8 Cara Menanam Kacang Hijau (Agar Panen Melimpah & Berkualitas)

Cara Menanam Kacang Hijau – Setelah kemaren kita sudah membahas mengenai cara menanam cabe hidroponik, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai tata cara menanam kacang hijau yang baik dan benar, agar hasil panen yang didapat bisa melimpah dan memiliki biji kacang yang berkualitas.

Ada banyak sekali tata cara dalam menanam kacang hijau, mulai dari menanam kacang hijau di tanah, dengan kapas, di polybag, menanam kacang hijau hidroponik atau dengan cara menanam kacang hijau dengan media lainnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Namun pada contoh yang akan saya bagikan kali ini adalah bagaimana cara menanam kacang hijau dengan media tanah. Berikut adalah step by step tata cara menanam kacang hijau di tanah:

1. Media Tanam Yang Digunakan

menanam kacang hijau di tanah

Pada umumnya, dalam menanam kacang hijau media tanam yang digunakan adalah dengan menggunakan tanah. Dalam memilih tanah yang akan dipakai dalam menanam kacang hijau adalah dengan menggunakan tanah yang memiliki tekstur yang lembung.

Yakni tekstur tanah yang mempunyai kandungan zat organik yang cukup banyak, untuk dapat menopang tumbuh suburnya sebuah kacang hijau yang kita tanam.

Selain itu zat organik ini juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan kacang hijau.

Selain perlu memperhatikan tanah sebagai media tanam kacang hijau, Anda juga perlu memperhatikan tingkat keasaman pada tanah yang akan Anda tanami kacang hijau tersebut.

Jenis tanah yang bagus dan memenuhi standar untuk menanam kacang hijau ialah, tanah yang mengandung 5,8 sampai 7 pH.

Tanah yang akan ditanami oleh tanaman kacang hijau juga harus memiliki sistem drainase air yang bagus sehingga hal tersebut dapat mengatur tingkat air yang dibutuhkan oleh tumbuhan kacang hijau.

2. Melakukan Pengolahan Benih Kacang Hijau

menanam kacang hijau dengan media kapas

Saat Anda ingin menanam kacang hijau dengan tujuan hasil panen nantinya dapat menghasilkan kacang hijau yang baik dan berkualitas serta hasilnya melimpah, maka memilih benih merupakah salah satu faktor penting dalam menentukan hal diatas.

Pemilihan benih kacang hijau yang baik akan memudahkan Anda saat melakukan perawatan pada tanaman kacang hijau Anda.

Varietas kacang hijau sendiri ada beragam banyak sekali jenisnya. Sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan varietes yang Anda inginkan. Salah satu varietes kacang hijau yang paling terkenal adalah merak, wallet, gelatik, nuri dan varietas lainnya.

Dalam menggunakan benih atau biji kacang hijau, Anda perlu menggunakannya dengan cara yang hati-hati. Misalnya apabila jenis tanah yang akan Anda tanami kacang hijau sebelumnya belum pernah ditanami kacang hijau, maka benih kacang hijau yang akan Anda tanam perlu di inokulasi terlebih dahulu.

Hal tersebut memiliki maksud supaya benih kacang hijau yang Anda tanam mampu beradaptasi dengan baik dengan tanah tempat Anda akan menanamnya. Inokulasi sendiri dapat Anda lakukan dengan menggunakan bibit bakteri rhizobium.

3. Melakukan Penanaman Kacang Hijau

menanam kacang hijau di pot

  • Buatlah lubang tanah dengan jarak yang sudah Anda tentukan. Apabila Anda menanam kacang hijau yang bercabang maka jarak tanamnya bisa berjarak 40×20 cm. Namun untuk jenis kacang hijau yang tidak bercabang Anda bisa membuat jarak tanamnya sekitar 30x10cm.
  • Pada setiap lubang tanah yang akan dimasuki biji kacang hijau terdiri dari 3 hingga 4 biji kacang hijau.
  • Pada setiap lubang berilah pupuk organik guna membantu percepatan pertumbuhan kacang hijau Anda.
  • Memadatkan lubang dengan tanah, hal ini dilakukan untuk menghindari tanaman kacang hijau Anda supaya tidak dimasuki hama atau penyakit, namun Anda juga bisa membiarkannya tetap terbuka.

4. Melakukan Pemupukan Kacang Hijau

menanam kacang hijau, Media Tanam Yang Digunakan

Ketika tanaman kacang hijau Anda sudah berumur sekitar 2 mingguan, Anda perlu melakukan pemupukan kembali pada tanaman kacang hijau Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman tersebut.

Dalam proses ini, pupuk yang bisa Anda gunakan bisa dengan menggunakan pupuk POC NASA setiap minggu dan rutin dilakukan.

Pemupukan pada masa pertumbuhan biasanya dengan menggunakan metode semprot sedangkan pemupukan pada tanaman kacang hijau yang sudah memasuki masa berbunga disarankan untuk menggunakan metode siram.

5. Melakukan Pengairan Pada Kacang Hijau

menanam kacang hijau di tanah

Pengairan ini perlu Anda lakukan apabila dalam rentang waktu selama seminggu tidak terjadi hujan, sehingga tanaman Anda perlu disiram untuk menghindari kekeringan pada tanaman kacang hijau Anda.

Karena apabila tanaman kacang hijau Anda mengalami kekeringan dan kurang air, hal ini bisa berdampak pada kualitas kacang hijau yang dihasilkan nantinya akan menjadi kurang bagus.

Namun jika dalam seminggu sering terjadi hujan, maka Anda perlu mengatur pengairan yang cukup dan tidak berlebih pada tanaman kacang hijau Anda supaya tumbuhan kacang hijau Anda tidak membusuk.

6. Melakukan Penyiangan Pada Kacang Hijau

menanam kacang hijau di kebun

Proses penyiangan ini merupakan langkah yang penting dalam melakukan budidaya tanaman kacang hijau.

Penyiangan ini memiliki tujuan untuk membersihkan gulma maupun hama yang menyerang tanaman kacang hijau.
Biasanya proses penyiangan dilakukan pada saat tanah sudah mulai mengering dan tidak menampakkan bunganya. Penyiangan ini bisa Anda lakukan 2 hingga 3 kali sebelum tanaman kacang hijau Anda berbunga.

7. Melakukan Pemberantasan Hama pada Tanaman Kacang Hijau

cara menanam kacang hijau di sawah

Hal yang perlu Anda lakukan dalam budidaya kacang hijau ialah memberantas hama dan penyakit. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya hama dan penyakit tidak bersarang pada tanaman kacang hijau Anda.

Dalam hal ini, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan menanam kacang hijau secara seling dengan tanaman lainnya.

Anda bisa melakukannya secara serempak selama 10 hari, Setelah itu Anda bisa menutup lubang tanaman kacang hijau Anda dengan jerami.

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk Anda lakukan untuk mencegah hama dan penyakit yang akan menyerang tanaman kacang hijau yang Anda tanam.

Namun akan lebih baik lagi, jika Anda melakukan proses penyiangan ini secara berkala.

8. Masa Panen Kacang Hijau

memanen kacang hijau

Masa panen ini adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh para petani tumbuhan, baik itu tumbuhan kacang hijau atau tumbuhan lainnya.

Anda bisa melakukan pemanenan kacang hijau ini ketika tanaman kacang hijau Anda mulai menunjukkan tanda-tanda tanaman kacang hijau Anda sudah siap panen.

Nah apakah tanda-tanda yang muncul jika tanaman kacang hijau Anda sudah siap untuk dipanen? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Daun pada tanaman kacang hijau sudah mulai menguning.
  • Sebagian daun akan berguguran.
  • Polong pada kacang hijau Anda sudah mulai berubah warna menjadi warna belap.
  • Polong sudah mulai terlihat seperti retak dan gundul.

Dalam melakukan pemanenan kacang hijau, waktu yang yang bagus ialah dilakukan antara hari ke 75 hingga pada hari ke 100.

Menurut ilmu pertanian, waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tepat dalam melakukan pemanenan kacang hijau karena sudah mulai matang dan siap untuk dilakukan panen.

Namun apabila Anda menginginkan hasil yang lebih baik dan berkualitas dari kacang hijau yang Anda panen, Anda bisa memanennya pada hari ke 100 hingga 110 hari dari umur kacang hijau tersebut. Sehingga biji kacang yang dihasilkan juga sangat berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Nah itulah 8 cara menanam kacang hijau yang baik dan benar supaya menghasilkan panen kacang hijau yang melimpah dan menghasilkan biji kacang hijau yang berkulitas unggulan.

Baca juga cara menanam cabe rawit yang baik dan benar supaya panen yang dihasilkan menjadi berkualitas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Leave a Comment