Cara Pasang Template Wordpress

Cara Install Template WordPress

Cara Install Template WordPress – Sebagai seorang blogger ataupun publisher tentu kita tahu apa yang dimaksud dengan wordpress. WordPress merupakan salah satu jenis CMS yang saat ini paling banyak digunakan oleh para blogger dan juga publisher.

Mereka memilih menggunakan wordpress dikarenakan CMS ini bebas digunakan atau dengan kata lain free alias gratis.

Selain gratis, wordpress juga memiliki banyak sekali dukungan dari banyak komunitas pengembangnya. Salah satunya adalah plugin, ada banyak macam-macam plugin yang tersedia di dalam wordpress.

Selain plugin, wordpress juga memiliki banyak sekali template atau tema yang bebas digunakan oleh penggunanya. Walaupun ada beberapa tipe template yang memang kita harus membelinya terlebih dahulu.

Nah lalu bagaimanakah cara kita menambah, memasang atau melakukan instalasi tema pada website wordpress kita?

Hmm sebenarnya hal ini begitu mudah sekali dilakukan, namun mungkin bagi sobat yang masih pemula, hal ini masih agak sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, disini saya akan mencoba berbagi sedikit tips dalam melakukan instalasi template wordpress.

Berikut tata caranya:

Melakukan Instalasi Template WordPress Secara Langsung

Untuk melakukan instalasi tema wordpress secara langsung di website wordpress kita dapat melakukannya dengan cara:

Masuk ke Dasboard -> Appearance -> Themes

Masukkan nama tema yang ingin kita install, misalnya dalam contoh ini saya ingin melakukan instalasi tema bernama generatepress. Setelah itu Install dan Aktifkan.

Setelah tema diaktifkan, maka otomatis template wordpress sobat sudah berganti pada tampilan template wordpress yang baru.

Melakukan Instalasi Template WordPress Dengan Cara Diuploud

Selain kita dapat melakukan instalasi template wordpress secara langsung, kita juga dapat menguploudnya secara manual.

Caranya cukup mudah, sedikit sama dengan cara yang pertama, namun berbeda, caranya adalah:

Masuk ke Dasboard -> Appearance -> Themes -> Uploud Themes -> Browse..

Kemudian uploud file template yang sudah didownload sebelumnya. Dalam hal ini saya menggunakan template dari generatepress yang versi gratis. Sobat bisa mendownloadnya disini: download template generatepress free.

Jika sudah dipilih, kemudian langsung klik menu Install Now seperti pada gambar diatas. Jangan lupa setelah di install untuk diaktifkan templatenya.

Jika sudah, maka tampilan website sobat akan berubah menjadi tampilan baru sesuai dengan template atau tema yang telah di install dan diaktifkan.

Selain dapat menginstall-nya didasboard website kita langsung, kita juga dapat melakukan instalasi tema wordpress dengan menggunakan WP-CLI.

Bagaimanakah caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut, sobat bisa membacanya pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai ‘Cara Mengelola Tema WordPress Dengan WP-CLI‘.

Nah itulah Cara Install Template WordPress yang dapat saya bagikan untuk sobat semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply