17+ Contoh Majas Alegori (Lengkap Dengan Pengertiannya)

17+ Contoh Majas Alegori (Lengkap Dengan Pengertiannya)

Majas merupakan sebuah gaya bahasa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baik secara sengaja ataupun tidak disengaja, setiap orang yang melakukan interaksi pasti didalam percakapannya akan memakai kalimat yang bermajas.

Ada banyak sekali jenis-jenis majas yang ada, dan setiap majas memiliki perbedaannya masing-masing.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada sobat Vazame untuk memahami pengertian dan contoh dari majas alegori.

Apasih majas alegori itu? ada yang sudah tau? kalau belum, yuk lanjut simak ulasan berikut ini mengenai contoh majas alegori (Lengkap).

Pengertian Majas Alegori

majas alegori dan contohnya

Oh ya apakah sobat masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia dulu, ketika masih berada di bangku pendidikan?.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebenernya pengertian dari aneka majas yang ada pasti sudah dijelaskan secara detail. Namun entah kita yang males menyimak atau karena faktor lainnya, sehingga membuat kita lupa bahkan tidak tau.

Namun tenang saja, disini saya akan mengulas kembali mengenai majas alegori secara singkat dan jelas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, majas alegori diartikan sebagai cerita yang digunakan sebagai lambang, ibarat atau kiasan perikehidupan manusia yang bermaksud guna mendidik moral atau untuk menerangkan sesuatu.

Sedangkan menurut etimologi, majas alegori berasal dari bahasa Yunani kuno “Allegorein” yang artinya bicara sebaliknya.

Majas alegori adalah sebuah gaya bahasa yang memakai penggambaran ataupun kiasan untuk menerangkan kejadian atau sesuatu.

Majas alegori juga termasuk dalam majas perbandingan, karena majas ini menggunakan sebuah kiasan dan penjelasan.

Nah gimana sudah paham belum nih mengenai majas alegori yang ada dipenjelasan diatas? mungkin akan lebih mudah kalau ada contohnya ya biar sobat lebih mudah dalam memahami apa itu majas alegori dan bagaimanakah bentuknya.

Oke berikut ini adalah beberapa contoh mengenai majas alegori :

Contoh Majas Alegori

majas alegori contohnya

Nah disini saya jelaskan dan berikan contoh dari majas alegori untuk mempermudah pemahaman sobat. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh mengenai majas alegori yang terdapat pada sebuah kalimat dan juga pantun atau puisi.

Sebenernya banyak sekali contoh dari majas ini yang menggunakan beberapa bahasa lainnya, misalnya majas alegori dalam bahasa jawa, dalam bahasa sunda, dalam bahasa madura dan bahasa lainnya.

Namun karena keterbatasan waktu jadi saya berikan contoh dengan menggunakan bahasa yang umum dipakai saja. Selain contoh dalam bahasa lain, juga terdapat majas alegori yang lucu namun disini saya tidak memberikan contohnya, mungkin lain waktu.

Majas Alegori Dalam Kalimat

majas alegori pengertian dan contohnya

Berikut ini adalah contoh dari majas alegori yang terdapat didalam sebuah kalimat

  1. Bayi yang baru terlahir didunia ini bagaikan kertas yang masih kosong. Ia sangat bersih dan tidak ada nodanya. Oleh karena itu, maka jagalah dia dengan sangat hati-hati. Torehkan tinta emas pada setiap lembar kehidupannya. Warnailah dengan warna yang indah.
  2. Orang yang beriman, dia hidup bagaikan seekor lebah. Makan dan minum yang baik-baik, pergi pada tempat yang baik pula sehingga menghasilkan hal-hal yang juga baik, seperti madu.
  3. Al-Qur’an merupakan rambu-rambu yang akan menuntun kita terhadap hadirat Ilahi Rabbi. Selama kita mentaati setiap rambu tersebut, maka InsyaaAllah kita akan selamat.
  4. Kekayaan dunia itu bagaikan air di laut. Apabila terus-terusan dibendung pada suatu tempat, maka lama kelamaan ia akan penuh dan tumpah. Dan apabila diminum akan semakin membuat haus. Namun apabila kita membagikannya dalam sebuah kotak-kota yang dijemur, maka akan menghasilkan garam yang bermanfaat.
  5. Tubuh manusia itu bagaikan mesin yang bekerja siang hingga larut malam. Terkadang memaksakan diri untuk bekerja hingga melebihi batasnya. Jika tidak diberi jeda untuk beristirahat maka mesin akan cepat rusak. Begitupula dengan manusia, apabila terus-terusan bekerja maka akan kelelahan. Oleh karenanya diperlukan istirahat agar tidak terjadi sesuatu yang lebih merugikan.
  6. Kecantikan itu seperti halnya bunga. Akan rusak jika tidak dirawat dengan baik dan akan mekar jika dirawat dengan baik. Namun pada akhirnya semua usaha dalam merawat bunga tersebut juga akan menemui masa dimana bunga itu akan layu.
  7. Saat seorang suami dimarahi istrinya, pada saat itu pula nyalinya menjadi ciut seperti halnya kerupuk yang disiram oleh air.
  8. Masakan yang ku buat tadi memiliki rasa kuah yang sama dengan air laut.
  9. Apabila didalam hatimu terdapat rasa iri juga dengki, maka berhati-hatilah karena hal tersebut seperti halnya api yang membakar kayu.
  10. Saat mendengarkan pak karman berbicara, rasanya bagaikan memakan cabe rawit yang memiliki rasa yang sangat pedas menyengat.
  11. Reza dan Selena bagaikan bilangan biner, Reza yang sepeti angka satu dan Selena yang bulet.
  12. Hati seorang perempuan itu seperti halnya cermin, rentan dan mudah pecah. Jika cermin itu pecah ia masih bisa disatukan kembali untuk direkatkan namun dalam bentuk yang tidak sempurna, begitupula dengan perempuan. Apabila dia disakiti maka dia akan mudah untuk mema’afkan namun sulit untuk melupakan.
  13. Menimba ilmu dikala masih kecil bagaikan mengukir diatas batu, sedangkan menimba ilmu dikala sudah besar bagaikan mengukir diatas air.
  14. Aset paling berharga ialah seorang anak yang berbakti kepada kedua Orang Tua.
  15. Kenikmatan didunia ini seperti halnya ilusi yang hanya semu.
  16. Berbicara dengan dirimu seperti halnya berbicara pada tembok, tak pernah mendengar dan tidak memperdulikanku.
  17. Manusia itu seperti halnya pisau bermata dua, kadang dia dapat bermanfaat kadang di juga dapat menyesatkan.

Majas Alegori Dalam Puisi dan Pantun

majas alegori beserta kalimatnya

Berikut ini adalah contoh dari majas alegori didalam puisi :


ENGKAU PUJAANKU

Tak akan pernah letih aku untuk mencarimu
Meski terasa berliku bak jalan terjal, perbukitan, bebatuan yang menghalangi.

Aku yakin kesabaran dan perjuangan akan menuntunku kepadamu
Aku tak akan lelah untuk mendapatkanmu

Meski terasa begitu melelahkan bagaikan berenang ribuan kilo dalam lautan.
Aku yakin perjuangan dan kesabatan ini akan menuntunku kepadamu


Penjelasan :

Pada puisi diatas, kalimat yang mengandung majas alegori ialah pada kalimat “Meski terasa berliku bak jalan terjal, perbukitan, bebatuan yang menghalangi”.

Pada kalimat tersebut, menerangkan bahwasanya perjuangan seorang kekasih yang membandingkan terhadap jalan yang ditempuhnya dalam usaha untuk mendapatkan orang yang di sayanginya melalui jalanan yang terjal dan bebatuan.

Kemudian kalimat yang mengandung majas alegori selanjutnya adalah terletak pada kalimat “Meski terasa begitu melelahkan bagaikan berenang ribuan kilo dalam lautan”

Pada kalimat tersebut mengandung majas alegori karena membandingkan sebuah perjalanan yang ditempuh dalam usaha mendapatkan sang pujaan hatinya sangatlah sulit dan melelahkan apabila dibandingkan dengan berenang ribuan kilometer.

Penutup

Nah itulah contoh mengenai majas alegori yang ada didalam sebuah puisi ataupun pantun juga contoh pada sebuah kalimat yang bisa menjadi referensi.

Semoga contoh tadi bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya, untuk pertanyaan bisa langsung sertakan dikolom komentar ya sobat.

vaza me

Namaku adalah...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: