusi menjadi guru didalamnya.

Untuk itu Anda perlu membuat sebuah surat lamaran pekerjaan yang bagus untuk meningkatkan tingkat kepercayaan atasan yang ada di sekolah tersebut. Nah bagi Anda yang bingun ingin membuat surat lamaran pekerjaan untuk menjadi Guru PAUD, berikut adalah contohnya :

3 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru SD

surat lamaran kerja guru sd

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SD Disini

[Download PDF] atau [Download Word]

Terdapat banyak sekali sekolah yang bisa Anda jadikan untuk mengabdi dan mengajar menjadi seorang Guru. Nah bagi Anda yang ingin menjadi seorang guru, terutama guru SD tentu juga harus membuat surat lamaran kerja guru SD.

4 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru SMP

contoh surat lamaran kerja guru

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMP

[Download PDF] atau [Download Word]

Sekolah Menengah Pertama (SMP) salah satu sekolah yang mungkin menjadi tujuan Anda untuk bekerja disana dan menjadi guru pengajar tetap.

Dengan semakin banyaknya penduduk negeri setiap tahunnya yang selalu bertambah, membuat berbagai sekolah sering kualahan dalam mengurus murid-muridnya.

Hal ini tentu nya menjadi sebuah peluang dan kesempatan emas bagi Anda yang ingin melamar kerja menjadi seorang guru SMP atau guru lainnya.

5 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru SMA dan SMK Sederajat

surat lamaran kerja guru smk

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMK atau SMA Sederajat Disini

[Download PDF] atau [Download Word]

Selain menjadi Guru TK, SD, SMP tentu ada beberapa orang yang ingin menjadi pengajar di tingkatan guru SMK. Hal  ini juga tentunya menyesuaikan jenjang pendidikan yang digeluti.

Nah bagi Anda yang berniat untuk melamar kerja menjadi seorang Guru SMK, maka Anda harus membuat sebuah surat lamaran kerja guru untuk SMK. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja untuk Guru SMA dan SMK sederajat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Guru Lainnya

Kurang lebihnya semua jenis surat lamaran kerja adalah sama saja, hanya berbeda pada letak pekerjaan yang Anda tuju. Sama halnya dengan surat lamaran pekerjaan untuk menjadi seorang Guru. Baik itu dari Guru PAUD, Guru TK, Guru SD, Guru SMP, Guru SMK dan SMA sederajat adalah sama saja.

Namun mungkin ada sedikit saja perbedaan didalamnya, oleh karena itu disini saya juga akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja untuk Guru yang lainnya yang mungkin Anda butuhkan.

1 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru Secara Umum

surat lamaran kerja guru yang benar

[Download PDF] atau [Download Word]

2 Surat Lamaran Kerja Guru Bimbel

contoh surat lamaran kerja untuk guru bimbel

[Download PDF] atau [Download Word]

3 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru Swasta

contoh surat lamaran kerja guru swasta,

[Download PDF] atau [Download Word]

4 Surat Lamaran Kerja Guru di Sebuah Yayasan

contoh format surat lamaran kerja guru

[Download PDF] atau [Download Word]

5 Surat Lamaran Kerja Untuk Guru Honorer

contoh surat lamaran kerja guru honor

[Download PDF] atau [Download Word]

Hal Hal Yang perlu di Perhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, baik itu untuk melamar menjadi seorang guru atau pekerjaan lainnya. Dibutuhkan beberapa cara penulisan yang baik dan benar, juga beberapa point lainnya yang jugaperlu di perhatikan.

Agar saat kita membuat surat lamaran tersebut, didalam isinya bisa dipahami dengan baik, dan menunjukkan seberapa berniatkah kita dalam membuat surat lamaran.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan. Baik surat lamaran kerja umum ataupun surat lamaran tertentu.

1 Tulislah Tanggal, Perihal dan Alamat Tujuan

Didalam setiap bagian awal surat, baik surat lamaran kerja ataupun lainnya yang perlu diperhatikan adalah menuliskan tanggal pada bagian paling atas surat lamaran yang hendak dibuat.

Kemudian dilanjutkan dengan menuliskan perihal yang bisa ditulisi dengan lamaran pekerjaan. Kemudian menulis alamat dan tujuan dibawah surat tersebut dengan detail dan lengkap, mulai dari nama Anda, gelar dan juga alamat sekolah yang Anda tuju dalam lampiran surat lamaran pekerjaan Anda.

2 Menuliskan Pembuka didalam Surat

Kata pembuka dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan ini sangat penting. Maka dari itu tuliskan salam pembuka didalam bagian surat, kemudian tuliskan maksud dan tujuan Anda dalam menuliskan surat lamaran tersebut.

Anda juga bisa menginformasikan dari mana Anda menemukan info mengenai lowongan guru yang Anda peroleh. Hal ini juga akan sangat membantu dan menjadikan surat lamaran Anda berkesan lebih bagus dan dapat dipercayai oleh Instansi atau Sekolah.

3 Membuat Isi Surat

Isi surat adalah bagian yang penting sekali untuk diperhatikan. Karena pada bagian inilah Anda akan menjelaskan maksuda dan tujuan Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan tersebut.

Anda juga bisa menuliskan dan menjelaskan inti dari surat, misalnya dengan mengenalkan mengenai diri Anda, Menuliskan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Usia, Pendidikan Terakhir, Alamat hingga Nomor Handphone.

Di bagian inti surat ini Anda juga dapat menjelaskan berbagai keahlian Anda pada bidang yang Anda geluti. Hal ini juga penting dicantumkan guna menambah kepercayaan pemiliki Instansi atau Sekolah yang Anda tuju untuk bisa bekerja disana.

Gunakan bahasa sebaik mungkin, singkat padat dan jelas dan mudah untuk di pahami. Anda juga bisa menjelaskan maksud dan tujuan Anda dalam mengirimkan surat lamaran tersebut untuk bisa menambah kepercayaan.

Pada bagian ini Anda juga bisa menyebutkan berbagai persyaratan yang Anda lampirkan didalam surat, misalnya seperti :

  • Foto Copy Ijazah Terakhir
  • Foto Copy SKCK
  • Foto Copy KTP
  • Foto Copy Sertifikat
  • dll

Dan lainnya yang bisa disebutkan dan tentunya sesuai dengan persyaratan yang ada di dalam Lowongan yang Ada.

4 Penutup Surat

Bagian penutup surat ini terletak di bagian akhir surat lamaran kerja guru. Didalam bagian isi penutup surat ini Anda bisa menuliskan pernyataan permohonan Anda supaya bisa di terima untuk diberi kesempatan mengajar dan menjadi guru.

Tentu Anda harus menulisnya dengan kata-kata yang baik dan juga jangan lupa untuk menuliskan ucapan terima kasih.

Dan terakhir adalah menuliskan tanda tangan pada bagian akhir surat lamaran kerja guru yang sudah Anda tulis. Anda bisa melihat contoh yang sudah saya sediakan di atas untuk melihat dan memahami lebih jelasnya.

Penutup

Nah demikianlah beberapa contoh surat lamaran kerja untuk guru yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari contoh surat lamaran kerja. Terima Kasih 🙂

Leave a Comment