8 Cara Menanam Jagung Manis (Agar Jagung Tumbuh Subur Berkualitas)
credit : ulyadays.com

8 Cara Menanam Jagung Manis (Agar Jagung Tumbuh Subur Berkualitas)

Cara menanam jagung manis terbilang cukup mudah untuk dilakukan, bahkan siapa saja bisa melakukannya. Anda tentu saja juga dapat melakukannya untuk mencoba budidaya jagung manis ini.

Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan bagi Anda untuk menambah kegiatan sampingan, dan juga untuk menambah pendapatan keluarga Anda.

Dalam menanam jagung manis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan perlu Anda pahami sebelum melakukan penanaman.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan penanaman jagung:

  • Tanaman jagung memiliki siklus hidup yakni berkisar antara umur 60 sampai 150 hari, sejak bibit jagung manis tersebut ditanam.
  • Jagung manis memiliki ketinggian berkisar mulai dari 1 hingga 3 meter, ini tergantung variates bibit jagung yang akan Anda pakai.
  • Jagung manis mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yakni vegetatif pada fasa pertama dan generatif di fase berikutnya.
  • Jagung manis memiliki akar yang berjenis akar serabut.
  • Jagung manis memiliki bentuk batang yang berus dan tegak.

Inilah Beberapa Tahap atau Cara dalam Menanam Jagung Manis :

1. Menyiapkan Benih Jagung Manis Yang Bagus

benih jagung manis
credit : bukalapak.com

 

Tahapan pertama yang perlu dikerjakan dalam menanam jagung manis ialah menyiapkan bibit jagung manis. Dalam memilih bibit jagung manis yang akan Anda tanam, usahakan untuk mendapatkan bibit jagung manis yang berkualitas tinggi.

Benih jagung yang akan Anda pilih harus berasal dari indukan varietes yang unggul dan juga bebas dari segala bentuk penyakit dan juga cacat, sehingga panen nantinya akan dapat menghasilkan jagung manis yang berlimpah.

Untuk bisa mendapatkan bibit jagung manis yang berkualitas Anda bisa mendapatkannya dari para petani jagung manis yang telah berpengalaman dan sudah sering melakukan budidaya jagung manis, serta sudah dibuktikan dengan hasil panen jagung manisnya yang berlimpah.

Hal tersebut perlu dilakukan karena, walaupun cara Anda menanam jagung sudah benar, akan percuma hasilnya jika bibit yang Anda gunakan adalah bibit yang kurang berkualitas.

2. Mengolah Lahan Untuk ditanami Jagung Manis

lahan untuk jagung manis
credit : http://desasedang.badungkab.go.id

 

Dalam menanam jagung manis, setelah Anda menyiapkan bibit yang berkualitas, selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang akan Anda tanami jagung manis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menanam bibit jagung manis:

  • Cangkulah lahan sehingga menghasilkan tekstur tanah yang gembur, setelah diamkan tanah yang sudah dicangkul tersebut selaman 1 minggu.
  • Saat Anda mencangkul tanah yang akan dijadikan media tanam, jangn lupa untuk sekalian membersihkan lahan dari gulma.
  • Untuk jenis tanah yang mempunyai kadar asam yang tinggi, Anda bisa menambahkan kapur dolomit dengan dosisi 1 ton pada setiap 2 hektar lahan.
  • Tambahkan pupuk kandang sebagai penambah ntrisi tanah suapaya lahan tanam mempunyai tingkat kesubutan yang bagus untuk menamam jagung manis.
  • Dalam menanam jagung manis, Anda tidak perlu membuat bedengan terlebih dahulu seperti ketika menanam cabe. Anda hanya perlu membuat drainase untuk aliran air ketika hujan datang supaya air tersebut tidak menggenang lahan tanam.
  • Buatkan lubang tanam tugalan dengan kedalaman mulai dari 4 sampai 5 cm. Jarak antar lubang tanam berkisar mulai dari 30 x 60 cm.

3. Cara Menanam Jagung Manis

langkah menanam jagung manis
credit : http://sinarharapan.net

 

Jika lahan sudah siap, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan bibit jagung manis yang telah Anda siapkan sebelumnya pada setiap lubang tanam yang telah dibuat.

Dalam menanam jagung manis, waktu yang paling tepat adalah sebaiknya dimulai ketika awal musim hujan. Dan juga dalam setiap lubang tanam sebaiknya di isi dengan satu benih jagung manis saja.

4. Penyulaman Tanaman Jagung Manis

menanam jagung agar berbuah besar
credit : http://curvetube.com

 

Apabila benih jagung manis sudah ditanam dan sudah berusia satu mingguan. Anda bisa mengecek pertumbuhan tanaman jagung manis Anda. Jika Anda memperhatikan ada beberapa bibit jagung yang tidak tumbuh sempurna, Anda bisa menggantinya dengan bibit jagung manis yang baru.

Tahapan ini disebut dengan penyulaman, yakni mengganti tanaman jagung yang rusak dengan bibit baru.

5. Penyiangan dan Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis

Penyiangan dan Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis
credit : tniad.mil.id

 

Penyiangan adalah langkah dimana Anda harus membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh pada sekitar tumbuhan jagung manis Anda.

Anda bisa membersihkan rumput tersebut dengan hanya mencabutnya atau dengan menggunakan cangkul kecil.

Cara tersebut jauh lebih baik dan dianjurkan ketimbang membersihkan gulma dengan cara menggunakan pestisida. Karena dengan cara yang demikian, hasil panen yang didapatkan pun lebih maksimal.

Jangan lupa untuk menumbukkan tanah pada bagian akar pohon jagung agar pohon tanaman jagung manis Anda tidak mudah roboh.

6. Penyiraman pada Tanaman Jagung Manis

penyiraman tanaman jagung
credit : http://kodim0708pwr.com

 

Setalah melewati beberapa tahapan cara menanam jagung manis diatas, Anda juga perlu melakukan penyiraman pada tumbuhan jagung manis Anda secara rutin, terlebih jika pada saat memasuki musim kemarau.

Penyiraman ini diakukan dengan maksud untuk menjaga supaya lahan tetap terjaga kelembabannya sehingga tanaman jagung manis yang Anda tanam tidak kekurangan kadar air yang dibutuhkan tanaman jagung manis tersebut dalam proses pertumbuhannya.

7. Pemupukan Susulan pada Tanaman Jagung Manis

memupuk tanaman jagung
credit : kompasiana.com

 

Lahan yang telah ditanami oleh jagung manis juga perlu dilakukan pemukanan susulan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang juga bisa menggunakan pupuk buatan.

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga supaya keadaan tanah tetap subur dan kaya dengan unsur hara yang baik bagi pertumbuhan jagung manis Anda.

Pemupukan susulan ini bisa dilakukan setelah usia tanaman jagung manis telah berumur kurang lebihnya 2 bulanan sejak biji jagung ditanam.

8. Memanen Jagung Manis

panen jagung manis
credit : antarafoto.com

 

Dalam tahapan pemanenan jagung manis ini tentunya bervariasi, semua tergantung dari jenis varietes jagung manis yang telah Anda tanam..

Suhu, cuaca, dan juga ketinggian tanah pada lokasi lahan yang Anda tanami jagung manis tersebut juga memiliki pengaruh dalam menentukan waktu panen jagung manis yang sudah Anda tanam.

Pada budidaya jagung manis di daerah dataran renda, biasanya bisa dipanen lebih singkat jika dibandingkan dengan cara kita menanam jagung manis pada dataran yang lebih tinggi.

Pada musim hujan, biasanya panen jagung manis bisa berlangsung lebih lama, sedangkan panen yang dimusim kemarau biasanya berlangsung lebih singkat.

Akan tetapi rata-rata umur tanam pada jagung manis bisa dipanen ketika sudah berumur 60 sampai 150 hari. Semua tergantung dari beberapa faktor yang sudah disebutkan sebelumnya.

Nah itulah beberapa cara dan tahapan dalam cara menanam jagung manis yang bisa saya sampaikan kepada Anda para pembaca yang mungkin bingung ingin budidaya jagung manis, namun belum mengetahui cara menanam jagung manis dengan benar dan sesuai dengan urutannya.

Terima kasih semoga bisa bermanfaat, sumber artikel ini saya dapatkan dari beberapa referensi, salah satunya adalah diambil dari website : www.infoagribisnis.com.

Jangan lupa baca pula artikel tentang hewan yang bisa terbang yang ada pada website ini dan beberapa artikel yang bermanfaat lainnya.

Reza Ichsani

... Secangkir kopi tidak pernah mengajarkan kejahatan, dia hanya memberikan rasa pahit dan manis, serta sedikit efek samping ...

Leave a Reply

Tutup
%d bloggers like this: