41+ Contoh Majas Simbolik (Lengkap Dengan Fungsi & Pengertiannya)

41+ Contoh Majas Simbolik (Lengkap Dengan Fungsi & Pengertiannya)

Pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan dan pengertian mengenai contoh majas simbolik lengkap dengan contohnya.

Didalam sini kita akan belajar mengenai contoh majas simbolik yang dipakai dalam sebuah kalimat.

Secara umum majas merupakan gaya bahasa yang dipakai guna menjadikan kalimat yang kita ucapkan bisa berkesan lebih indah. Sehingga mampu memberikan kesan yang imajinatif bagi pendengar.

Majas sendiri ada beberapa jenis, dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai contoh majas simbolik lengkap dengan pengertiannya.

Pengertian Majas Simbolik

majas simbolik dan contoh

Majas simbolik adalah majas perbandingan yang berisi mengenai perumpamaan antara satu hal dengan hal lainnya, dengan menggunakan lambang benda, hewan, simbol ataupun tokoh.

Didalam majas simbolik terdapat sebuah perbandingan mengenai hal satu dengan lainnya yang memiliki persamaan makna yang sesuai dengan kata yang digantikannya.

Dan untuk penggunaan simbol dalam majas simbolik. Biasanya menggunakan simbol yang mudah dipahami, atau simbol yang digunakan sudah familiar dan dikenal oleh banayak orang.

Fungsi Majas Simbolik

majas simbolik adalah

Majas simbolik ini berfungsi sebagai kata untuk memperhalus makna sesungguhnya yang ingin disampaikan.

Hal ini berguna untuk memberikan efek yang menarik bagi orang yang mendengarnya.

Majas simbolik dapat dipakai untuk menyampaikan sebuah gagasan, mengkritik ataupun beropini terhadap suatu hal ataupun kepada seseorang.

Dengan kata lain majas simbolik dipakai untuk menyampaikan sebuah pesan baik secara implisit atau tersirat.

Simbol yang dipakai dalam majas simbolik merupakan simbol yang mudah dipahami oleh seseorang, baik itu pembicara maupun lawan yang diajak bicara.

Agar komunikasi tetap berjalan sesuai dengan alur pembicaraan yang sedang di bicarakan.

Contoh Majas Simbolik

pengertian majas simbolik

Berikut ini adalah contoh dari majas simbolik dalam sebuah kata-kata.

  1. Akhir-akhir ini tukiman jarang terlihat itu dikarenakan dia sedang berada di hutan prodeo = hutan prodeo, artinya adalah sebuah penjara.
  2. Aisyah adalah tulang rusukku yang selama ini selalu menemani dan menyemangati perjalanan hidupku = tulang rusukku, artinya ialah Aisyah sebagai seorang istri baginya (Ku).
  3. Dia selalu main mata jika ada perempuan cantik yang lewat disekitarnya = main mata, artinya adalah suka melirik wanita cantik.
  4. Si paijo merupakan anak laki-laki keturunan darah biru = darah biru, maksudnya adalah paijo merupakan keturunan dari orang kaya.
  5. Semenjak memiliki rumah yang mewah, si Doni menjadi tinggi hati = tinggi hati, maksudnya adalah menjadi orang yang sombong.
  6. Kalau lagi ngomong dengan si Fajar, berhati-hatilah dia orang yang besar mulut = besar mulut artinya adalah suka membual.
  7. Aku angkat tangan jika harus menghadapi mas Imron = angkat tangan, artinya adalah menyerah.
  8. Dia sudah gelap mata dalam menghadapi kehidupannya hingga menghalalkan segala cara agar mendapatkan harta = gelap mata, memiliki arti tidak sabar
  9. Ayahku sudah banyak makan garam tentang kehidupan didunina ini = makan garam, artinya ialah sudah memiliki banyak pengalaman.
  10. Ibunya si mamad tidak mengerti kalau mamad sangat ringan mulut ketika belajar di sekolahnya = ringan mulut, artinya adalah suka usil.
  11. Ayah dan Ibuku sedang berbicara empat mata membicarakanku = empat mata artinya berbicara berdua saja.
  12. Akibat gagal mengerjakan UNAS, si paijo dijuluki sebagai otak udang = otak udang artinya adalah bodoh.
  13. Kelakuan sifat buruknya terhadap warga Malang, membuat si tukiyem menjadi buah bibir warga se Kota Malang = buah bibir artinya adalah menjadi bahan pembicaraan.
  14. Ayahku sudah membanting tulangnya setipa pagi hingga sore, demi memenuhi kebutuhan keluarga = banting tulang artinya adalah bekerja keras.
  15. Semenjak usaha jual baksonya gulung tikar, si manto semakin bersemangat untuk membangunnya kembali = gulung tikar, maksudnya adalah usahanya sedang bangkrut.
  16. Aku diam seribu bahasa, ketika kamu menganggapku sebagai orang yang tak berharga = maksud dari diam seribu bahasa ialah, diam tidak membalasnya.
  17. Si reza gigit jari ketika mendengar keputusan dari istrinya = gigit jari, artinya adalah tidak terima atau kecewa dengan keputusannya.
  18. Dia mendaki gunung slamet sebatang kara kala itu = sebatang kara artinya adalah sendirian, jadi dia mendaki gunugn sendiri.
  19. Ibuku berpesan agar aku tidak menjadi bunglon karena tidak akan disukai oleh banyak orang = bunglon maksudnya adalah tidak memiliki pendirian.
  20. Kita harus berhati-hati ketika menggunakan cakrawala dunia = cakrawala dunia, artinya adalah dunia internet.
  21. Warna putih merupakan warna kesukaan bunda, karena melambangkan sebuah kesucian = kata yang mendandung majas simbolik adalah warna putih.
  22. Warna merah pada bendera negara Indonesia memiliki makna yaitu sebuah keberanian.
  23. Si jago merah itu melahap bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya = jago merah, artinya adalah api yang berkobar-kobar.
  24. Dulunya dia dijauhi karena hanya memiliki sepeda biasa, sekarang teman-temannya banyak yang mendekatinya karena dia kini telah menunggangi kuda besi = kuda besi artinya adalah motor sport.
  25. Pelecehan terhadap burung garuda merupakan hal yang sangat kejam, orang itu pantas mendapatkan hukuman seberat-beratnya = burung garudda memiliki makna sebagai lambang negara Indonesia.
  26. Mila menangis ketika sesampainya di rumah dia melihat bendera kuning di depan rumahnya = bendera kuning memiliki arti yaitu pertanda ada orang yang sudah meninggal.
  27. Diana sudah lelah ketika kehadirannya selalu dianggap sebagai benalu dalam perkumpulan teman-temannya = benalu artinya adalah merugikan.
  28. Si April pandai sekali dalam bersilat lidah dalam berkata-kata = bersilat lidah artinya adalah pandai memutarbalikkan sebuah kata-kata atau sebuah fakta.
  29. Mala dulu perempuan yang sangat baik, namun sayang kini dia salah pergaulan hingga terjerumus menjadi wanita kupu-kupu malam = kupu-kupu malam artinya adalah pekerja seks.
  30. Dalam dunia politik pasti akan ada yang menjadi kambing hitam = kambing hitam artinya adalah yang menjadi korban.
  31. Kasus yang dihadapi si Rani, kini dituntut ke meja hijau = meja hijau artinya adalah pengadilan.
  32. Berhati-hatilah dalam berbicara, karena perkataanmu adalah harimaumu = harimau disini maksudnya adalah perkataan buruk yang kita ucapkan bisa berbalik menerkam diri sendiri.
  33. Dia lelaki si hidung belang, sudah banyak wanita yang menjadi korbannya = hidung belang disini maksudnya ialah lelaki yang suka main perempuan.
  34. Perampok itu bergerak lincah bagaikan kancil = kancil disini memiliki arti licik, cerdas dan juga sulit untuk di tangkap.
  35. Nurhasanah merupakan janda kembang di desa Malang yang sangat jelita = Janda kembang disini memiliki arti adalah janda yang masih cantik.
  36. Si mimin disebut kamus berjalan oleh teman-temannya di kampus, karena kepandaiannya dalam berbahasa dan luasnya pengetahuannya.
  37. Sholat merupakan tiang Agama = Tiang artinya disini sebagai penegak atau penguat dari amalan-amalan agama lainnya.
  38. Merah Hati merupakan warna dan lambang kasih dan sayang
  39. Para pendukungnya sudah dibuat buta oleh berbagai janji yang diberikannya = buta disini memiliki arti tidak mau melihat yang lainnya.
  40. Pemimpin sekarang ini sudah berani memunculkan akal bulusnya untuk mencoba dalam memenangkan pemilu = akal bulus artinya adalah melakukan tipu muslihat.
  41. Somad kini telah menjadi tangan kanannya Pak Eko = tangan kanan maksudnya adalah orang terpercaya atau kepercayaan.

Itulah beberapa contoh majas simbolik dalam kata-kata, semoga bisa membantu.

Penutup

Nah itulah beberapa contoh mengenai majas simbolik yang dilengkapi dengan pengertian beserta fungsi, contoh dan penjelasannya.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sobat hehe..

vaza me

Namaku adalah...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: