Contoh Jurnal Umum Lengkap Dengan Pengertiannya

Contoh Jurnal Umum – Dalam dunia akuntansi jurnal merupakan sebuah tempat untuk mencatat transaksi untuk pertama kalinya.

Jurnal umum juga merupakan salah satu bidang materi yang paling banyak keluar dibidang akuntansi.

Untuk itu sangat penting bagi kamu yang berada di jurusan akuntansi dalam memperlahari pengertian, fungsi, manfaat, bentuh dan contoh jurnal umum. Sehingga kamu dapat mudan memahami apa yang diterangkan oleh guru ketika mereka menjelaskannya.

Nah pada postingan kali ini saya akan membahas secara runtun mengenai jurnal umum, mulai dari pengertian hingga contohnya.

Pengertian Jurnal Umum

pengertian jurnal umum
jurnal.id

Jurnal umum ialah bentuk jurnal yang dipakai sebagai tempat dalam melakukan pencatatan pada segala jenis bukti transaksi keuangan yang ada dalam berbagai macam transaksai keuangan di dalam suatu perusahaan.

Secara umum, jurnal ini dimanfaatkan untuk akuntansi sebuah perusahaan jasa. Mengapa begitu?

Karena pada dasarnya segala bentuk transaksi didalam suatu perusahaan jasa bisa dicatat dengan kronologis, berbeda dengan jenis akuntansi pada suatu perusahaan dagang yang biasa menggunakan jurnal khusus.

Fungsi Jurnal Umum

Pada umumnya jurnal umum memiliki fungsi sebagai berikut ini :

  1. Fungsi Historis, yakni jurnal memiliki fungsi sebagai kegiatan dalam mencatat segala jenis bentuk transaksi keuangan secara beruntun atau kronologis sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi tersebut.
  2. Fungsi Mencatat, yakni jurnal memiliki fungsi untuk melakukan pencatatan secara lengkap dan terperinci. Maksudnya adalah segala jenis sumber dan jenis transaksi yang terjadi harus dicatat dengan lengkap, nggak boleh ada yang ketinggalan.
  3. Fungsi Analisa, memiliki fungsi untuk melakukan analisa sebuah transaksi untuk mendefinisikan akun yang harus di Debet ataupun di Kredit.
  4. Fungsi Instruktif, memiliki fungsi untuk menulis atau mencatat sebuah jurnal di dalam buku besar, baik yang di debet ataupun yang di kredit, sesuai dengan hasil analisa dalam sebuah jurnal.
  5. Fungsi Informasi, memiliki fungsi untuk menuliskan keterangan kegiatan sebuah perusahaan degan jelas dan rinci, karena mengandung sebuah informasi.

Manfaat Jurnal Umum

Selain memiliki fungsi, jurnal umum juga memiliki beberapa manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaat dalam membuat jurnal umum :

  1. Dengan adanya jurnal umum, kita bisa mengetahui akan adanya pertambahan ataupun pengurangan sebuah perkiraan.
  2. Bisa dengan mudah untuk mengetahui jumlah yang akan di catat pada satu atau lebih perkiraan.
  3. Dapat mengetahui berapa jumlah yang di debet atau kredit.
  4. Sebagai tanda referensi agar dapat ditemukan sebuah jumlah yang telah di tulis pada perkiraan yang tepat dan benar di buku besar.
  5. Sebagai tanda agar diketahui jumlah yang telah di tulis pada perkiraan yang tepat di buku besar.

Sebelum berlanjut ke contoh jurnal umum, ada baiknya bagi kita untuk memahami terlebih dahulu pengetahuan dasar seputar jurnal umum. Untuk membuat jurnal umum kita tentunya harus memahami mengenai saldo normal pada setiap akun masing-masing.

Dalam akuntansi terdapat 5 jenis akun yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh, untuk memudahkan, bisa dengan melihat contoh table berikut ini :

contoh jurnal umum
jurnal.id

Keterangan :

Aset (Harta/Aktiva)

Apabila aset kamu bertambah, yang harus kamu lakukan adalah mencatatnya pada posisi debit, namun jika aset kamu berkurang, maka kamu perlu mencatatnya pada posisi kredit.

Hutang

Apabila jumlah hutang bertambah, maka pencatatan dilakukan pada posisi kredit, namun apabila hutang berkuang maka pencatatan dilakukan di pisisi debit.

Modal

Sama halnya dengan hutang, apabila modal bertambah maka dicatat pada kredit, dan apabila modal berkurang maka di catat pada posisi debit. Sehingga saldo normal pendapat terletak pada posisi kredit.

Pendapatan

Pada akun pendapatan, letak penulisannyapun juga sama seperti hanya dengan hutang dan modal. Yakni apabila pendapatan bertambah maka pencatatan dilakukan di kolom kredit, dan apabila pendapatan minus alias berkurang, maka di catat pada posisi ebit.

Sehingga saldo normal pendapatan juga berada di kolom kredit.

Beban

Pada akun beban, letak pencatatannya sama dengan Aset, yaknik apabila beban semakin menambah maka perlu di catat pada kolom debit, namun apabila beban berkurang maka proses pencatatan ditulis di posisi kolom kredit.

Tahapan dalam Membuat Jurnal Umum

contoh jurnal umum, fungsi, manfaat, contohnya
economiaeducation.blogspot.com

Dalam membuat sebuah jurnal, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, berikut adalah tahapan yang harus kamu lalui sebelum membuat jurnal umum.

Memahami Persamaan Akuntansi

Dalam membuat sebuah jurnal umum yang baik dan benar, langkah pertama yang harus kamu ketahui ialah dengan memahami persamaan dasar sebuah akuntansi. Berikut ini adalah persamaan dasar akuntansi.

Aset = Utang + Modal Kemudian diperluas menjadi Aset = Utang + Modal + (Pendapatan РBeban).

Dalam memahami persamaan dasar akuntansi yang dimaksud ialah, juga memiliki sebuah keterkaitan dengan kelompok akun yang masuk didalamnya.

Contohnya piutang usaha masuk kedalam kelompok aset, dan persediaan juga masuk di dalam aset. Selain itu kamu juga perlu memahami saldo normal pada setiap akun.

Sehingga saat kamu menemukan sebuah transaksi, maka secara otomatis kamu bisa langsung mengelompokkannya dengan mudah.

Mengumpulkan Bukti Transaksi

contoh jurnal umum, mengumpulkan bukti transaksi
server-pulsaku.com

Apabila kamu sudah bisa memahami persamaan akuntansi, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah praktik.

Dalam menulis sebuah transaksi didalam sebuah jurnal, tentunya kamu harus memiliki bukti transaksi. Bukti transaksi ini sangat penting, karena untuk melakukan pencatatan pada jurnal diperlukan bukti transaksi.

Dengan tidak adanya bukti transaksi, maka kamu tidak akan bisa melakukan pencatatan didalam jurnal tanpa adanya bukti transaksi yang sesuai. Bukti transaksi sendiri, bisa berupa nota, faktur, invoice, kuitansi atau bukti transaksi yang sejenisnya.

Mengidentifikasi Sebuah Transaksi

contoh jurnal umum, mengidentifikasi transaksi
jtanzilco.com

Dalam mengidentifikasi transaksi, tidak semua jenis transaksi bisa kamu catat di dalam jurnal. Jadi jenis transaksi yang boleh kamu catat, ialah jenis transaksi yang dapat mempengarui perubahan posisi keuangan.

Maka dari itu kamu perlu melakukan sebuah identifikasi setiap transaksi sebelum melakukan pencatatan.

Kemudian jika telah melakukan sebuah identifikasi sebuah transaksi, kemudian tentukan pengaruhnya pada posisi keuangan sebuah perusahaan. Berikut ini adalah rumus persamaan dasar akuntansi.

Aset = Utang + Modal

Pencatatan Jurnal Umum

contoh jurnal umum, mencatat transaksi
blog.situstarget.com

Pada langkah ini, merupakan proses dimana pencatanan didalam sebuah jurnal di mulai. Proses mencatat sebuah transaksi di dalam jurnal ini biasanya disebut dengan penjurnalan.

Sistem yang digunakan pada setiap pencatatan adalah double-entry system, artinya pada setiap jenis transaksi yang dicatat akan berdampak terhadap dua posisi keuangan debit dan kredit dengan jumlah yang sama.

Berikut ini adalah contoh bentuk format jurnal

contoh jurnal umum

Contoh Jurnal Umum

Nah setelah kita memahami langkah demi langkah diatas, selanjutnya kita akan membuat contoh pencatatan sebuah transaksi yang terjadi di dalam jurnal umum yang terjadi pada bulan mei tahun 2019 di perusahaan El-Ichsan

1 Mei Bpk Ichsan menyetorkan sejumlah uang pribadinya kedalam perusahaannya El Ichsani, sebagai bentuk modal awal usaha publishernya dengan dana sebesar Rp. 4000.000, Analisis transaksinya adalah :

  • Harta kas perusahaan tersebut bertambah menjadi Rp. 4.000.000,- (DEBET)
  • Modal Bpk Ichsan bertambah menjadi Rp 4.000.000,- (KREDIT)
rumus jurnal umum
wikipedia.org

2 Mei, Menyewa bangunan ruko untuk kebutuhan usaha di bidang publisher dengan membayar Rp 1.200.000,- selama enam bulan, Analisa transaksinya :

  • Kas perusahaan bertambah menjadi Rp 1.200.000,- dalam bentuk sewa (DEBET)
  • Harta perusahaan dalam bentuk uang kas menjadi berkurang senilai Rp 1.200,000,- (KREDIT)
contoh jurnal umum, rumus jurnal umum, gambar jurnal umum
wikipedia.org

4 Mei, Membeli tunai unit perlengkapan komputer (PC) untuk kebutuhan publisher Adsense dari toko Jaya Komputer seharga Rp 800.000,- Analisa transaksinya :

  • Harta perusahaan dengan bentuk perlengkapan Personal Komputer bertambah menjadi Rp 800.000,- (Masuk di Debet)
  • Harta perusahaan dalam bentuk kas berkurang Rp 800.000,- (Masuk di Kredit)
contoh jurnal umum, gambar jurnal umum, langkah-langkah membuat jurnal umum
wikipedia.org

10 Mei, Sudah diselesaikan penulisan artikel untuk publisher dengan nilai Rp 300.000 dan langsung di terima pembayarannya. Analisa transaksinya adalah :

  • Harta perusahaan dengan bentuk kas bertambah menjadi Rp 300.000 (Masuk Ke Debet)
  • Perolehan perusahaan bertambah menjadi Rp 300.000,- (Masuk ke Kredit)
contoh penulisan jurnal umum
wikipedia.org

12 Mei, Membeli tambahan peralatan kompuer dari toko komputer dengan harga Rp 1.500.000,- dan dibayar Rp 500.000,-

  • Harta perusahaan dengan bentuk alat komputer menambah menjadi Rp 1.500.000,- (masuk kedalam debet)
  • Harta perusahaan dengan bentuk kas mengurang Rp 500.000,- (masuk dalam kredit)
  • Hutang ke toko komputer menambah Rp 1000.000,- (masuk dalam kredit)
contoh jurnal umum
wikipedia.org

18 Mei, Sudah dikerjakan penulisan artikel SEO pesanan pak Ahmad senilai Rp 1.700.000, analisanya adalah sebagai berikut :

  • Harta perusahaan dengan bentuk piutang bertambah Rp 1.700.000,- (Masuk dalam Debet)
  • Perusahaan mendapatkan tambahan pendapatan senilai Rp 1.700.000 (masuk dalam kredit)
contoh jurnal umum perusahaan dagang
wikipedia.org

19 Mei, Membayar Rp 800.000 ke toko komputer terhadap transaksi pembelian peralatan perlengkapan komputer pada tanggal 12 Mei lalu, dengan analisa sebagai berikut :

  • Hutang di toko komputer berkurang hingga Rp 800.000,- (Masuk dalam Debet)
  • Harta perusahaan dengan bentuk kas mengurang hingga Rp 800.000,- (Masuk dalam Kredit)
contoh jurnal umum pada tanggal 19 mei
wikipedia.org

20 Mei, Membayar gaji penulis publisher untuk minggu ke 2 dengan nilai Rp 200.000,-

  • Beban gaji bertambah menjadi Rp 200.000,- (Masuk dalam Debet)
  • Kas perusahaan berkurang hingga Rp 200.000,- (Masuk dalam Kredit)
contoh jurnal umum
wikipedia.org

21 Mei, Menerima sebuah pinjaman dari Bank BRI senilai Rp 2000.000, dengan biaya admin senilai Rp 250.00.

  • Kas perusahaan bertambah senilai Rp 1.750.000,-
  • Beban admin bertambah senilai Rp 250.000,-
  • Hutang terhadap bank bertambah senilai Rp 2000.000,-
contoh transaksi jurnal umum pada tanggal 21 mei
wikipedia.org

22 Mei, Bpk Ichsan mengambil uang di perusahaannya untuk kebutuhan pribadinya dengan nilai Rp 400.000,-

  • Kas perusahaan berkurang senilai Rp 400.000,- (Masuk dalam Kredit)
  • Pengambilan pemilik bertambah senilai Rp 400.000,- Masuk ke dalam Debet)
contoh transaksi jurnal umum
wikipedia.org

Nah dari data data diatas, dapat diperoleh semua data per 31 Mei 2019 sebagai berikut ini :

contoh penulisan jurnal umum, hasil akhir jurnal umum

Nah sampai disini kamu akan bisa mengambil kesimpulan dan referensi dari contoh penulisan jurnal umum yang ada di atas. Semoga bisa bermanfaat.

Penutup

Nah cukup sampai disinilah mengenai contoh, manfaat, tata cara dalam menulis sebuah laporan contoh jurnal umum, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa bantu share ya gaes :v

Leave a Comment